Mengenal Profesi dan Gaji Tukang Parkir Pesawat di Indonesia

0
1366
Gaji Tukang Parkir Pesawat

Marshaller atau juru parkir pesawat adalah salah satu profesi unik dan tidak biasa. Salah satu fakta menarik adalah gaji tukang parkir pesawat di luar negeri dapat menyentuh angka Rp500 juta hingga Rp1 miliar per tahun. Namun, jumlah pastinya ditentukan oleh maskapai dan keahlian yang dimiliki. Bagaimana dengan marshaller di Tanah Air?

Gaji Tukang Parkir Pesawat di Indonesia

Di Indonesia, kisaran gaji marshaller adalah Rp4 – Rp6 juta per bulan. Berikut ini beberapa faktor penentu besaran gaji bulanan marshaller:

  • Kebijakan Pihak Maskapai

Masing-masing maskapai punya kebijakan untuk menentukan gaji juru parkir pesawat. Jadi, kita tidak bisa menyamaratakan besarnya. Gaji di maskapai A bisa berbeda atau sama dengan maskapai B.

  • Peraturan Negara

Tentu, gaji seorang marshaller juga disesuaikan dengan peraturan dan kemampuan negara. Indonesia memberlakukan sistem upah minimum yang berbeda-beda. Maka, gaji tukang parkir pesawat mengikuti besaran upah minimum di daerah masing-masing.

  • Pengalaman

Makin banyak pengalaman, makin tinggi penghasilan. Selain itu, keahlian dan lama bekerja juga menjadi pertimbangan. 

Pentingnya Profesi Juru Parkir Pesawat

Setiap bandara membutuhkan tukang parkir pesawat demi kelancaran operasional. Syarat utama menjadi marshaller adalah mampu memberikan arahan secara cepat dan tepat. Apa saja peran penting mereka?

  • Memandu Pilot

Selayaknya juru parkir motor dan mobil, tugas utama marshaller adalah memandu pilot untuk memarkirkan pesawat di lokasi yang tepat. Gerakan badan adalah cara berkomunikasi yang digunakan.

Tugas pentingnya adalah memastikan area dan jalur parkir pesawat bebas hambatan dari benda apa pun. Juru parkir pesawat wajib menjalankan tugas meski dalam cuaca buruk seperti hujan atau badai. 

  • Jalur Koordinasi Krusial

Sebab fungsinya terkait proses pendaratan dan lepas landas pesawat, marshaller dianggap sebagai posisi krusial yang diandalkan untuk menjaga koordinasi setiap pihak lancar.

Sebelum pendaratan, pilot akan menghubungi pengendali di bandara dan berkomunikasi dengan tenaga teknis perawatan yang akan mengirimkan informasi parkir untuk marshaller.

  • Dilengkapi Alat Khusus

Setiap marshaller dilengkapi alat khusus sebagai penunjang dalam menjalankan tugas. Salah satu perlengkapan yang wajib dipakai adalah penutup telinga. Fungsinya sebagai peredam suara terhadap bising pesawat. Selain itu, jaket neon, tongkat LED, serta sepatu keamanan juga wajib dipakai.

  • Maksimal 5 Pesawat Sehari

Fakta menarik selain besaran gaji tukang parkir pesawat adalah dengan total jam kerja 13 jam sehari, seorang marshaller hanya dapat memarkirkan 5 pesawat setiap hari.

Sistem kerjanya adalah sistem shift dengan waktu istirahat. Biasanya, jam kerja juru parkir pesawat adalah mulai pukul 06.00-19.00 dan 18.00 hingga 07.00.

Syarat menjadi Aircraft Marshaller

Tertarik untuk menjajal profesi unik ini? Tentu, ada beberapa syarat dan kriteria yang wajib dipenuhi. Apa saja?

  • Minimal usia adalah 18 tahun. Sedangkan usia maksimal adalah 35 tahun. Beberapa maskapai bahkan mematok usia maksimal 24 tahun untuk posisi krusial ini.
  • Bagi wanita, tinggi badan maksimal adalah 158-160 cm. Sedangkan bagi pria: 165-170 cm.
  • Sehat jasmani & rohani.
  • Berat badan ideal sesuai kalkulator body mass index (BMI) dengan metode perbandingan tinggi dan berat tubuh.
  • Pendidikan minimal SMA/Sederajat.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik.
  • Wajib menyelesaikan pelatihan khusus tentang cara membaca sinyal.

Bagi pemilik mata minus, Anda memiliki potensi yang sama. Namun, minus yang dapat ditoleransi adalah yang tidak parah.

Baca juga: Perbedaan Profesi dan Pekerjaan yang Sering Orang Tidak Tahu!

Siapkan Diri menjadi Marshaller 

Bila tugas dan gaji tukang parkir pesawat membuat Anda jatuh cinta pada profesi ini, siapkan diri menjadi marshaller terbaik. Perhatikan hal-hal penting berikut;

  • Penuhi setiap persyaratan

Pastikan Anda kompeten untuk memenuhi semua persyaratan di atas. Bila perlu, lakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh sebelum melamar.

  • Siapkan diri semaksimal mungkin

Bukan hanya Anda yang menginginkan profesi ini. Pastikan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin menghadapi puluhan, bahkan mungkin ratusan pesaing.

  • Bekali diri dengan informasi seakurat mungkin

Cari informasi sebanyak mungkin terkait profesi ini. Saring setiap informasi dari sumber yang kredibel. Ini berguna agar Anda siap menjalankan tugas tanpa ragu.

  • Tidak perlu pilih-pilih maskapai

Khususnya bagi pemula yang ingin terjun ke dunia marshaller, sebaiknya urungkan niat untuk pilih-pilih maskapai. Ingat, tidak hanya Anda yang menginginkan posisi ini.

Kesimpulan

Besaran gaji tukang parkir pesawat dipengaruhi oleh keahlian, pengalaman, kebijakan maskapai, dan peraturan negara.

Menjadi juru parkir pesawat bukan pekerjaan yang mudah. Meski begitu, profesi ini cukup bergengsi dan diminati banyak orang, khususnya generasi Z. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]