10 Pekerjaan yang Paling Cocok untuk Mahasiswa

0
972
Pekerjaan Untuk Mahasiswa

Ketika jadwal kuliah tidak begitu padat atau saat liburan semester, biasanya para mahasiswa memanfaatkannya untuk melakukan pekerjaan sampingan, baik itu yang berkaitan dengan bidang studi yang ditekuni maupun sesuatu yang digemari. Berikut beberapa pekerjaan untuk mahasiswa yang paling cocok dan sangat direkomendasikan.

  • Penulis 

Pekerjaan sebagai penulis dapat dilakukan dari mana saja, oleh mahasiswa jurusan apa pun. Aktivitas menulis memberikan banyak manfaat, yaitu memperluas wawasan, memperkaya perbendaharaan kata, dan melatih kemampuan mengemukakan pikiran secara sistematis.

Jika tertarik menjadi penulis, Anda bisa memulainya segera dengan mengisi konten untuk blog atau website.

  • Pramusaji

Daripada sekadar nongkrong di kafe sekitar kampus, menjadi pramusaji atau waiter bisa menjadi alternatif pekerjaan untuk menambah uang saku. Dalam sebulan, sekurang-kurangnya 1-3 juta rupiah bisa Anda kantongi dari pekerjaan ini.  

Namun, perlu diingat bahwa pekerjaan pramusaji membutuhkan kesabaran. Pasalnya, Anda harus melayani pelanggan yang datang ke kafe, mulai dari menyambutnya saat datang, mempersilakan duduk, menawarkan menu, menyajikan pesanan, hingga membereskan meja, dan mengambil piring serta gelas yang kotor.   

  • Barista

Jika Anda hobi meracik minuman, pekerjaan menjadi barista bisa Anda coba. Barista umumnya bekerja pada kedai kopi atau kafe. Tidak sedikit barista yang selain dibayar per jam juga mendapatkan tip. Jam terbang, kemampuan membuat minuman dengan rasa yang enak dipadukan skill artistik dan kemampuan berkomunikasi yang baik, akan memberi Anda nilai lebih.

  • Fotografer 

Anda yang hobi mengabadikan berbagai momen, cobalah untuk mulai mengasah kemampuan fotografi sehingga mendatangkan penghasilan yang menggemukkan saldo tabungan. 

Fotografer adalah salah satu pekerjaan untuk mahasiswa yang paling cocok karena tidak memakan terlalu banyak waktu. Anda bisa menawarkan jasa pada teman-teman kuliah, misalnya yang akan wisuda atau merayakan ulang tahun.

  • MUA atau Make Up Artist

Jangan biarkan kegemaran berbelanja produk kosmetik hanya berakhir di meja rias dan menumpuk sia-sia. Anda dapat meningkatkan kemampuan merias dengan mempelajari tutorial di internet dan mencoba mempraktikkannya. Bila sudah percaya diri, Anda dapat mengawali debut sebagai make up artist dengan merias orang-orang terdekat untuk tampil cantik di momen istimewa mereka.

Baca juga: 7 Usaha Online yang Menjanjikan

  • Penerjemah

Penerjemah adalah pekerjaan untuk mahasiswa yang sangat direkomendasikan, terlebih lagi bagi Anda yang berkuliah di jurusan Sastra. Materi yang Anda dapatkan di perkuliahan dapat langsung Anda aplikasikan pada berbagai proyek. Upah yang Anda terima dari menerjemahkan buku, jurnal ilmiah, atau hasil penelitian, lumayan besar juga lho nominalnya.

  • Pet Grooming

Para pecinta hewan akan menyukai pekerjaan yang satu ini. Kesibukan kerap kali membuat mereka yang memiliki hewan peliharaan tidak punya cukup waktu untuk memerhatikan peliharannya. Lewat jasa pet grooming, Anda dapat menyalurkan kecintaan pada hewan sekaligus memperoleh penghasilan. 

  • Guru Les

Pekerjaan sebagai guru les sepertinya adalah yang paling tenar di kalangan mahasiswa sejak lama. Bermodalkan penguasaan mata pelajaran sekolah yang diujikan di ujian nasional, Anda sudah bisa menjadi guru les atau bergabung di sebuah lembaga bimbingan belajar. Anda akan mendapatkan upah per jam atau per kehadiran. 

  • Reseller

Merintis karier sebagai pengusaha atau pebisnis sukses dapat Anda awali dari bangku kuliah, di antaranya dengan menjadi reseller. Pekerjaan reseller merupakan pekerjaan untuk mahasiswa yang memungkinkan dijalankan dengan modal sesuai kantong mahasiswa. Jenis barangnya bisa bermacam-macam, mulai dari produk fashion seperti kerudung, celana, kaos, hingga camilan.

Anda dapat memasarkan barang dagangan menggunakan ponsel sambil rebahan. Produsen umumnya memberikan harga tersendiri bagi reseller. Jika Anda serius dalam berpromosi dan memanfaatkan berbagai saluran promosi secara maksimal, hasil yang diperoleh bisa mencengangkan.

  • Admin Media Sosial

Pekerjaan yang terakhir ini sangat tepat bagi Anda yang bisa menghabiskan waktu berjam-jam setiap harinya untuk membuka-buka media sosial. Berbekal kreativitas dan pengetahuan copywriting cobalah melamar menjadi admin media sosial dari online shop, perusahaan start up, atau UMKM.  

Itulah sepuluh pekerjaan untuk mahasiswa dengan jam kerja yang fleksibel, bisa dimulai kapan saja, dan tidak membutuhkan persyaratan terlalu rumit. Sebenarnya pekerjaan-pekerjaan sampingan tidak hanya memberi Anda penghasilan tambahan, tetapi juga pengetahuan, pengalaman, dan kesempatan membangun networking. Jadi, mau menjajal pekerjaan yang mana di liburan semester nanti?

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]