Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

1
204
Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

“Pelajaran Hidup dari Buku Karya Mark Manson”

Bagi kamu yang sedang mencari bacaan baru, ada sebuah buku menarik karya Mark Manson yang wajib kamu baca. Buku dengan judul Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat ini merupakan sebuah buku terjemahan dengan judul asli The Subtle Art of Not Giving a F*ck. Karya Manson ini menjadi buku terlaris versi New York Times dan Globe and Mail. Ada 5 pelajaran yang bisa dipetik dari buku self-improvement ini. Tentunya, dari pelajaran tersebut, kita bisa lebih memahami tentang konsep “bodo amat” yang dimaksud oleh Mark Manson. Apa saja 5 pelajaran itu?

1. Semua orang berhak bahagia

Bagi Manson, hidup yang baik dan bahagia bisa dirasakan jika seseorang bisa bersikap bodo amat pada hal-hal yang memang sepantasnya diabaikan. Kita berhak memilih, ingin Bahagia sepenuhnya atau tidak. Jika ingin bahagia sepenuhnya, yang perlu kita lakukan adalah fokus, lakukan apa yang menjadi tujuan, lalu abaikan yang tidak penting bagi hidup kita.

2. Terlalu fokus pada hal yang seharusnya bisa diabaikan

Manson mengatakan bahwa saat kita terlalu peduli pada hal-hal yang seharusnya bisa diabaikan ini, kita akan menghabiskan banyak waktu untuk lari dari masalah kita daripada berdamai dengan masalah itu sendiri. Hal-hal yang dimaksud Manson di sini dapat dijabarkan dalam delapan poin, yaitu membuat orang kagum, selalu ingin menjadi paling benar, menjadi sukses, menyenangkan serta sopan, senang, selalu merasa baik-baik saja, menjadi sempurna, dan merasa ingin selalu aman dan dihormati. Menurut Manson, kunci hidup tenang tak perlu memikirkan semua poin-poin tersebut.

3. Cari tahu tujuan dan prioritas

Apa sebenarnya tujuan kita? Apa yang perlu kita abaikan, yang seharusnya tidak kita lakukan? Dalam bukunya, Manson akan mengajakmu agar bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Dalam menjalani hidup, yang menentukan apa saja prioritas yang harus kita dahulukan semua ada di tangan kita. Perlahan-lahan, dari waktu ke waktu, dengan setiap pilihan yang kita buat akan berubah sesuai prioritas.

4. Fokus hanya pada hal yang penting

Misalkan saja, di saat kita memiliki tugas yang harus dikerjakan, kita justru di ajak untuk berbelanja di toko yang sedang diskon. Dalam hal ini semua keputusan ada di tangan kita. Fokuskan dulu apa yang benar-benar penting. Kita perlu membentuk kesadaran dengan pertanyaan “seandainya”. “Seandainya saya tidak peduli dengan ajakan untuk berbelanja, apa yang akan terjadi selanjutnya?”. Buat beberapa kalimat “seandainya” yang lain, yang masih berhubungan dengan hidup kita, dan bayangkan kira-kira apa yang akan terjadi dengan hidup kita setelahnya

5. Semua akan baik-baik saja dengan sikap bodo amat

Pada akhirnya, kita akan memahami bahwa sesuatu yang tadinya penting itu ternyata tidak begitu berpengaruh pada hidup kita. Perlahan akan muncul hal-hal di luar kebiasaan, yang bisa membuat kita lebih hidup, yang selaras dengan nilai-nilai yang membuat hidup lebih tenang. Nilai-nilai itu yang nantinya akan tumbuh bersama kita dan membuat kita bisa memaknai kebahagiaan lewat sikap bodo amat.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut