7 Tahapan Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda

0
470
Kebebasan Finansial

Semua orang pasti mendambakan kebebasan finansial. Kebebasan finansial atau financial freedom adalah situasi yang diimpikan banyak orang. Ketika kamu berhasil meraihnya, kamu tidak perlu pusing memikirkan kondisi ekonomi. Artinya, kamu punya cukup uang untuk memenuhi semua kebutuhanmu.

Tapi, bagaimana cara meraih kebebasan finansial, terutama di usia yang masih muda. Simak beberapa langkah yang bisa kamu ambil berikut ini!

Pahami Kondisi Keuanganmu Saat Ini

Langkah pertama untuk mencapai kebebasan finansial adalah memahami kondisi keuangan saat ini. Pastikan bahwa kamu bisa memenuhi semua kebutuhanmu dengan baik saat ini. Jika ternyata pemasukanmu masih sedikit bahkan kurang, penting untuk melakukan evaluasi tentang apa yag sebaiknya kamu ubah.

Kamu mungkin perlu membuat pos tabungan yang lebih banyak. Mungkin saja kamu perlu mencari pekerjaan tambahan atau mengubah gaya hidup. Lakukan evaluasi dengan saksama agar hasilnya optimal.

Buat Rencana Keuangan

Kalau kamu merasa penghasilanmu cukup tapi kamu tidak tahu ke mana saja uangmu pergi setiap bulannya, artinya kamu tidak punya rencana keuangan atau budgeting yang baik. Kamu tidak akan bisa mencapai kemerdekaan finansial kalau kamu tidak tahu bagaimana cara mengatur keuanganmu.

Buat alokasi pengeluaran dan pemasukan yang detail. Dengan budgeting atau penganggaran, kamu bisa menjaga rencana keuanganmu tetap pada jalur. Meskipun nantinya kamu sudah berhasil mencapai kemerdekaan finansial, budgeting tetap akan dibutuhkan. Dengan begitu, kamu bisa mengalokasikan uangmu dengan bijak sesuai kebutuhan.

Bijak dengan Pilihan Karier yang Kamu Jalani

Salah satu sumber terbesar dari kekayaanmu adalah penghasilanmu. Jadi pastikan kamu memilih karier dengan bijak. Ada banyak orang di luar sana yang terjebak dengan karier yang itu-itu saja. Tidak bisa berkembang, apalagi menghasilkan kenaikan gaji. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menentukan pilihan karier:

  • Apa yang kamu inginkan dalam 10 tahun ke depan? Dengan pekerjaan yang kamu miliki sekarang, mungkinkah kamu bisa mencapainya?
  • Apakah ada kemungkinan penghasilanmu bertambah? Apakah value-mu akan meningkat?
  • Bisakah kamu tumbuh baik secara personal maupun secara profesional dengan pekerjaan yang kamu jalani saat ini?
  • Apakah kamu menikmati pekerjaan yang kamu jalani? Jangan sampai kamu menghabiskan hidup melakukan sesuatu yang tidak kamu suka
  • Apakah benefit dari pekerjaanmu sekarang bisa mendukung rencanamu untuk merdeka secara finansial?

Jika jawabannya “ya”, artinya kamu memang sudah berada pada pilihan karier yang tepat.

Lunasi Utangmu

Cara paling signifikan yang bisa kamu lakukan untuk mencapai kemerdekaan finansial adalah dengan keluar dari lingkaran utang. Karena itu, pastikan kamu sudah menyusun rencana yang tepat untuk memprioritaskan pelunasan utang. Caranya bisa dengan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dan menambah pemasukan. Dengan begitu, kebebasan finansial yang kamu impikan bisa segera terwujud.

Baca juga: Utang Adalah: Ciri-Ciri, Jenis dan Pengertiannya!

Miliki Dana Darurat dan Dana Pensiun

Dua komponen keuangan yang penting untuk dimiliki jika kamu ingin merdeka secara finansial adalah dana darurat dan dana pensiun. Dana darurat akan menjadi tumpuanmu ketika suatu saat kamu menghadapi situasi tak terduga yang kurang menguntungkan. Misalnya saja kehilangan pekerjaan atau mengalami kerugian dalam bisnis.

Di sisi lain, dana pensiun adalah bentuk persiapan yang kamu lakukan untuk menyambut hari tua. Kamu tentu tidak ingin pensiun dalam keadaan tidak punya uang dan tidak punya sumber pemasukan lain, bukan?

Jadikan Kesehatan Sebagai Prioritas

Lebih dari harta, kesehatan adalah hal yang sangat penting. Tidak peduli seberapa banyak uang yang kamu kumpulkan, kalau kamu tidak sehat maka uang itu tidak akan ada artinya bahkan bisa habis seketika.

Mulailah dengan memprioritaskan kesehatan lewat pola hidup sehat. Jangan lupa siapkan asuransi kesehatan untuk berjaga-jaga seandainya kamu jatuh sakit dan butuh biaya perawatan yang besar.

Menabung dan Berinvestasi

Langkah terakhir yang wajib kamu lakukan untuk mencapai kemerdekaan finansial adalah dengan memiliki tabungan dan investasi. Kamu bisa menabung di bank atau berinvestasi dengan menggunakan berbagai instrumen.Salah satu pilihan instrumen yang bisa kamu pilih untuk mendukung rencanamu agar bisa meraih kebebasan finansial adalah dengan menjadi pendana di peer-to-peer lending Akseleran. Bagaimana caranya? Simak informasi lengkapnya di sini!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].