Persiapkan Kurban dengan Lebih Terencana di Hari Raya Idul Adha!

0
1086
Hari Raya Idul Adha

Sesaat lagi umat islam di Indonesia maupun di seluruh dunia akan menyambut datangnya hari raya idul adha. Berbicara mengenai hari raya idul adha tentu tidak akan jauh dari yang namanya berkurban, dalam Islam berkurban ini suatu hal yang tidak wajib namun lebih baik apabila dilakukan. Berkurban dapat mengajarkan seseorang untuk mengorbankan sebagian hartanya untuk berbagi kepada mereka yang lebih membutuhkan.

Namun, dengan cara berkurban melalui kambing,domba maupun sapi. Tentu akan sangat baik, apabila kita sebagai umat islam dapat berkurban atau berpartisipasi secara langsung pada hari raya idul adha. Tetapi, banyak dari kita yang sebenarnya dapat dengan mudah melakukannya, namun terkadang lupa untuk menyisihkan sebagian dananya. 

Rata-Rata Harga Hewan Kurban di 2020!

Seperti yang kita ketahui bahwa di Indonesia sendiri umumnya berkurban dengan menggunakan Kambing dan Sapi. di tahun 2020 ini untuk kambing sendiri range harganya di angka Rp2 juta hingga Rp3 juta tergantung ukurannya, sedangkan Sapi sendiri harganya mulai dari Rp14 juta hingga puluhan juta. Untuk sapi sendiri memang diperbolehkan untuk membaginya 7 kepala keluarga, sehingga dapat lebih meringankan mereka yang ingin berkurban sapi.

Dengan rincian harga tersebut tentunya kamu perlu menghitung-hitung kembali bukan untuk dapat berkurban? Mudah banget kok! Asalkan kamu memiliki perencanaan keuangan yang baik, maka semuanya dapat tercapai.

Semua perlu persiapan, maka dari itu kamu bisa memulainya dengan menabung serta menyisihkan dana yang kamu dapatkan setiap bulannya untuk berkurban. Namun, beberapa tips di bawah ini juga perlu kamu perhatikan agar ibadah kurban yang kamu lakukan dapat lebih mudah untuk dijalankan. Berikut beberapa tipsnya :

  • Memilih atau Memastikan Jenis Hewan yang Dikurbankan

Yang satu ini penting saat kamu ingin merencanakan keuangan, ketika kamu ingin membeli sesuatu tentu kamu harus tahu apa yang ingin dibeli dan berapa banyak dana yang diperlukan. Karenanya, hal pertama yang perlu dipikirkan adalah menentukan apakah ingin berkurban kambing atau sapi.

Selain itu, kamu juga bisa menentukan dimana nantinya kamu akan berkurban, karena disetiap daerah tentu memiliki harga yang berbeda. Preferensi untuk melakukan kurban di daerah ini lebih baik dibandingkan di daerah kota yang mungkin memiliki lebih banyak kurbannya. Sehingga mereka di daerah-daerah pun dapat merasakan daging kurban secara lebih merata.

  • Mempersiapkannya dari Beberapa Bulan Sebelumnya

Jika kamu memiliki suatu aset yang likuid, maka tidak perlu khawatir jika ingin berkurban di hari raya idul adha. Namun, sebaliknya apabila kamu belum memiliki aset likuid, kamu dapat mempersiapkannya terlebih dahulu setidaknya 1 tahun sebelumnya. Mengapa harus 1 tahun? Sebenarnya tidak 1 tahun juga tidak apa, asalkan kamu memiliki perhitungannya juga. 1 tahun ini adalah agar proses persiapan dana ini bisa lebih ringan sehingga kamu juga tidak merasakan keberatan saat mengumpulkan dana tersebut.

Berapapun waktu yang dibutuhkan untuk persiapannya, asalkan nait dan komitmen, maka semuanya akan terasa lebih ringan. Karena itu, tidak ada salahnya jika melakukan persiapan ini dari jauh-jauh hari selain dapat mempersiapkan hewan kurban yang lebih baik, kamu juga mendapatkan amal yang lebih baik.

Baca juga: Puasa Ramadhan di Tengah Wabah Covid-19

  • Mulai Menabung Secara Rutin

Yang terakhir dan paling penting adalah dengan menabung. Pastikan untuk rutin menabung dan komit terhadap apa yang ingin dituju. Selain itu, untuk mengoptimalkan tabungan yang dilakukan kamu dapat melakukan pengembangan dana di beberapa instrumen yang tersedia. Karena dengan pengembangan dana hasil yang didapatkan tentunya jauh lebih baik dibandingkan hanya dengan menabung.

Kiat Untuk dapat Berkurban dengan Mudah!

Misalnya:

Kamu berencana untuk menyiapkan dana untuk berkurban di tahun depan dengan membeli satu ekor kambing dengan harga Rp3.000.000. Saat ini, kamu baru memiliki Rp500.000 saja. Tiap bulannya kamu bisa menyisihkan Rp180.000 untuk pendanaan di P2P Lending Akseleran dengan imbal hasil 20,00% per tahun.

Maka,

Target dana Rp3.000.000
Pendanaan awal Rp500.000
Pendanaan bulanan Rp180.000
Imbal hasil 20,00%

Jadi, gimana dengan perhitungan di atas? Tidak berat, bukan? Yuk persiapkan kurban untuk kamu serta keluargamu tahun depan. Dengan niat yang baik, maka hasilnya tentu akan baik!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]