Pengertian Biaya, Jenis dan Penggolongannya!

2
18106
Pengertian Biaya

Pengertian Biaya – Semua orang tentu memiliki banyak kebutuhan yang harus dipenuhi setiap harinya. Mulai dari biaya tagihan bulanan seperti biaya listrik, biaya telepon atau internet, biaya sekolah anak hingga biaya-biaya yang harus disediakan setiap bulannya. Namun, sebenarnya apakah kamu memahami arti dari biaya itu sendiri?

Karenanya untuk dapat mengelola keuangan atau finansial yang lebih baik tentunya harus benar-benar memahami definisi dari biaya itu sendiri selengkapnya kita akan bahas di bawah ini. 

Apa Itu Biaya?

Biaya adalah suatu pengorbanan yang harus dilakukan untuk melaksanakan suatu proses produksi yang dinyatakan dengan satuan uang sesuai harga pasar yang berlaku, baik yang sudah terjadi ataupun yang akan terjadi. Namun, beberapa lainnya juga mengatakan bahwa biaya adalah sebuah bentuk pengeluaran yang dilakukan oleh suatu pihak, baik itu individu maupun perusahaan untuk mendapatkan manfaat lebih dari tindakan tersebut.

Secara mudah dalam proses perdagangan atau sebuah transaksi, biaya merupakan sejumlah uang yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan atau perorangan untuk membuat produk atau jasa. Itu semua menyangkut hal yang memiliki nilai seperti biaya produksi, biaya perawatan dan sebagainya. Karena itu, biaya ini akan dijadikan pertimbangan dalam menentukan harga jual produk tersebut.

Jenis-Jenis Biaya

Pada jenis biaya ini sebenarnya terbagi menjadi 2 dimana jenis biaya berdasarkan tujuan pengambilan keputusan dan jenis biaya berdasarkan perilaku. Sekarang kita bahas terlebih dahulu berdasarkan tujuan pengambilan suatu keputusan yaitu:

  • Biaya Relevan (Relevant Cost)

Biaya relevan adalah suatu biaya yang terjadi hanya saat suatu alternatif tindakan tertentu, namun tidak terjadi pada alternatif tindakan lainnya. Biaya relevan akan mempengaruhi suatu pengambilan keputusan, karenanya biaya relevan harus dipertimbangkan dalam pembuatan suatu keputusan.

  • Biaya Tidak Relevan (Irrelevant Cost)

Sedangkan biaya tidak relevan merupakan suatu biaya yang tidak berbeda diantara alternatif tindakan yang ada. Biaya tidak relevan itu tidak akan mempengaruhi pengambilan suatu keputusan dan akan tetap sama jumlahnya walaupun tanpa memperhatikan alternatif lainnya yang dipilih. Karenanya, biaya tidak relevan tersebut tidak harus dipertimbangkan dalam suatu pengambilan keputusan.

Di atas adalah jenis biaya berdasarkan tujuan pengambilan keputusannya, jenis biaya lainnya adalah jenis biaya yang berdasarkan perilaku dimana dibagi menjadi tiga yaitu: 

  • Biaya Tetap (Fixed Cost)

Biaya tetap merupakan suatu biaya yang jumlah totalnya akan tetap konstan atau tidak berubah dan tidak akan dipengaruhi oleh perubahan volume suatu aktivitas atau kegiatan. Biaya tetap per unit tersebut berbanding terbalik dengan secara proporsional dengan suatu perubahan volume kegiatan atau kapasitas.

Semakin tinggi tingkat kegiatannya, maka akan semakin rendah biaya tetap per unitnya. Sebaliknya semakin rendah tingkat kegiatan atau aktivitasnya, maka akan semakin tinggi biaya tetap per unitnya.

  • Biaya Variabel (Variable Cost)

Biaya variabel merupakan biaya yang jumlah totalnya dapat berubah secara sebanding dengan perubahan volume kegiatan atau aktivitasnya. Semakin tinggi volume kegiatan atau aktivitasnya, maka secara sebanding akan semakin tinggi juga biaya variabelnya. Sebaliknya, apabila semakin rendah volume atau kegiatannya, maka secara sebanding akan semakin rendah juga biaya variabelnya.

  • Biaya Semi Variabel (Semi Variable cost atau  Mixed Cost)

Yang terakhir adalah Biaya Semi Variabel yang merupakan suatu biaya yang memiliki elemen biaya tetap, namun memiliki biaya variabel di dalamnya. Elemen biaya tetap ini merupakan jumlah biaya minimum untuk dapat menyediakan jasa sedangkan pada elemen biaya variabel adalah suatu bagian dari biaya semi variabel yang dipengaruhi oleh volume kegiatan. 

Biaya semi variabel jumlah totalnya berubah sesuai dengan perubahan pada volume kegiatan, namun tingkat perubahannya tidak sebanding. Semakin tinggi volume kegiatannya, maka akan semakin tinggi jumlah biaya variabelnya dan sebaliknya.

Baca juga: Sudah Tahu Apa Bedanya Cost dan Expense?

Penggolongan Biaya

Ada jenis ada juga penggolongan pada biaya. Seperti yang perlu kamu ketahui bahwa penggolongan biaya ini ditentukan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Karenanya, biaya dapat digolongkan menjadi 5 yaitu:

  • Objek pengeluaran
  • Fungsi pokok dalam perusahaan
  • Hubungan biaya dengan sesuatu yang dibiayai
  • Perilaku biaya dalam hubungannya dengan perubahan volume kegiatan
  • Jangka waktu dan manfaat

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui terkait apa itu biaya, jenis biaya serta penggolongan dari biaya. Dengan mengetahui ini, setidaknya kamu akan memahami setiap proses transaksi yang mengeluarkan biaya sehingga dapat terhindar dari kerugian yang dapat dialami.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

2 COMMENTS

Comments are closed.