5 Cara Mudah Cek BPOM Agar Bisa Membedakan Mana Asli atau Palsu!

0
1145
Cek BPOM

Dalam sebuah produk makanan, ada berbagai bahan yang terkandung di dalamnya. Begitu pula pada obat, jamu, kosmetik, serta aneka produk lain yang digunakan oleh manusia dalam keseharian.

Supaya tidak berdampak terhadap kesehatan, bahan yang digunakan untuk meracik produk harus bebas dari zat yang berbahaya. Hal ini bisa dipastikan dengan melakukan cek BPOM terhadap produk tersebut.

Peran BPOM yang Vital

BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) adalah lembaga yang bertugas mengawasi peredaran obat dan makanan di tengah masyarakat. BPOM mengeluarkan izin dan sertifikat untuk produk yang layak edar dan aman.

Tugas BPOM lainnya adalah melakukan penyelidikan terhadap produk obat dan makanan yang telah beredar. Apabila ada yang melanggar persyaratan dan ketentuan yang berlaku, BPOM berhak memberikan sanksi administratif.

Nah, masyarakat bisa berinisiatif untuk cek BPOM sebelum membeli sebuah produk obat dan makanan agar terhindar dari masalah kesehatan. Apabila menemukan produk yang tidak terdaftar, jangan dibeli atau dikonsumsi.

Setelah cek BPOM produk, kamu akan menemukan berbagai informasi, mulai dari kandungan bahan hingga ciri-ciri kemasan. Dengan demikian, kamu sebagai pengguna bisa lebih waspada dengan produk yang palsu.

Cara Cek BPOM 

Bagi kamu yang ingin mengecek izin peredaran produk obat dan makanan dari BPOM lewat ponsel, ada dua cara yang bisa dilakukan. Cara tersebut yaitu melalui website atau melalui aplikasi. Jika kamu ingin mengecek kelayakan peredaran produk obat dan makanan di BPOM, ketahui lebih dahulu informasi produk. Informasi tersebut dapat berupa nomor registrasi atau nama produk. Kamu juga bisa mengecek izin BPOM dari suatu merek atau nama pendaftar. 

Jadi, hanya dengan mengantongi informasi sederhana tersebut, kamu berkesempatan mengetahui kelayakan konsumsi suatu produk secara mudah dan langsung. Berikut langkah-langkahnya:

1. Gunakan Website atau Aplikasi

Langkah selanjutnya adalah membuka website https://cekbpom.pom.go.id/. Website ini merupakan laman resmi dari BPOM yang bisa diakses langsung oleh masyarakat. Tujuannya untuk memberi kemudahan dalam pengecekan tanpa harus melewati prosedur yang panjang.

Kamu juga dapat melakukan cek BPOM melalui aplikasi yang dapat diunduh dari Google Play. Dengan aplikasi, proses pengecekan biasanya lebih mudah dan cepat.

Baca juga: 4 Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

2. Masukkan Informasi Produk

Kemudian, masukkan informasi produk pada kolom yang tersedia. Sebelumnya, pilih bagian yang akan dicari berdasarkan informasi yang dimiliki, misalnya nomor registrasi, nama produk, merek, dan sebagainya. Pastikan kamu memasukkan nama atau angka dengan tepat. Pada aplikasi, langkahnya pun sama.

3. Cermati Hasil yang Ditampilkan

Setelah itu, pada halaman pencarian akan muncul informasi mengenai produk yang sedang dicari. Kamu bisa mengeklik salah satu poin dan informasi lengkap akan muncul di bawahnya, mulai dari tanggal terbit, siapa yang menerbitkan, dan bentuk kemasan.

4. Cek Produk Dibatalkan

Pada halaman pengecekan juga ada informasi mengenai produk-produk yang dibatalkan. Produk tersebut tidak diakui lagi karena adanya pengkajian terhadap komponen di dalam obat atau makanan. Ada pula yang izinnya dibatalkan karena ketidaksesuaian informasi pada label.

Mengetahui jenis produk yang beredar di pasar, tetapi izin edarnya telah dibatalkan, merupakan informasi penting. Kamu pun bisa lebih berhati-hati saat memilih obat dan makanan.

5. Cek Produk BPOM Online di Aplikasi Cek BPOM

Selain menggunakan situs atau website resmi, Anda juga dapat memeriksa keaslian produk secara online melalui aplikasi Cek BPOM yang dapat diunduh melalui App Store dan Play Store. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan instal aplikasi Cek BPOM di ponsel Anda.
  2. Buka aplikasi Cek BPOM setelah instalasi selesai.
  3. Di layar utama, Anda akan menemukan beberapa opsi pencarian yang sesuai dengan kebutuhan, seperti nomor registrasi, nama produk/nama dagang, atau nama produsen/importir.
  4. Ketik kata kunci pencarian di kolom pencarian yang telah disediakan.
  5. Setelah berhasil, aplikasi akan menampilkan detail lengkap mengenai produk, termasuk Nomor registrasi, Nama produk, Pendaftar, dan Tempat produk dibuat.

Dengan menggunakan aplikasi Cek BPOM ini, Anda dapat memastikan keaslian dan keamanan produk yang ingin Anda beli atau konsumsi. Pastikan selalu memverifikasi produk BPOM sebelum digunakan demi kesehatan dan keamanan Anda.

Kesimpulan

Salah satu alasan untuk rajin cek BPOM produk yang dijual di pasaran adalah untuk mengenali produk palsu. Informasi ini berguna untuk mengenali perbedaan antara produk yang asli atau palsu.

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan saat ada produk meragukan, yaitu tidak memiliki nomor registrasi produk, kualitas cetakan kemasan terlihat pudar sehingga label tidak terbaca, nama produsen tidak sesuai dengan yang seharusnya, dan sebagainya.

Jika kamu menemukan produk yang tidak terdaftar di BPOM atau curiga dengan keaslian produk tertentu, kamu bisa melaporkan hal itu di https://ulpk.pom.go.id/, Klik menu Form Pengaduan, masukkan informasi yang diminta, lalu kirim.

Jadi, inilah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengecek kelayakan peredaran produk obat dan makanan. Kini kamu bisa lebih tenang mengonsumsi produk yang telah tercantum karena proses produksi maupun bahan-bahan di dalamnya telah sesuai dengan standar kesehatan.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Akseleran memberikan kesempatan untuk kamu yang ingin membantu mengembangkan bisnis kecil dan menengah di Indonesia. Dapatkan keuntungan dari suku bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan serta perlindungan proteksi asuransi 99% terhadap pinjaman. Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar dan mulailah pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Selain itu, kamu juga bisa melihat info Akseleran sebagai grup usaha di halaman Grup Akseleran.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].