Pengertian Ghost Kitchen dan Tips Memulainya

0
574

Apakah Kamu pernah mendengar istilah ghost kitchen? Bagi kamu yang belum pernah mendengar istilah ini mungkin akan mengira ghost kitchen adalah dapur yang ada hantunya. Seiring dengan berkembangnya zaman, inovasi dalam bisnis kuliner juga terjadi, salah satunya adalah ghost kitchen. Dalam kesempatan kali ini, kita akan menjelaskan pengertian dari ghost kitchen serta apa saja tipsnya untuk memulai bisnis ghost kitchen

Pengertian 

Ghost kitchen atau yang memiliki nama lain dark kitchen, dapur bayangan, dapur virtual, dan dapur commissary, pada dasarnya adalah suatu fasilitas persiapan makanan yang mempersiapkan makanan untuk dikirim ke pelanggan. Secara sederhana, istilah ghost kitchen atau ghost restaurant itu merujuk pada bisnis kuliner yang memproduksi makanan, tetapi tidak memiliki dapur atau restoran. Biasanya, pemilik bisnis menyewa dapur dari pihak lain. 

Pembelian hanya dilayani melalui aplikasi seluler atau halaman situs. Makanan akan dikirimkan kepada pemesan, tidak ada bangunan di mana konsumen bisa menikmati makanan di tempat. Inilah yang membedakannya dengan virtual kitchen yang tetap memiliki bangunan, seperti restoran pada umumnya. 

Lebih lanjut lagi, banyak restoran yang membuat ghost kitchen di berbagai area yang tingkat volume pesanannya tinggi dengan tingkat jumlah permintaan pengiriman yang signifikan akan menghasilkan peningkatan pesanan, jangkauan, dan juga penjualan.

Tips Memulai Ghost kitchen

Bagi kamu yang tertarik dengan bisnis ini tetapi belum mengetahui lebih detail. Berikut ini adalah beberapa tips memulai bisnis ghost kitchen:

 

  • Lokasi yang yang tepat untuk ghost kitchen

 

Lokasi yang tepat akan menentukan ghost kitchen kamu mudah dibeli atau tidak. Lokasi yang strategis serta ramai dengan kendaraan yang berlalu lalang adalah tempat terbaik. Kamu bisa membuka ghost kitchen dimanapun dan kapanpun selama pelayanan dilakukan secara online.

 

  • Membuat menu online yang menarik 

 

Untuk menarik pembeli, kamu tentu harus menyiapkan menu yang ditampilkan secara dengan menarik. Buatlah menu yang menarik serta berbeda dari yang lain. Kamu juga perlu menyiapkan logo dan berbagai foto varian menu agar lebih menarik pembeli.

 

  • Mudah untuk Dipesan

 

Setelah memastikan menu online yang kamu buat menarik, yang harus kamu pastikan selanjutnya adalah memastikan bahwa pembeli mudah untuk melakukan pemesanan. Cara termudah tentu bisa memanfaatkan aplikasi untuk menambah opsi pesanan misal seperti memanfaatkan aplikasi Gofood, Grabfood atau langsung lewat Whatsapp ke nomor WA bisnis Anda.

 

  • Jangan lupa promosi

 

Karena konsep utama bisnis ini adalah secara online, maka untuk pemasarannya atau promosinya kamu  bisa memanfaatkan media online yang ada seperti media sosial ads (Facebook ads, Instagram ads, dan sebagainya) atau pemasaran melalui marketplace.

Kelebihan dan kekurangan bisnis Ghost kitchen

Dalam sebuah bisnis tentu saja ada kelebihan dan kekurangannya termasuk dalam bisnis ghost kitchen. Salah satu kelebihan ghost kitchen adalah biaya operasional yang rendah. Ghost kitchen tidak memerlukan lokasi strategis dengan biaya sewa yang mahal. Tidak memerlukan meja dan kursi makan. Tidak perlu banyak lampu penerangan dan dekorasi ruangan seperti restoran pada umumnya. 

Sementara itu kekurangan ghost kitchen diantaranya adalah tidak terlalu dikenal, karena lokasi dapurnya yang tidak terlalu strategis maka jangan heran jika dapur seperti ini sulit dikenali dari luar. Kemudian sangat tergantung promosi online, jika promosinya buruk, penjualan sulit di dapat. 

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Raymas Putro | Editor: Rimba Laut