Meminimalisir Dampak dari Hutang Kartu Kredit Melalui 4 Cara Ini!

0
102
Hutang Kartu Kredit

Hutang Kartu Kredit – Tanpa bisa dihindari penggunaan kartu kredit memang semakin lama semakin dibutuhkan, hal ini dikarenakan memang kartu kredit terbilang sangat memudahkan untuk mereka yang ingin bertransaksi ditambah lagi untuk mereka yang belum memiliki dana namun memiliki keinginan untuk berbelanja. Memang kemudahan ini terlihat dari penggunaannya yang simpel dikarenakan pembayaran dari kartu kredit ini dapat diangsur dengan cicilan 0%.

Kartu kredit memang didasari sebagai kartu untuk berhutang dan perlu diingat juga bahwa hutang harus selalu dibayar sesuai dengan jumlah serta tenggat waktu yang telah disepakati. Namun, apabila utang ini diabaikan maka jumlahnya akan terus dan membuat suatu masalah baru.

Memiliki kartu kredit memang bukan hal yang salah, namun saat memiliki kartu kredit kamu harus berkomitmen untuk bertanggung jawab atas segala pembelian yang dilakukan sehingga penggunaan kartu kredit tersebut berjalan secara lancar dan berguna.

Lalu, Bagaimana Apabila Sudah Terlilit Hutang Kartu Kredit?

  • Lakukan Balance Transfer ke Kartu yang Memiliki Bunga Rate Rendah

Berbicara mengenai cara untuk menarik sebanyak mungkin nasabah untuk menggunakan kartu kredit, tentu bank biasanya menawarkan suku bunga yang cukup kompetitif untuk para calon pengguna kartu kredit. Biasanya bank menawarkan bunga mulai dari 0%-2% selama 3 bulan atau lebih, karenanya pastikan untuk menggunakan kesempatan untuk bertanya secara lebih lengkap sebelum mengajukan aplikasi untuk kartu kredit ini.

Apabila kamu bisa mencari atau mendapatkan kartu kredit dengan bunga yang rendah, setidaknya kamu dapat mengurangi beban bayarnya. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan fitur seperti kalkulator kartu kredit yang biasa dimiliki oleh bank sehingga kamu dapat mengetahui dengan jelas berapa jumlah sebenarnya yang terbayar jika kamu menggunakan kartu kredit dan melakukan pembayaran secara rutin untuk kartu kreditmu.

  • Minta Diskon Untuk Pelunasan

Apabila kamu sudah melalui pembayaran kartu kredit selama tiga bulan terakhir, tentu kemungkinan kamu akan menerima beberapa panggilan dari pihak bank terkait kapan dapat melakukan pembayaran kartu kredit. Saat tersebut juga adalah saat yang tepat saat melakukan negosiasi agar dapat memperoleh diskon.

Dari pihak kartu kredit pun akan melakukan apapun yang mereka bisa untuk mempertahankan nasabah, sehingga memungkinkan untuk mereka mempermudah pembayaran penalti atau lainnya.

Baca juga: Dibanding Apply Kartu Kredit, Lebih Baik Investasi Saja!

  • Melakukan Negosiasi Debt Rescheduling atau Debt Restructuring

Penerbit kartu kredit dapat memberikan kemudahan bagi para para pengguna kartu kredit untuk menunda pembayarannya. Selain itu juga mereka dapat melakukan negosiasi untuk membayar sesuai jumlah yang dapat diserahkan setiap bulannya, sementara biaya bunga dan penaltinya ditiadakan.

  • Mengajukan Pinjaman dengan Menggunakan Bunga Minim

Biasanya para pengguna kartu kredit akan mendapatkan telpon masuk dari bank maupun lainnya untuk menawarkan atau menggunakan sisa limit kreditnya sebagai pinjaman dengan bunga yang sama untuk periode tertentu biasanya 3-6 bulan. Selain itu kamu juga dapat membandingkan beberapa pilihan dengan balance transfer, lalu memilih penawaran dengan bunga yang paling rendah. 

Contohnya, kamu memiliki limit kredit Rp10 juta pada kartu kredit A dengan bunga 3,25% dan saldo kartu kredit Rp3 juta, berarti ia dapat memperoleh pinjaman maksimum Rp7 juta yang harus dilunasi dalam waktu 3-6 bulan. Tetapi, beberapa bank justru menawarkan bunga kurang dari1%.

Dengan begitu kamu dapat melunasi seluruh utang kartu kreditnya, sementara bank menyambut baik kesempatan untuk melayani nasabahnya dengan baik dan benar. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]