IMC Adalah: Definisi, Penerapan dan Contohnya

1
96
IMC Adalah

Integrated Marketing Communication atau IMC adalah istilah yang kini populer di kalangan marketer profesional. Pasalnya, metode ini dianggap mampu menarik minat audiens secara cepat dan juga bersifat fleksibel. Yang dimaksud fleksibel di sini adalah IMC bisa diaplikasikan secara offline maupun online, disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Makin tertarik dengan konsep ini? Simak ulasan berikut untuk mengenal IMC lebih jauh, mulai dari definisi hingga bagaimana penerapan dan contohnya. 

Definisi IMC 

Sebelum mengulik lebih jauh soal penerapan dan contoh dari IMC, mari terlebih dahulu membahas definisi Integrated Marketing Communication. Menurut Amstrong dan Kotler, IMC adalah konsep yang diterapkan perusahaan dalam mengkoordinasikan saluran komunikasinya guna mengirim pesan yang konsisten, jelas, dan mampu meyakinkan konsumen. Dalam praktiknya, definisi lain dari IMC adalah strategi pemasaran yang membentuk komunikasi antara perusahaan dan customer, yang dilakukan lewat berbagai marketing channel. 

Pun, pada prinsipnya, IMC atau komunikasi pemasaran terpadu diterapkan untuk memberikan pengalaman terbaik bagi customer melalui proses komunikasi yang positif. Dengan menerapkan strategi ini, perusahaan tentu akan lebih mudah meningkatkan brand awareness bisnisnya

Penerapan IMC 

Beberapa langkah penerapan konsep IMC adalah sebagai berikut:

Menganalisis kondisi dan situasi

Langkah pertama dalam menerapkan IMC adalah dengan melakukan analisis kondisi dan situasi. Perusahaan harus terlebih dahulu menganalisis kelemahan, kekuatan, risiko, dan peluang pasar yang dimilikinya. Akan tetapi, sangat dianjurkan untuk melakukan tahapan ini sebelum Anda benar-benar merancang strategi IMC. Tujuannya adalah untuk memastikan hasil akhirnya jadi lebih optimal. 

Menganalisis siapa target pasar Anda

Selanjutnya, mulai analisis siapa target pasar Anda. Lakukan pemetaan profil psikologi dan demografi target pasar sedetail mungkin. Dari hasil analisis itu, ketahui apa saja permasalahan yang dimiliki oleh calon pelanggan dan bagaimana produk Anda bisa memberikan solusi atas masalah tersebut. 

Memperjelas tujuan komunikasi di setiap tahapan

Tidak kalah penting, Anda juga perlu memperjelas apa tujuan komunikasi yang hendak diraih pada setiap tahapan. Dalam arti, Anda harus tahu apa yang ingin digapai dari setiap upaya komunikasi yang dilakukan perusahaan. Sebagai contoh, tujuan komunikasi untuk tahap tertentu yang Anda ambil, ditujukan khusus untuk membangun citra perusahaan. Di tahap lainnya, tujuan komunikasi yang Anda lakukan lebih fokus pada meningkatkan brand awareness

Menyusun anggaran IMC secara tepat

Anda juga perlu menyusun anggaran IMC guna memastikan penerapan strategi itu berjalan dengan lancar. Oleh karenanya, buat rancangan anggaran yang sesuai dengan tujuan komunikasi yang ingin dicapai agar hasilnya lebih efektif. 

Mengacu pada marketing mix

Manfaatkan juga kombinasi metode marketing mix untuk meraih hasil yang lebih optimal. Namun, perlu dicatat bahwa penerapannya tetap perlu disesuaikan dengan tujuan dari strategi Anda. 

Baca juga: Apa Itu Marketing Mix Serta 7 Elemen Utama di dalamnya!

Memantau dan mengevaluasi strategi pemasaran

Senantiasa pantau penerapan IMC yang diaplikasikan dalam pemasaran produk Anda. Perhatikan apa saja peluang dan risiko yang muncul setelah menerapkan strategi IMC tersebut. Jadi, setelah berhasil merampungkan suatu campaign, evaluasi kembali target Anda. Coba cari tahu bagian mana yang dapat memberikan hasil efektif dan apa saja yang masih perlu ditingkatkan di kampanye promosi berikutnya. 

Contoh Penerapan Integrated Marketing Communication

Untuk contoh penerapan dari IMC sendiri, berikut ini yang paling populer.

AnyWare dari Domino’s

AnyWare adalah salah satu contoh penerapan strategi IMC yang populer di dunia pemasaran. Kampanye tersebut diluncurkan oleh Domino’s sebagai inisiatif untuk memudahkan pelanggan dalam memesan pizza. Melalui campaign itu, pelanggan tahu bahwa mereka bisa memesan pizza Domino’s melalui berbagai channel komunikasi seperti misalnya TV pintar, Ford sync, Twitter, dan aplikasi lainnya.

#LikeAGirl dari Always

Kampanye IMC terkenal lainnya adalah #LikeAGirl dari perusahaan kecantikan Always. Strategi IMC yang satu ini dirancang untuk menyasar anak remaja perempuan yang sedang bertransisi menjadi orang dewasa. Tim kreatif Always juga menggunakan frasa “like a girl”—yang pada kenyataannya sering dipakai untuk meremehkan anak-anak remaja perempuan yang beranjak dewasa—sebagai kalimat pemberdayaan untuk menarik minat audiens.

Demikian ulasan seputar Integrated Marketing Communication. Karena IMC adalah konsep yang efektif dalam mendongkrak pemasaran suatu brand, pelajari strategi ini secara mendalam untuk meningkatkan penjualan Anda. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]