Yuk, Mengenal Konsep Economies of Scale!

0
7197
Economies of Scale Adalah

Economies of scale adalah suatu konsep penghematan anggaran atau biaya yang dilakukan ketika sebuah perusahaan sedang berencana untuk meningkatkan skala produksi. Terjadinya peningkatan hasil akhir atau output ini tentu akan memungkinkan perusahaan untuk menurunkan biaya produksi sehingga menjadi lebih efisien karena perusahaan mengalihkan sebagian besar jumlah biaya tetap pada hasil akhir atau output. 

Semakin banyak perusahaan menghasilkan output, maka biaya tetap untuk setiap unit barang pun akan cenderung semakin rendah. Tidak hanya itu, penghematan biaya lainnya pun bisa terjadi ketika biaya operasional dari perusahaan tersebut semakin tinggi.

Economies of scale adalah bisa menjadi salah satu nilai keunggulan yang bersifat kompetitif. Pasalnya, struktur biaya perusahaan akan relatif lebih rendah sehingga perusahaan akan memiliki kemungkinan yang besar untuk bisa menawarkan harga produk lebih rendah ketimbang harga dari kompetitor. Ini artinya, perusahaan pun memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan segmen pasar yang lebih luas. 

Apa Penyebab Terjadinya Economies of Scale?

Ada beberapa hal yang bisa menjadi alasan mengapa suatu perusahaan mampu menghasilkan biaya produk yang lebih rendah, antara lain: 

  • Teknologi dan tenaga kerja spesialis yang lebih terintegrasi sehingga volume dan jumlah produksi bisa ditingkatkan. Ini akan berdampak pada produktivitas perusahaan yang mampu memberikan lebih banyak output dengan jumlah input yang sama. 
  • Banyaknya permintaan dari pemasok, biaya bahan baku yang lebih murah, dan pembelian dari iklan yang lebih mahal juga bisa membantu menurunkan biaya produk.
  • Kemampuan perusahaan dalam membagi anggaran bisnis dengan lebih baik sehingga membuat biaya akhir produk menjadi lebih rendah. 

Jika dilihat dari sumber penghematan anggaran, skala ekonomi terbagi menjadi dua, yaitu internal dan eksternal. Keekonomian skala internal merupakan skala ekonomi yang menggunakan sumber daya penurunan biaya yang berasal dari pihak internal perusahaan. Sementara itu, skala ekonomi eksternal mendapatkan sumber daya penghematan anggaran dari luar perusahaan. 

Keuntungan Penerapan Keekonomian Skala

Perusahaan bisa melakukan berbagai upaya untuk sesegera mungkin mencapai keekonomian skala. Bukan tanpa alasan, penurunan biaya tersebut tentu akan memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk mendapatkan keuntungan lebih besar.

Secara sederhana, peningkatan angka penjualan tentu akan mengakibatkan penurunan biaya. Penerapan skala ekonomi akan membantu menjadikan angka margin keuntungan yang lebih rendah karena adanya harga produk yang tetap.

Inilah mengapa, tak heran jika banyak pemain baru yang cenderung lebih agresif dalam menggaet pasar. Mereka tak akan ragu untuk memberikan harga lebih murah saat menjual produk dengan harapan akan semakin banyak calon pelanggan baru maupun pelanggan tetap yang melakukan transaksi pembelian.

Menerapkan economies of scale adalah ternyata memberikan beberapa nilai manfaat, seperti:

  • Daya Saing Semakin Meningkat

Rendahnya biaya akan memberikan kemungkinan pada perusahaan untuk mendapatkan keunggulan yang bersaing. Artinya, perusahaan tentu bisa lebih siap jika kompetitor nantinya mendapatkan strategi pasar yang lebih agresif, salah satunya adalah menurunkan harga penjualan. 

  • Menawarkan Kesempatan Ekspansi Bisnis 

Menurunkan biaya yang mengarah pada tingginya angka keuntungan akan memberikan profit yang lebih tinggi pada perusahaan. Nantinya, perusahaan akan memiliki kesempatan untuk melakukan ekspansi yang lebih besar lagi.  

Baca juga: 6 Strategi Mengembangkan Bisnis Yang Efektif!

  • Mendapatkan Harga Produk Lebih Rendah 

Adanya pengurangan biaya untuk setiap unit juga memberikan kemungkinan perusahaan untuk melakukan penawaran harga lebih rendah. Hal ini tentu memberikan dampak positif pada konsumen karena mampu membeli produk tersebut. 

  • Munculnya Keragaman Produk 

Keekonomian skala juga akan membuat perusahaan mampu melakukan investasi keuntungan untuk meriset produk baru sehingga tercipta varian produk yang mampu memenuhi kebutuhan para konsumen. 

  • Peningkatan Upah

Sementara itu, dari sisi pekerja atau karyawan, akan ada kesempatan untuk mendapatkan kenaikan gaji apabila terjadi peningkatan keuntungan perusahaan. Ini artinya, angka kesejahteraan masyarakat pun akan mengalami peningkatan. 

Jadi, bisa disimpulkan bahwa economies of scale adalah suatu bentuk penghematan biaya yang dilakukan ketika perusahaan sedang meningkatkan skala produksi. Peningkatan jumlah output ini memberikan kemungkinan pada perusahaan untuk mendapatkan penurunan biaya produksi rata-rata.

Akan tetapi, perusahaan tidak boleh melupakan langkah penting agar skala ekonomi yang diterapkan bisa memberikan hasil yang maksimal, yaitu mengelola anggaran keuangan perusahaan sebaik mungkin. Pasalnya, salah perhitungan bisa turut memberikan dampak yang signifikan bagi kelancaran produksi dan operasional perusahaan. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]