Tips Tingkatkan Produktivitas Kerja Ala #WFH

0
1485

Anjuran Pemerintah untuk #dirumahaja membuat banyak orang harus membiasakan diri mengubah rutinitas sehari-harinya. Anjuran ini guna diharapkan mampu memutus mata rantai penyebaran Pandemi Covid-19. Salah satu mengubah rutinitas sehari-hari adalah yang tadinya bekerja di kantor menjadi bekerja di rumah atau lebih dikenal dengan istilah #WFH (Work From Home).

Saat bekerja di rumah, Sobat harus tetap menjaga kedisiplinan layaknya ketika bekerja di kantor. Hal ini dibutuhkan agar kita dapat menjalankan rutinitas serta menyelesaikan segala tugas pekerjaan kantor dengan tepat waktu dan hasil yang sama baiknya ketika bekerja di kantor.

Bagi kebanyakan orang, bekerja dari rumah memerlukan waktu untuk beradaptasi. Misalnya, untuk Sobat yang tidak terbiasa dengan situasi ini akan jadi lebih sulit mengatur jadwal yang tepat. Keadaan ini bisa menimbulkan dua kondisi, yakni Sobat menjadi bekerja berlebihan atau sebaliknya menjadi terlalu santai sehingga konsentrasi menurun.

Untuk memastikan dapat mengatur waktu dengan baik, dan kapan waktu harus bekerja, serta kapan waktu untuk beristirahat, berikut tips yang bisa Sobat terapkan untuk meningkatkan produktivitas kerja saat #WFH:

1. Tetapkan jam kerja
Bekerja dari rumah #WFH awalnya mungkin terdengar menyenangkan tetapi saat melakukan kegiatan ini secara berminggu-minggu akan terasa membosankan. Tetapi Sobat pun harus bertanggung jawab penuh atas jam bekerja. Agar tercipta suasana kerja yang kondusif saat work from home, Sobat dapat memulainya dengan menerapkan jam kerja yang sama ketika berada di kantor.

2. Menyusun skala prioritas pekerjaan
Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan membuat kita terkadang lupa dengan apa yang harus dikerjakan. Tidak ada salahnya untuk melakukan pencatatan menggunakan Post-It Notes apa saja prioritas pekerjaan yang harus dilakukan hari ini.

Maka sebelum memulai bekerja, Sobat dapat menyusun skala prioritas pekerjaan. Dengan melakukan hal tersebut, Sobat akan tahu pekerjaan apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan yang dapat diselesaikan nanti.

Hal ini selain menghindari kegiatan yang “menumpuk” dan menjadikan pekerjaan tidak terselesaikan dengan baik melakukan penyusunan prioritas pekerjaan juga dapat membantumu mempunyai ritme kerja yang lebih teratur dan manajemen waktu yang baik meskipun work from home. Hindari melakukan hal-hal di luar pekerjaan pada saat jam bekerja.

3. Terapkan jam istirahat
Meski bekerja dari rumah, Sobat tetap perlu menerapkan jam istirahat, bekerja dari rumah mungkin terkesan “santai” karena Sobat bisa sambil rebahan sehingga lupa jam makan atau merilekskan mata dari depan laptop. Nah, agar tetap produktif, Sobat bisa lakukan teknik sederhana yakni setelah bekerja selama 25 menit maka lakukan istirahat selama 5 menit. Ulang teknik tersebut selama 4 kali, baru kemudian Sobat bisa mengambil waktu istirahat yang agak panjang.

Selama istirahat 5 menit, Sobat bisa melakukan banyak hal. Seperti mendengarkan musik, bermain game, membaca buku, atau melakukan peregangan ringan bahkan ngemil. Selain bisa mengembalikan energimu, istirahat 5 menit bisa memberikan banyak manfaat. Misalnya meningkatkan konsentrasi, menurunkan kadar stres. Maka pekerjaan pun bisa terselesaikan dengan baik.

Baca Juga:
5 Pekerjaan Sampingan Online yang Cocok dilakukan dari Rumah
6 Komponen Perencanaan Usaha yang Perlu Anda Ketahui

4. Menjalin komunikasi dengan rekan kantor
Meski terasa seperti pengalaman bekerja sendiri, work from home juga menuntut kita untuk tetap terhubung dengan rekan kerja. Meski jauh di hati, tapi tetap dekat via teknologi. Pilih platform yang user friendly dan aman untuk berkomunikasi dan bertukar ide.

Jika Sobat suka bertukar ide dengan rekan kerja, gunakan teknologi seperti instant messaging dan meeting online untuk tetap berkomunikasi. Jadi, Sobat dan rekan kerja dapat tetap berkolaborasi dan produktif walaupun saling bekerja dari rumah.

5. Pilih tempat kerja yang nyaman dan pastikan aman jaringan internetnya
Suasana tempat bekerja yang nyaman sangat berpengaruh dalam meningkatkan produktivitas kerja. Oleh sebab itu, pastikan Sobat memilih tempat yang nyaman saat work from home karena ini penting dilakukan. Tempat kerja yang nyaman juga akan mempengaruhi mood Sobat dalam bekerja.

Sobat bisa memilih ruangan yang minim distraksi, seperti di sudut ruang tamu atau sudut kamar. Dan jangan lupa untuk memastikan jaringan internet aman. Rajin untuk mengecek, misalnya jika di rumah memasang jaringan internet apakah kuotanya masih memadai dan kalau sistemnya menggunakan tethering wifi dari smartphone maka pastikan kuota internet smartphone Anda mencukupi.

6. Komunikasi dengan keluarga
Jika Sobat sudah berkeluarga dan memiliki anak, komunikasi dengan keluarga saat work from home sangatlah penting. Bisa jadi anak akan merasa bahwa kita sedang libur bekerja. Komunikasi ini berguna agar anak-anak tidak mengganggu saat kita bekerja.

Salah satu caranya adalah menyiapkan permainan atau film untuk anak agar mereka tidak mengganggu Sobat saat bekerja di rumah.

Bila memungkinkan, minta bantuan orang lain seperti saudara atau pengasuh untuk menjaga anak Sobat selama Sobat bekerja di rumah.

7. Matikan notifikasi aplikasi dan media sosial
Kita memang harus terkoneksi dengan rekan kerja selama jam kerja. Menyalakan notifikasi yang berkaitan dengan pekerjaan.

Tetapi, sebaiknya Sobat mematikan notifikasi yang tidak berkaitan dengan pekerjaan agar tetap fokus dan produktif saat bekerja. Contohnya notifikasi dari aplikasi dan media sosial yang seringkali muncul secara tiba-tiba.

Itu adalah 7 (tujuh) cara meningkatkan produktivitas saat work from home yang bisa Sobat terapkan. Buatlah jadwal kerja agar selama work from home hasil pekerjaan tetap berjalan dengan baik.

Selain itu, jangan merasa terisolasi selama work from home karena hal ini demi kebaikan bersama selama penanganan Pandemi Covid-19. Jaga selalu kebersihan dan kesehatan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Daftar sekarang dan dapatkan bunga hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang Sobat lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Daftar Akseleran dengan unduh aplikasi Akseleran di Google Play atau Apple App Store

Untuk Sobat yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]