6 Jenis Serta Harga Vaksin Covid yang Perlu Kamu Ketahui!

0
191
Harga Vaksin Covid

Seperti yang kita ketahui belakangan ini pemerintah sedang gencar melaksanakan vaksinasi secara bertahap, harapannya dengan melakukan vaksinasi secara nasional Indonesia dapat mencapai Herd Immunity atau kekebalan kelompok. Tetapi, mungkin masih banyak yang belum memahami apa itu vaksin, kenapa kita harus vaksin dan fungsi dari vaksin, ketersediaan vaksin, cara mendapatkan vaksin hingga harga vaksin covid itu sendiri.

Di bawah ini kita akan membahas selengkapnya segala informasi yang kamu butuhkan terkait vaksin!

Apa Itu Vaksin Covid-19?

Vaksin merupakan produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme atau bagiannya atau zat yang dihasilkannya yang telah diolah sedemikian rupa sehingga aman, yang jika diberikan kepada seseorang tentu akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu.

Vaksinasi ini proses di dalam tubuh sehingga saat seseorang menjadi kebal atau dapat lebih terlindungi dari suatu penyakit. Apabila suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut, maka secara orang tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan.

Yang perlu diingat adalah bahwa vaksin bukanlah obat, vaksin mendorong pembentukan kekebalan spesifik tubuh agar terhindar dari tertularnya virus ataupun kemungkinan sakit berat. Selama belum ada obat khusus untuk Covid-19, maka vaksin Covid-19 ini aman dan efektif serta perilaku 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas) merupakan upaya perlindungan yang bisa kita lakukan agar terhindar dari Covid-19.

Lalu, Kenapa Sih Kita Harus Ikut Vaksin?

Ingat! Vaksin akan merangsang pembentukan kekebalan terhadap penyakit tertentu pada tubuh seseorang sehingga setelah divaksin, tubuh akan mengingat virus atau bakteri pembawa penyakit, mengenali dan akhirnya tahu cara melawannya.

Vaksin memang akan memiliki efek samping, secara umum juga efek samping yang ditimbulkan beragam dari mulai dari yang ringan hingga yang berat bergantung pada kondisi tubuh seseorang. 

Untuk efek samping yang ringan biasanya seperti demam, nyeri otot hingga ruam pada bekas suntikan. Vaksinasi tidak hanya bertujuan untuk memutus penyebaran virus corona, namun dalam jangka panjang juga dapat mengeliminasi hingga membasmi penyakit itu sendiri. Karenanya, jika seseorang tidak menjalani vaksinasi, maka ia tidak akan memiliki kekebalan spesifik terhadap suatu penyakit.

Untuk kamu yang sudah mulai tertarik untuk mengikuti vaksin baik secara bersama maupun secara mandiri.

Daftar Harga Vaksin Covid-19

Sesuai ketetapan dari pemerintah mengenai jenis vaksin covid-19 Kementerian Kesehatan menerbitkan enam jenis vaksin yaitu Sinovac, Moderna, Pfizer, AstraZeneca, Novavax dan Sinopharm. Vaksin tersebut ditawarkan sesuai dengan keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/12758/2020 tentang penetapan jenis vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi covid-19.

Berikut selengkapnya mengenai harga vaksin covid yang telah ditetapkan kemenkes di Indonesia melalui :

  • Vaksin AstraZeneca

Vaksin yang satu ini ditetapkan oleh pemerintah sebesar Rp110.000 dengan dosis 0,5 ml dengan usia penerima mulai dari 18-84 tahun. Sedangkan, jangka waktu vaksinasi pertama dan kedua mencapai 8 hingga 12 minggu dengan tingkat efikasi 63,9% (WHO)

Efek samping: Nyeri, demam, lelah, tubuh menggigil, mual, muntah hingga bengkak kemerahan di area bekas suntikan.

  • Vaksin Novavax

Untuk vaksin Novavax ini memiliki harga sebesar Rp150.000 untuk usia penerima vaksin ini mulai dari 18-84 tahun dengan dosis mencapai 0,5 ml dengan jarak vaksinasi kedua selama 21 hari atau 3 minggu. Tingkat efikasi dari Novavax ini 90% (uji klinis).

Efek samping: Nyeri, lelah, sakit kepala, nyeri otot, mual, muntah dan bengkak kemerahan di area bekas suntikan.

