Persiapan Puasa Ramadhan di Tengah Wabah Covid-19

0
4492
Persiapan Puasa

Tidak terasa sedikit lagi kita akan memasuki bulan suci ramadhan 1441 H. Namun, ramadhan tahun ini mungkin akan sedikit berbeda bagi para muslim di seluruh dunia mengingat adanya wabah virus corona atau Covid-19 yang menjangkau setiap negara tidak terkecuali di Indonesia. 

Badan Kesehatan Dunia atau WHO (World Health Organization) serta Kementerian Kesehatan Indonesia sudah memberikan himbauan agar masyarakat Indonesia tetap menjaga daya tahan tubuh selama pandemi ini berlangsung. Cara terbaik untuk menjaga daya tahan tubuh salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan istirahat yang cukup. 

Nah, padahal seperti yang kita tahu umat muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa sebulan penuh selama ramadhan. Jadi, bagaimana cara untuk tetap dapat menjalankan ibadah dengan khusyu namun tubuh tetap memiliki daya tahan yang dibutuhkan? 

Persiapan Puasa Ramadhan di Tengah Wabah Covid-19

Sebelumnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Ahli Kesehatan sudah menyepakati bahwa wabah Corona ini tidak akan menghalangi umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Karena itu, untuk tetap membantu menjaga imun tubuh untuk tetap baik kamu dapat menambah asupan bergizi seperti telur, susu, madu serta makanan yang memiliki serat tinggi.

Lalu, untuk persiapan puasa di tengah wabah ini kamu tetap harus menghindari bertemu orang banyak, rajin mencuci tangan serta menjaga kebersihan lingkungan hingga memperbanyak kegiatan atau aktivitas di dalam rumah.

Dibalik itu semua untuk mempersiapkan datangnya bulan ramadhan, kamu dapat melakukan 3 hal di bawah ini agar nantinya kamu dapat menjalankan puasa dengan lebih khidmat.

  • Saling Memaafkan

Ini adalah salah satu persiapan rutin yang harus dilakukan sebelum menyambut datangnya bulan ramadhan. Ya, saling memaafkan satu sama lain agar ibadah yang dijalani bisa berjalan dengan lebih baik. Memasuki bulan ramadhan, kita harus menjadi pribadi yang lebih suci lahir dan batin. Artinya suci dari segala pikiran buruk, dendam, permasalahan dan berbagai macam penyakit lainnya.

Karena itu, menjelang bulan ramadhan, hendaknya umat muslim dapat saling memaafkan satu sama lain agar dapat membebaskan diri dari kesalahan pada orang lain dan juga dapat membersihkan hari. Dengan begitu, kamu dapat lebih mudah untuk menjalani segala bentuk ibadah di bulan ramadhan.

  • Menuntaskan Segala Utang Puasa Tahun Sebelumnya

Mungkin ada sebagian orang yang memiliki utang puasa di tahun sebelumnya. Nah, untuk mereka yang memiliki utang puasa jangan lupa untuk membayar utang puasanya agar tidak menjadi beban untuk menjalani puasanya di tahun ini.

Baca juga: 6 Negara Dengan Waktu Puasa Tersingkat dan Terpanjang

  • Mempelajari Ilmu Tentang Ramadhan

Ada baiknya untuk mempersiapkan ramadhan dengan mempelajari ilmu agama di bulan penuh berkah ini. Dengan memperdalam ilmu agama tentang bulan ramadhan, kamu akan dapat memaknai lebih dalam mengenai bulan suci ramadhan.

  • Menyambut dengan Gembira Datangnya Bulan Ramadhan

Ini juga persiapan yang tidak kalah penting dibanding yang lainnya. Karena ini termasuk amalan yang baik yaitu dengan cara bersyukur dan gembira karena dapat dipertemukan kembali di bulan suci ramadhan tahun ini.

Bagaimana apakah kamu punya persiapan puasa yang rutin kamu lakukan menjelang bulan penuh berkah ini?

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]