Perbedaan Financial Statement dan Financial Report!

3
31274
Financial Statement

Dalam dunia akuntansi terdapat 2 istilah yang tidak jauh berbeda yaitu Financial Statement dan Financial Report. Ya, keduanya mungkin memiliki kata yang tidak jauh berbeda, namun tetap kedua istilah ini memiliki kegunaan yang berbeda. Perbedaan keduanya memang jelas terlihat pada beberapa hal seperti di bawah ini:

Perbedaan Financial Statement dan Financial Report

Financial Statement

Beberapa orang tentu memiliki kepentingan terhadap perkembangan dari usaha maupun bisnisnya. Hal tersebut penting agar mereka dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaannya dengan lebih baik, mengingat kondisi keuangan suatu perusahaan tentu akan tercermin dalam laporan keuangannya. Financial statement juga ini adalah output dari akuntansi. 

Financial statement juga memiliki beberapa jenis, diantaranya :  

  • Laporan Posisi Keuangan
  • Laporan Laba Rugi dan Laba Rugi Komprehensif Lainnya
  • Laporan Arus Kas
  • Laporan Perubahan Ekuitas
  • Catatan atas Laporan Keuangan

Tujuan Financial Statement

Laporan keuangan atau financial statement adalah suatu laporan yang menyediakan informasi terkait posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan dalam perusahaan yang memiliki manfaat untuk pengguna dalam pengambilan keputusan. Namun, financial statement ini tidak menyediakan informasi yang mungkin dibutuhkan pemakai dalam mengambil keputusan ekonomi yang secara umum menggambarkan pengaruh keuangan serta kejadian yang sudah terjadi tanpa mewajibkan untuk menyediakan informasi non keuangan.

Financial statement ini juga dapat menampilkan apa yang sudah dilakukan manajemen atau dipertanggungjawabkan oleh manajemen atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya. Pemakai yang ingin melihat apa yang telah dilakukan atau dipertanggungjawabkan manajemen dapat berbuat demikian agar dapat membuat atau mengambil keputusan ekonomi. 

Keputusan tersebut dapat mencakup keputusan seperti keputusan untuk menahan atau menjual investasi mereka dalam perusahaan atau mengangkat atau mengganti manajemen.

Laporan Arus Kas Metode Langsung Laporan Arus Kas Metode LangsungLaporan Arus Kas Metode LangsungLaporan Arus Kas Metode Langsung

Pemakai Financial Statement

Banyak yang menggunakan financial statement untuk berbagai macam kebutuhan pengelolaan keuangan beberapa diantaranya :

  • Penggunaan Laporan Keuangan
  • Investor / Lender
  • Karyawan
  • Pemberi Pinjaman / Borrower
  • Pemasok dan Kreditor Usaha Lainnya
  • Pelanggan
  • Pemerintah
  • Masyarakat

Financial Report

Financial report atau pelaporan keuangan adalah output sampingan yang mendukung penggunaan financial statement.  Maksudnya adalah suatu laporan keuangan yang ditambah dengan informasi-informasi lain yang berhubungan, baik itu yang langsung maupun yang tidak langsung dengan informasi yang disediakan oleh sistem akuntansi keuangan, seperti informasi mengenai sumber daya perusahaan.

Financial reporting ini dibuat hanya untuk tujuan internal. Pelaporan keuangan ini meliputi segala aspek yang berkaitan dengan penyediaan dan penyampaian informasi keuangan. 

Jenis Financial Report

Pada financial report tidak terdapat jenis-jenis, karena financial reporting memiliki sifat yang fleksibel. Beberapa hal dalam financial reporting biasanya berisi hal-hal seperti: 

  • Profil Perusahaan
  • Ikhtisar Saham
  • Pembahasan Hasil Kinerja Keuangan
  • Laporan Keuangan Konsolidasi
  • Data Perusahaan

Financial reporting terdapat di annual report, karenanya beberapa orang juga menganggap financial report sebagai annual report. 

Tujuan Financial Report

  • Menyediakan informasi yang berguna bagi investor, kreditor dan pengguna potensi lainnya dalam membantu proses pengambilan keputusan atas berbagai macam kebutuhan finansial.
  • Memberikan informasi tentang sumber daya ekonomi, klaim atas sumber daya tersebut dan perubahannya.
  • Menaksir arus kas yang masuk pada perusahaan

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

pinjaman modal usaha

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected].

3 COMMENTS

  1. […] Financial statement adalah sebuah laporan yang biasanya menyediakan informasi, informasi tersebut adalah informasi yang berkaitan dengan posisi keuangan. Selain itu, informasi juga berisi tentang kinerja serta perubahan posisi keuangan dalam perusahaan. Pada umumnya, mempunyai manfaat untuk pengguna dalam pengambilan keputusan yang matang. […]

  2. […] Financial Statement adalah hal yang esensial dalam menjalankan suatu perusahaan atau memulai bisnis, penyusunan laporan keuangan. Laporan keuangan oleh suatu perusahaan menjelaskan bagaimana posisi keuangan perusahaan pada waktu tertentu. Selain itu, laporan keuangan juga menggambarkan kondisi pengelolaan aktivitas keuangan suatu perusahaan yang sedang berjalan. […]

Comments are closed.