Sertifikat Vaksin : Fungsi, Cara Mendapatkan hingga Tanda dari Setiap Warnanya

0
106
Cara Melihat Sertifikat Vaksin

“Bagaimana cara melihat sertifikat vaksin?” dan “Apa fungsi dari sertifikat vaksin corona?”. Hal tersebut cukup sering ditanyakan masyarakat karena sertifikat vaksin Covid-19 sekarang telah menjadi syarat utama yang dipakai untuk dapat mengakses beberapa fasilitas publik. Jadi, agar Anda tahu bagaimana cara mendapatkan dan mengeceknya, serta apa saja fungsi atau tanda dari setiap warna yang muncul di aplikasi PeduliLindungi, yuk simak penjelasan berikut ini!

Cara Melihat Sertifikat Vaksin Covid-19

Untuk mendapatkan sertifikat vaksin, Anda tentunya harus mengikuti proses vaksinasi corona terlebih dahulu. Datangi fasilitas kesehatan terdekat untuk mencari tahu informasi seputar jadwal dan lokasi vaksinasi Covid-19. Bila sudah divaksin, barulah Anda bisa mengecek dan mengunduh sertifikat vaksin melalui aplikasi atau website resmi PeduliLindungi.

Pertama, inilah cara melihat sertifikat vaksin corona serta bagaimana mengunduhnya via aplikasi PeduliLindungi.

  1. Masuk ke aplikasi Play Store atau App Store di ponsel Anda.
  2. Lalu unduh aplikasi PeduliLindungi.
  3. Jika sudah terinstal di ponsel, login dengan menuliskan nomor handphone dan nama lengkap sesuai KTP.
  4. Setelah keluar pemberitahuan soal cek kode OTP. Buka inbox SMS dan cek pesan yang melampirkan 6 digit kode OTP.
  5. Masukkan kode OTP dan mulai lengkapi kolom identitas diri. 
  6. Kemudian, tap pada tulisan Sertifikat Vaksin. Tidak lama setelahnya, sertifikat vaksin Anda akan muncul.
  7. Jika ingin mengunduhnya, pilih opsi unduh sertifikat vaksin.
  8. Selesai. Sertifikat vaksin Covid-19 telah tersimpan di galeri ponsel Anda.

Selanjutnya, ikuti cara melihat sertifikat vaksin serta bagaimana mengunduhnya lewat situs web resmi PeduliLindungi.

  1. Pertama, kunjungi situs web pedulilindungi.id.
  2. Lalu pilih registrasi vaksin dan lanjutkan dengan login sekarang.
  3. Lengkapi data diri dengan memasukkan nomor ponsel dan NIK Anda.
  4. Kemudian cek SMS terbaru di inbox Anda, yang berisi 6 digit kode OTP.
  5. Setelah itu, tepat di pojok kanan atas, klik pada menu Nama Akun.
  6. Berikutnya, pilih opsi Sertifikat Vaksin > Nama. Jika sertifikat vaksin sudah muncul di layar, Anda bisa mengeklik Unduh untuk menyimpannya di komputer. 

Fungsi Sertifikat Vaksin Covid-19

Selain mengetahui cara melihat sertifikat vaksin Covid-19, mengetahui fungsinya juga tidak kalah penting. Nah, berikut adalah beberapa fungsi utama dari memiliki sertifikat vaksin corona.

  • Menjadi syarat utama untuk bisa melakukan perjalanan dengan moda transportasi umum seperti kereta api, bus, dan pesawat.
  • Merupakan syarat utama untuk bisa masuk ke kawasan mal dan pusat perbelanjaan.
  • Dipakai sebagai syarat untuk bisa menjadi penyelenggara acara resepsi pernikahan. Menurut SK Kadisparekraf DKI Jakarta yang terbaru, seluruh petugas/keluarga yang menjalankan pagelaran resepsi pernikahan harus memiliki sertifikat vaksin.
  • Digunakan sebagai syarat untuk bisa mengakses beberapa resto atau kafe.
  • Beberapa salon dan babershop juga mewajibkan pengunjung untuk menunjukkan sertifikat vaksin jika ingin mengakses layanan mereka.
  • Dengan memiliki sertifikat vaksin, masyarakat bisa masuk ke beberapa kawasan pasar yang memberlakukan protokol kesehatan ketat. 

Baca juga: 6 Jenis Serta Harga Vaksin Covid yang Perlu Kamu Ketahui!

Mengenali Tanda dari Setiap Warna yang Muncul di Aplikasi PeduliLindungi

Setelah mengetahui fungsi dari memiliki sertifikat vaksin, yuk kenali apa arti dari setiap warna yang ada di aplikasi PeduliLindungi.

  • Hitam

Saat memindai barcode dan kemudian muncul warna hitam di aplikasi PeduliLindungi, maka orang tersebut terindikasi melakukan kontak erat dengan penderita corona atau telah dinyatakan terinfikasi. 

  • Merah

Warna merah menunjukkan bahwa orang tersebut belum melakukan vaksinasi Covid-19. Untuk itu, mereka pun belum boleh melakukan aktivitas di fasilitas umum atau melakukan perjalanan dengan pesawat dan kereta api. 

  • Kuning atau Oranye

Jika muncul warna ini pada aplikasi PeduliLindungi, itu berarti orang tersebut sempat terkena corona dan belum bisa vaksin karena harus menunggu selama tiga bulan. Makna lainnya adalah warna tersebut menunjukkan orang yang baru menerima dosis pertama vaksin Covid-19.

  • Hijau

Hijau tentunya adalah warna indikator yang paling bagus. Hal ini karena hijau menunjukkan bahwa Anda sudah menerima vaksin dosis lengkap. Dengan begitu, Anda dianggap aman untuk mengakses ruang publik atau moda transportasi umum apa pun. 

Demikian cara melihat sertifikat vaksin covid, bagaimana mengunduhnya, fungsi, serta arti dari setiap warna yang muncul di aplikasi PeduliLindungi. Pun, selalu update berita tentang aturan terbaru pemerintah soal penggunaan sertifikat vaksin agar Anda tetap bisa beraktivitas secara nyaman.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]