5 Cara Hadapi Toxic Culture di Kantor

1
96
5 Cara Hadapi Toxic Culture di Kantor

Apakah kamu pernah merasa tidak nyaman dengan lingkungan kerja dikarenakan toxic culture? Toxic culture di lingkungan pekerjaan merupakan kondisi budaya perusahaan yang kurang baik dan tidak mendukung perkembangan diri maupun karir. Tentu hal ini akan membuat kita menjadi serba salah dan pada akhirnya dapat mengganggu kesehatan mental. Kesehatan mental yang buruk menghambat perkembangan dan menurunkan produktivitas. Sebaliknya, budaya yang sehat di kantor akan meningkatkan performa kerja. Membangun working culture yang positif bisa mulai dari diri sendiri, dan jangan takut untuk menceritakan jika kamu sedang mengalami situasi sulit, Jika kamu sedang menghadapi toxic culture, berikut ini adalah cara ampuh untuk menghadapinya.

1. Bercerita dan mendengar

Ceritakan keluhan yang kamu rasakan ke orang yang kamu percaya di kantor, ke teman satu tim atau HR. Jangan memendam apa yang kamu rasakan karena itu akan berdampak buruk bagi Kesehatan mental. Sebaliknya, jangan ragu mendengarkan curhat rekan mu untuk mencegah toxic culture berkembang.

2. Mengapresiasi sesama

Hindari persaingan tidak sehat yang saling menjatuhkan. Jangan lupa untuk selalu mengapresiasi dan memberikan feedback positif kepada rekan kamu yang sudah berkontribusi dalam pekerjaan. Hal sederhana ini ternyata dapat menghindarkan kita dari lingkungan yang toxic, lho.

3. Work-life balance

Jangan lupa untuk menyeimbangkan kehidupanmu di luar urusan pekerjaan. Berkumpul dengan teman atau keluarga, melakukan hobi yang menenangkan hati, ataupun merawat diri juga penting untuk dilakukan.

4. Hindari Drama

Jika ada rekan satu tim yang menjelek-jelekan rekan lainnya, jangan tergoda untuk ikut-ikutan. Sebaliknya, bersikaplah netral atau alihkan pembicaraan ke topik lain. Tentunya kamu tidak ingin dihadapkan dengan situasi yang penuh drama.

5. Mendukung perubahan positif

Budaya perusahaan adalah milik semua orang yang bekerja di dalamnya. Kamu berperan penting dalam mengawal dinamikanya, termasuk dalam mendukung berbagai perubahan positif.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut