11 Contoh Aplikasi Fintech yang Paling Sering Digunakan

1
3974
Contoh Aplikasi FIntech

Financial technology atau disebut juga fintech menjadi salah satu bidang bisnis startup yang sedang tinggi peminatnya beberapa waktu belakangan ini. Bukan tanpa alasan, layanan finansial yang berbasis teknologi digital memang memberikan peluang bisnis yang menjanjikan. Belum lagi, pemerintah juga beranggapan kalau layanan yang dimiliki perusahaan fintech bisa membantu mendongkrak sektor ekonomi digital suatu negara. 

Contoh Aplikasi Fintech yang Paling Sering Digunakan

Siapa pun dapat memanfaatkan layanan finansial berbasis teknologi ini. Apalagi, layanan yang ditawarkan bisa membuat aktivitas finansial jadi lebih sederhana, mudah, dan praktis. Lantas, apa saja contoh aplikasi fintech yang paling banyak dipakai masyarakat? Berikut beberapa di antaranya:

Doku

Doku menjadi aplikasi fintech yang telah ada sejak 2007 silam. Melalui aplikasi ini, Anda tidak hanya dapat mengirim atau menerima tagihan, tetapi juga dapat memantau pengeluaran. Anggaran bisa dipisahkan jadi uang belanja dan tabungan, seperti deposito berjangka.

Go-Pay

Go-Pay dari Go-Jek tak hanya membuat Anda lebih mudah dalam membayar tarif transportasi daring. Anda juga dapat memakai layanan ini untuk membeli token listrik, pulsa, memesan makanan, tiket nonton film terbaru, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini banyak dipakai karena kerap memberikan promo menarik untuk setiap transaksi.

CekAja.com

CekAja.com adalah contoh aplikasi fintech lain yang bisa dikatakan populer dan banyak dipakai. Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk mengakses berbagai layanan finansial digital, terutama yang ada hubungannya dengan kredit kendaraan dan kredit kepemilikan rumah atau KPR. 

Bareksa.com

Ada pula bareksa.com yang memastikan kemudahan untuk semua penggunanya untuk dapat mengakses semua informasi lengkap mengenai saham, obligasi, reksadana, juga investasi dalam berbagai bentuk. Aplikasi ini juga sangat populer di kalangan investor.

KitaBisa.com

Merupakan aplikasi fintech yang berfokus pada pembiayaan. Melalui KitaBisa.com, Anda dapat menggalang dana untuk misi tertentu dan membantu semua pihak yang membutuhkan bantuan finansial. 

Baca juga: Apa Itu Crowdfunding? Bagaimana Cara Kerjanya?

Amartha

Contoh aplikasi fintech lainnya adalah Amartha yang turut berfokus pada kemudahan pendanaan untuk masyarakat sejak tahun 2010 lalu. Seringnya, aplikasi ini dipakai oleh pelaku bisnis kecil dan menengah yang memerlukan bantuan modal untuk mengembangkan usahanya.

T-Cash

Layanan fintech yang berasal dari Telkomsel satu ini memiliki banyak sekali manfaat. Anda dapat menggunakannya untuk membayar tagihan bulanan, berbelanja produk kebutuhan, beli pulsa atau paket internet, dan bertransaksi pada tempat yang telah menjalin kerja sama dengan T-Cash. Kini, T-Cash telah mengalami peremajaan dan menawarkan lebih banyak kemudahan finansial dengan nama LinkAja.

MidTrans

Semula, MidTrans memiliki nama Veritrans yang memberikan layanan setup payment gateway. Melalui layanan finansial satu ini, Anda akan lebih mudah saat melakukan transaksi pembayaran. MidTrans juga menjalin kerja sama dengan banyak lembaga perbankan besar di Indonesia. 

Cek Aja

Cek Aja menjadi aplikasi fintech yang banyak dimanfaatkan oleh pengguna untuk mendapatkan komparasi harga uang berkaitan dengan paket internet atau paket berlangganan televisi tanpa kabel. Namun, aplikasi ini juga menawarkan informasi lengkap yang berkaitan dengan keuangan, tak terkecuali produk asuransi, investasi, dan kredit. 

Dana

Dana juga menjadi contoh aplikasi fintech yang menawarkan banyak solusi pembayaran secara digital. Melalui aplikasi ini, Anda akan lebih mudah melakukan pembayaran untuk berbagai kebutuhan. Misalnya, membeli pulsa atau pake paket internet, listrik, membayar tagihan berlangganan, sampai pembayaran bulanan BPJS.

Akseleran

Akseleran merupakan aplikasi crowdfunding yang berfokus untuk pendanaan sektor UMKM. Tingkat bunga yang ditawarkan bisa dibilang cukup menarik karena disesuaikan dengan tingkat risiko pinjaman. Melalui platform ini, Anda dapat memilih pendanaan sesuai keinginan dengan melihat langsung informasi seperti agunan, tenor, bunga, dan lainnya.  

Di sini kamu dapat melakukan pemberian pinjaman kepada para UMKM untuk membantu pengembangan usaha tersebut. Akseleran juga memiliki proteksi asuransi 99% sehingga bagi para calon pemberi pinjaman tidak lagi khawatir untuk memberikan dana kepada para UMKM.

Demikian tadi beberapa contoh aplikasi fintech yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Secara sederhana, hadirnya berbagai aplikasi berbasis finansial teknologi ini memiliki tujuan yang sama, yaitu memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitas yang berhubungan dengan pembiayaan. Baik itu pendanaan maupun pembiayaan. Semoga bermanfaat. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

1 COMMENT

Comments are closed.