Cara Mudah Membedakan Emas Asli atau Palsu

1
36557
Ilustrasi Salah Satu Cara Mengecek Emas Asli atau Palsu dengan Cara Digigit, Sumber Foto: Pinterest

Investasi emas menjadi primadona bagi sebagian besar kalangan investor. Mengingat harga emas cenderung naik dari tahun ke tahun. Sehingga nilai kekayaan yang dimiliki oleh pemilik emas pun akan terus meningkat. Nilai emas yang cenderung meningkat pun dinilai mampu memberikan ‘jaminan’ kepada investor emas, artinya untuk menghindari risiko.

Jika tertarik untuk investasi emas atau bahkan sudah melakukannya, pastikan emas yang Sobat beli merupakan emas asli. Tetapi jika Sobat ragu, sebenarnya ada berbagai cara untuk membedakan emas asli atau palsu. Akseleran pun berhasil rangkum dari artikel terpercaya.

Berikut caranya!

1. Menggigit Emas
Cara sederhana ini ternyata sangat populer dilakukan setiap orang. Sebagai contoh, jika Sobat pernah melihat atlet yang memenangkan pertandingan lalu menggigit medali emasnya? Ternyata selebrasi itu dikabarkan sebagai cara mengecek keaslian emasnya. Menarik ya!

Mengingat emas adalah logam yang memiliki sifat unik. Semakin tinggi atau semakin murni emas, maka akan semakin lunak logam tersebut. Jika Sobat menggigit emas dan ada bekas gigitan yang tertinggal, maka kemungkinan besar emas itu adalah asli atau memiliki tingkat kemurnian yang tinggi.

Namun cara ini tidak bisa Anda pakai untuk emas perhiasan ya, sebab emas perhiasan biasanya sudah dicampur dengan logam lain seperti perak dan tembaga. Pencampuran emas dan logam lain dilakukan untuk mempertahankan tingkat ketahanan emas.

Oleh karena itu jika Sobat menggigit emas perhiasan atau emas palsu dengan campuran logam, tidak akan ada bekas apapun ketika digigit. Jadi jangan langsung khawatir kalau perhiasan emas Sobat palsu, coba cara lainnya.

2. Menggosok, Kemudian Lihat Warnanya
Untuk mengetahui emas asli bisa dicek dari kadar warnanya. Cobalah gosok-gosok permukaan emas menggunakan telapak tangan atau telunjuk. Jika setelah digosok warnanya jadi pudar dan tidak seragam, bisa dipastikan bahwa itu adalah emas palsu. Namun, bila tak ada perubahan warna dijamin itu berarti emas asli.

Baca Juga:
Plus Minus Investasi Emas
Harga Emas di Bawah Rp1 Juta, Pekan Depan?
Punya Uang Lebih, Pilih Ditabung atau Diinvestasikan?

3. Dekatkan ke Magnet
Magnet adalah salah satu metode tambahan yang bisa digunakan untuk mengukur, apakah emas tersebut asli atau palsu. Mengingat emas bukan logam magnetik maka jika didekatkan ke magnet, maka emas yang asli tidak akan menempel.

4. Goreskan Pada Keramik atau Kertas
Cara sederhana lainnya adalah dengan menggoreskan emas pada keramik atau kertas, jika emas digoreskan pada keramik atau kertas, emas asli tidak akan tergores sama sekali. Lain halnya dengan logam lain atau emas palsu, logam lain atau emas palsu akan meninggalkan goresan-goresan kecil atau warna kehitaman.

5. Periksa Sertifikat Emas
Sebelum membeli emas, pastikan memeriksa sertifikat emas tersebut. Caranya dengan meletakkan sertifikat emas tersebut di bawah sinar ultraviolet. Jika sertifikat tersebut asli, nantinya akan ada garis-garis minor warna warni seperti layaknya uang kertas dan blok berwarna hijau di setiap deskripsi detail sertifikat. Lalu pastikan juga terdapat logo watermark perusahaan pencetak sertifikat yang asli.

6. Uji Keaslian dengan Suara
Menjatuhkan atau mengetuk emas menggunakan koin menjadi cara alternatif lainnya. Bunyi emas asli akan membuat suara dering yang panjang dan bernada tinggi ketika beradu dengan logam lain. Sedangkan, emas imitasi atau logam lain suaranya akan jauh lebih pendek.

7. Gunakan Aplikasi CertiEye
Aplikasi CertiEye merupakan aplikasi cek emas asli milik Antam. Cara ini sebagai langkah untuk mendeteksi emas asli dengan teknologi CertiEye yang bisa berfungsi meningkatkan keamanan produk emas batangan Antam.

Penggunaannya cukup mudah yaitu, unduh aplikasi CertiEye lalu, lakukan pemindaian di barcode yang tertera di setiap produk emas batangan milik Sobat. Nantinya, akan ada hasil yang memberitahu bahwa emas milik kamu asli atau palsu.

Sobat, itulah cara mudah membedakan emas asli atau palsu. Pastikan tetap harus berhati-hati sebelum membeli emas.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.