  • Vaksin Sinovac

Sinovac adalah salah satu vaksin pertama yang masuk Indonesia dan pemerintah juga sudah menetapkan harga vaksin covid jenis ini Rp240.000 dimana diberikan kepada warga Indonesia 18-59 tahun dengan dosis mencapai 0,5 ml dengan jarak vaksinasi pertama ke kedua yaitu 14 hari. Sinovac memiliki efikasi 65,3% (uji klinis Indonesia).

Efek samping: Nyeri, demam, sakit kepala, lelah, nyeri otot, mual, muntah hingga bengkak kemerahan di area bekas suntikan.

  • Vaksin Pfizer

Pemerintah telah menetapkan harga Pfizer sebesar Rp350.000 dengan dosis sebanyak 0,3 ml dan ditujukan untuk warga Indonesia yang berusia 18-59 tahun dengan jarak vaksinasi yang kedua mulai dari 3 hingga 4 minggu. Tingkat efikasi dari Pfizer yaitu 95% (uji klinis).

Efek samping: Nyeri, lelah, sakit kepala, tubuh menggigil dan bengkak kemerahan di area bekas suntikan.

Baca juga: Perhatikan Ini Sebelum dan Sesudah Menerima Vaksin Covid-19

  • Vaksin Moderna

Harga vaksin Moderna yang ditetapkan oleh pemerintah ini sebesar Rp505.000 dan dilakukan untuk warga Indonesia yang berusia 18-55 tahun dengan 2 kali injeksi masing-masing 0,5 ml jarak 28 hari atau 4 minggu. Efikasi dari Moderna sendiri 94,1% (uji klinis).

Efek samping: Nyeri, lelah, sakit kepala, tubuh menggigil dan bengkak kemerahan di area bekas suntikan.

  • Vaksin Sinopharm

Yang terakhir Sinopharm dengan harga yang ditetapkan sebesar Rp880.000. Usia dari penerima vaksin ini juga menjangkau lebih jauh yaitu 12 hingga 59 tahun dengan dosis 0,5 ml dan dilakukan 2 kali injeksi yang berjarak 21 hingga 28 hari. Tingkat efikasi dari Sinopharm 79% (WHO).

Efek samping: Sinopharm jarang sekali menyebabkan efek samping terhadap penerimanya. Jika ada pun efeknya ringan seperti sakit kepala, nyeri otot dan batuk.

Harga vaksin covid di atas mungkin belum sepenuhnya valid karena banyak sumber yang menyatakan harga yang berbeda-beda, namun harga di atas merupakan harga perkiraan yang kurang lebih sama untuk vaksin berbayar secara mandiri.

Vaksin Berbayar Kimia Farma

Seperti yang kita ketahui juga PT Kimia Farma (Persero) Tbk rencananya menyediakan vaksin berbayar bagi warga yang ingin melakukan vaksin berbayar secara mandiri. Melalui PLT Direktur Utama Kimia Farma Diagnostika, Agus Chandra mengatakan pihaknya akan membuka 8 titik penjualan vaksin berbayar melalui jaringan klinik perusahaan di Jakarta, Bandung, Solo, Semarang, Surabaya dan Bali.

Sesuai dengan rencana harusnya vaksin berbayar kimia farma atau vaksin mandiri secara bayar ini akan mulai dilaksanakan tanggal 12 Juli 2021. Namun, karena satu dan lain hal akhirnya Kimia Farma menunda program vaksin berbayar ini.

Tapi tenang untuk warga dan masyarakat yang ingin mengikuti vaksin banyak opsi lain untuk mendapatkan vaksin, karena pemerintah terus melakukan serta menyediakan program vaksin secara gratis.

Jadi, sekarang kamu sudah vaksin atau belum? Ingat dengan mengikuti vaksin artinya kamu dapat menjaga serta melindungi diri hingga orang disekitar kamu karena itu mencegah lebih baik dibandingkan mengobati.

Yuk Persiapkan Masa Depan dari Sekarang Untuk Menikmati Hasilnya di Masa Depan Melalui Akseleran!

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan masa depan serta membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

https://corona.jakarta.go.id/id/vaksinasi
https://ekbis.sindonews.com/read/479790/34/dipilih-dipilih-inilah-daftar-harga-vaksin-covid-19-sesuai-isi-kantong-1625983664?showpage=all