4 Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

3
240
Cara cek tagihan BPJS Kesehatan

Program jaminan kesehatan dari BPJS kini sangat populer di masyarakat. Menurut data yang dilansir BPJS Kesehatan, 82,3 persen dari total penduduk Indonesia telah terdaftar sebagai pemegang Kartu Indonesia Sehat per akhir Maret 2021. Namun, untuk bisa memanfaatkan layanan BPJS Kesehatan, pengguna tentunya harus tertib membayar iuran setiap bulan. Maka dari itu, ikuti cara cek tagihan BPJS Kesehatan berikut ini agar tahu berapa jumlah iuran yang perlu dibayarkan.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Via Situs Resmi BPJS

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan yang paling umum dilakukan adalah dengan mengakses website resmi BPJS. Untuk itu, yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini!

  • Pertama, kunjungi situs web BPJS. Anda bisa membukanya lewat browser di PC atau ponsel.
  • Setelah itu, cari dan pilih opsi Cek Iuran. 
  • Lalu lengkapi semua data yang diminta, seperti tanggal lahir dan nomor kartu BPJS Kesehatan. 
  • Kemudian masukkan kode keamanan yang tersedia.
  • Klik Cek untuk mengetahui berapa jumlah tagihan Anda.
  • Setelah beberapa saat, data tagihan Anda akan muncul pada layar. Selain menampilkan jumlah iuran yang harus dibayar, data tagihan biasanya juga berisi informasi denda bagi pengguna yang telat membayar. 

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Via Aplikasi JKN Mobile

Selain melalui situs web resmi BPJS, Anda bisa mengecek tagihan lewat aplikasi JKN Mobile. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi Play Store atau App Store Anda. Lalu cari aplikasi JKN Mobile dan unduh.
  • Setelah sukses menginstalnya pada ponsel, buka dan masukkan nomor BPJS Kesehatan Anda.
  • Kemudian, cari menu Cek Tagihan dan lanjutkan dengan memilih menu premi. Jumlah tagihan akan muncul di layar dan Anda pun bisa mengetahui berapa iuran yang harus segera dibayarkan.

Tidak hanya untuk mengecek tagihan BPJS Kesehatan, ada berbagai fitur menarik di aplikasi JKN Mobile yang bisa Anda manfaatkan. Sebagai contoh, Anda bisa mengakses fitur konsultasi kesehatan online untuk menanyakan seputar masalah medis yang sedang diderita. Tersedia pula fitur penggantian lokasi faskes atau kelas BPJS. 

Baca juga: 3 Tahapan Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Via SMS

Anda juga bisa mengecek tagihan BPJS lewat SMS. Caranya cukup mudah dan cocok diterapkan saat Anda tidak sedang memiliki akses ke internet. Pertama, ketik pesan dengan format berikut: NIK spasi nomor NIK Anda. Lalu kirim pesan ke nomor SMS Center BPJS Kesehatan, 0877-7550-0400. 

Selain cara di atas, Anda juga bisa mengirim pesan dengan format: NOKA spasi nomor BPJS Anda. Setelah itu, kirim ke layanan SMS Center BPJS. Anda pun akan menerima SMS balasan yang berisi data tagihan BPJS Kesehatan. 

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Via Mobile Banking

Manfaatkan juga kemudahan cek tagihan BPJS lewat aplikasi mobile banking. Sebagai contoh, jika Anda pengguna aplikasi BCA Mobile, ikuti cara berikut untuk mengetahui jumlah tagihan BPJS!

  • Buka aplikasi BCA Mobile di ponsel Anda. Lalu pilih menu M-Payment.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan memilih opsi BPJS > BPJS Kesehatan.
  • Setelah itu, pilih menu Input No. Bayar.
  • Kemudian, lengkapi nomor JKN KIS Anda dan selesaikan dengan pilih OK. 
  • Terakhir, pilih Send dan lihat berapa tagihan BPJS Kesehatan Anda.

Jika Anda menggunakan aplikasi mobile banking dari bank lain, caranya tentu tidak jauh berbeda. 

Cara Mudah Bayar Tagihan BPJS Kesehatan 

Opsi pembayaran tagihan BPJS Kesehatan terbilang variatif. Anda bisa membayarnya melalui ATM atau aplikasi mobile banking yang terinstal di ponsel. Peserta juga dapat membayar tagihan BPJS lewat Kantor Pos. Saat datang ke Kantor Pos, cukup tunjukkan kartu BPJS Anda dan petugas akan membantu menyelesaikan pembayaran tersebut. 

Cara lain yang tidak kalah populer adalah pembayaran tagihan BPJS Kesehatan melalui minimarket. Kunjungi minimarket terdekat di lokasi rumah Anda yang bekerja sama dengan layanan BPJS Kesehatan. Kemudian tunjukkan kartu BPJS Anda kepada petugas minimarket tersebut dan selesaikan pembayaran. Biasanya, ada biaya admin untuk pembayaran tagihan BPJS Kesehatan di minimarket dengan besaran sekitar Rp2.500 per transaksi. 

Demikian cara cek tagihan BPJS Kesehatan yang bisa Anda coba. Dengan rutin cek jumlah tagihan, Anda tentunya bisa menghindari beban denda yang disebabkan oleh keterlambatan pembayaran.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

3 COMMENTS

Comments are closed.