CVV Adalah : Pengertian, Tips Amannya Hingga Perbedaan dengan Kartu Kredit

0
1961
CVV Adalah

CVV (Card Verification Value) adalah fitur keamanan pada pembayaran elektronik maupun online. Secara sederhana, CVV adalah tiga angka yang terdapat di belakang tiap kartu yang diterbitkan VISA maupun Mastercard.

Kode CVV bisa ditemukan di kartu debit maupun kartu kredit. Dengan pengamanan tambahan ini, uang yang berada di rekening bisa lebih terjaga. Kartu kredit pun bisa lebih aman dan tidak mudah untuk dimanfaatkan oleh pihak lain.

Mengapa Kode CVV Rahasia?

CVV adalah informasi yang tidak boleh diketahui oleh orang lain. Mengapa kode CVV begitu rahasia? Hal ini karena angka tersebut dijadikan sebagai bukti verifikasi setelah melakukan transaksi online

Memasukkan kode CVV merupakan proses pengesahan tahap akhir dari pemilik kartu. Dengan memberikan CVV, ini berarti pemilik kartu telah menyetujui transaksi yang akan dilakukan.

Bukan hanya pemilik kartu, oknum tertentu dapat memanfaatkan kode CVV kamu untuk melakukan pembelian. Hal ini tentu merugikan dan wajib diantisipasi. Salah satu caranya dengan merahasiakan kode CVV kartu.

CVV dan Kartu Kredit

Kartu kredit adalah alat pembayaran transaksi yang dikeluarkan oleh sebuah bank. Kartu kredit dipegang oleh nasabah dan bisa digunakan untuk membayar transaksi tanpa uang tunai. 

Kartu kredit memiliki risiko yang lebih besar untuk disalahgunakan, terutama jika kode CVV diketahui oleh orang lain. Pasalnya, oknum tersebut bisa melakukan pembelanjaan hingga limit kartu yang biasanya cukup besar. 

Kode CVV adalah tanda bahwa pengguna kartu kredit tersebut merupakan pemilik sesungguhnya. Dengan demikian, transaksi yang dilengkapi dengan kode tersebut dinyatakan sah. 

Bagaimana cara melakukan transaksi pembayaran melalui kartu kredit? Setelah memilih barang yang akan dibeli, pilih metode pembayaran yang akan digunakan. Jika memilih kartu kredit, masukkan data kartu kredit pada kolom pembayaran.

Pada tahap ini, masukkan kode CVV. Lalu, sistem akan mengirimkan kode khusus ke nomor ponsel. Lakukan verifikasi transaksi dengan kode baru tersebut. Proses pembayaran pun dinyatakan selesai.

Baca juga: Dibanding Apply Kartu Kredit, Lebih Baik Investasi Saja!

Tips Melindungi CVV

Masih ada orang yang ternyata belum mengetahui bahwa kode CVV adalah sangat rahasia pada sebuah kartu kredit. Meskipun fungsinya berbeda dengan PIN, kerahasiaannya tetap saja perlu dijaga. 

Apabila pihak lain telah mengantongi informasi kartu kredit sekaligus CVV, akan lebih mudah untuk mendapatkan kode otorisasi yang dikirimkan bank. Kamu pun akan lebih rentan mengalami penipuan online jika kode CVV sudah tidak rahasia. 

Nah, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk melindungi kerahasiaan kode CVV di kartu kredit maupun kartu debit. Berikut di antaranya:

  • Ingat kode CVV sehingga tidak perlu melihatnya setiap kali transaksi. Setelah itu, tutup kode CVV dengan selotip agar tidak bisa diketahui oleh orang lain. 
  • Jangan menyimpan kode CVV di catatan tertulis maupun di catatan ponsel karena hal ini memudahkan orang lain mendapatkannya.
  • Jika kamu melakukan transaksi offline, gunakan sistem keamanan ganda yaitu dengan PIN. 
  • Jangan menyimpan data termasuk kode CVV pada aplikasi yang tidak aman untuk menghindari pencurian data. 
  • Jangan mengisi formulir yang tidak jelas dan mewajibkan kamu untuk mengisi kode CVV di dalamnya. Kode ini tidak dibutuhkan jika kamu tidak melakukan transaksi pembelanjaan pada gerai yang bekerja sama dengan bank penyedia kartu.
  • Jika ada hal yang mencurigakan, misalnya pop up konfirmasi pembelanjaan, jangan ragu untuk melakukan pemblokiran guna mengamankan kartu kredit.
  • Jangan memberitahukan kode CVV kepada orang lain bahkan teman dan anggota keluarga karena rentan digunakan untuk kepentingan lain.
  • Cermati proses pembayaran di mesin EDC saat kasir menyelesaikan pembayaran. Amati dengan teliti supaya tidak ada celah untuk melakukan kecurangan.
  • Jangan menyimpan fotokopi kartu kredit yang dilengkapi dengan nomor kartu dan kode CVV. Dengan informasi tersebut, penipu bisa menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi.

Selain itu, jagalah kartu kredit agar tidak dilihat atau dipegang oleh orang lain. Dengan informasi CVV yang tercatat, akan lebih mudah bagi orang tersebut untuk mendapatkan keuntungan. Jadi, kode CVV adalah kode yang sangat penting dalam transaksi pembayaran menggunakan kartu kredit. Karena jumlah angka biasanya tidak terlalu banyak, alangkah baiknya jika kamu juga bisa mengingatnya. Semoga tips ini bermanfaat.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].