Mengenal Fintech Indonesia, Sebagai Solusi Finansial Bagi Masyarakat!

2
1257
Fintech Indonesia

Seiring perkembangan zaman yang terus bergerak maju membuat banyak perusahaan di era seperti sekarang ini mencoba peruntungan untuk beralih ke dunia digital. Namun, tidak hanya perusahaan yang sudah berjalan lalu berusaha beralih ke dunia digital tetapi banyak perusahaan baru atau rintisan (startup) yang muncul dengan berbagai macam jenis dan produk digital yang menarik dan sangat berguna untuk masyarakat di era seperti sekarang.

Perusahaan rintisan atau startup di Indonesia ini memang belakangan berkembang sangat pesat. Startup di Indonesia sendiri memiliki banyak macamnya, namun Financial Technology (Fintech) merupakan salah satu sektor StartUp yang perkembangannya sangat pesat. Fintech Indonesia  memiliki peran sangat penting dalam perekonomian di Indonesia karena membuka akses keuangan kepada market yang sebelumnya unbanked atau underbanked.

Peran dan Manfaat Fintech di Indonesia

Kehadiran Fintech ini memiliki peran penting dalam keseharian untuk masyarakat luas mulai dari proses pembayaran yang semakin cepat dan mudah hingga proses pengajuan pinjaman dan pengembangan dana di Indonesia.

Fintech dapat menghadirkan pilihan dalam akses layanan keuangan secara lebih mudah, aman dan nyaman. Keberadaan Fintech juga dapat sangat mempengaruhi gaya hidup masyarakat ekonomis. Hal ini dikarenakan fintech memiliki paduan antara efektivitas serta teknologi yang akhirnya memberikan dampak yang positif bagi masyarakat. 

Selain memiliki peran, Fintech Indonesia juga memiliki beberapa manfaat seperti:

  • Membantu perkembangan baru pada startup teknologi yang sedang naik pesat
  • Meningkatkan taraf hidup masyarakat 
  • Meningkatkan penjualan atau sales e-commerce
  • Penurunan bunga pinjaman

Seperti yang kita ketahui bahwa kehadiran Fintech Indonesia ini telah banyak membantu masyarakat dalam menyelesaikan berbagai masalah. Karenanya, masyarakat perlu tahu bahwa jenis-jenis Fintech yang memberikan solusi finansial masyarakat Indonesia.

Jenis Fintech Indonesia

  • Crowdfunding

Fintech yang satu ini memiliki pertumbuhan yang cukup pesat di Indonesia dengan proses menggalang dana atau melakukan donasi untuk suatu program sosial. Contoh dari Fintech ini adalah Kitabisa.com yang menggalang dana untuk segala kegiatan yang berbentuk amal dan sampai saat ini kitabisa menjadi salah satu pelopor dalam Fintech yang satu ini dan terus memberikan dampak positif di Indonesia.

Equity Crowdfunding adalah suatu sistem yang menawarkan kemudahan untuk para pengusaha startup atau UKM dengan melakukan penggalangan dana berupa penyertaan modal tanpa terbebani oleh kewajiban utang serta pembayaran bunga dan biasanya tidak berkewajiban memberikan agunan untuk mendapatkannya.

  • Market Comparison/Aggregator

Fintech satu ini memiliki fungsi dan peran untuk melakukan perbandingan antara satu produk finansial satu dengan lainnya. Selain itu Fintech satu ini juga berfungsi sebagai financial planner karena dapat membandingkan antara produk keuangan. Dengan adanya Market Comparison ini para pengguna dapat memilih berbagai produk finansial dengan lebih tepat dan cepat untuk berbagai macam kebutuhan.

Baca juga: Fintech Adalah: Manfaat dan Fungsinya

  • Digital Payment System

Fintech yang memiliki peningkatan sangat positif di setiap tahunnya ini bergerak di bidang penyediaan layanan pembayaran digital seperti pembayaran transaksi di marketplace online, pembayaran pulsa, kartu kredit, token listrik, air dan lainnya. Contoh dari Fintech ini adalah seperti OVO, ShopeePay hingga Midtrans. 

Targetnya adalah mereka yang susah atau kesulitan dalam mendapatkan akses ke bank saat melakukan berbagai macam kebutuhan pembayaran. Jenis Fintech Indonesia satu ini yang dapat membantu mempermudah mereka.

  •  Marketplace Reksadana

Marketplace reksa dana merupakan suatu wadah dimana tersedia produk-produk reksa dana yang diterbitkan oleh Manajer Investasi. Marketplace reksadana juga berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang menjual produk reksa dana. 

Jika kamu memilih untuk membeli reksa dana melalui marketplace, maka dana kamu akan ditempatkan dalam portofolio efek yang dikelola oleh Manajer Investasi.

  • Peer-to-Peer (P2P) Lending

Terakhir adalah Fintech yang berguna untuk membantu mereka yang memiliki kesulitan dalam mendapatkan akses keuangan untuk memenuhi kebutuhannya. P2P Lending digunakan untuk mendapatkan pinjaman atau pengembangan dana dengan cara yang relatif lebih cepat dan mudah tanpa harus melakukan tatap muka pada prosesnya.

Salah satu contohnya adalah Akseleran platform P2P Lending yang bergerak dalam bidang ini dan memiliki berbagai macam produk pinjaman serta pengembangan dana sesuai dengan kebutuhanmu.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjutdapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

2 COMMENTS

Comments are closed.