Daftar Hingga Cara Jualan di Blibli untuk Pemula!

1
1756
Cara Jualan di Blibli

2Berbicara tentang jualan online di marketplace, kita tentu tidak bisa melupakan Blibli dari daftar marketplace top tanah air. Beroperasi di bawah PT Global Digital Niaga, Blibli merupakan anak perusahaan dari PT Djarum dan sudah mulai beroperasi pada tahun 2011. 

Meskipun berstatus sebagai marketplace asli dalam negeri, jumlah pengguna Blibli tidak kalah dengan e-commerce luar. Pada tahun 2019, Blibli tercatat memiliki lebih dari 20 juta pengguna aktif bulnan yang terus bertambah sampai saat ini. Dengan peluang yang besar, banyak orang mulai mencari tahu tentang cara jualan di Blibli.

Untuk Anda yang ingin mencoba peruntungan memasarkan produk di marketplace ini, ada beberapa cara jualan di Blibli yang bisa Anda ikuti. Simak langkah-langkahnya berikut ini!

  • Daftarkan Diri

Cara jualan di Blibli yang pertama harus Anda lakukan adalah dengan membuat akun. Siapkan beberapa data termasuk nama, alamat email yang masih aktif, nomor ponsel dan nama toko yang akan didaftarkan.

Jika Anda mendaftarkan diri sebagai perorangan, Anda bisa menggunakan nomor pribadi. Tapi jika yang akan mendaftar adalah perusahaan, gunakan nomor penanggung jawab. Setelah semua data lengkap, kunjungi halaman pendaftaran di https://www.blibli.com/.

Pada bagian kanan atas halaman, klik di bagian “Jual di Blibli”. Anda akan diarahkan ke laman baru kemudian klik “Daftar Sebagai Seller”. Isi semua informasi yang diminta di setiap kolomnya kemudian klik “Daftar”.

  • Lengkapi Informasi dan Unggah Produk

Setelah proses pendaftaran selesai, lakukan 3 langkah onboarding seller baru yakni:

  • Lengkapi data terkait toko dan warehouse
  • Tambahkan informasi legal dan pembayaran. Ada beberapa dokumen yang perlu diunggah. Untuk pendaftar perorangan, siapkan KTP, NPWP dan nomor rekening sesuai dengan nama pendaftar. Jika pendaftar adalah perusahaan atau corporate, sertakan KTP direksi, akta pendirian usaha, SK Menkeh, surat domisili, SIUP, TDP, NPWP perusahaan dan akta perubahan.

Pastikan semua bagian di atas Anda lengkapi karena jika tidak, pesanan dari pembeli tidak akan masuk ke akun Anda. Setelah langkah-langah di atas selesai, Anda sudah bisa mengunggah barang dagangan Anda lewat Blibli Seller Center. Untuk memajang produk di etalase, Anda bisa melakukannya satu per satu atau dengan sistem bulk (dalam jumlah banyak sekaligus). Penambahan produk ke etalase dapat dengan mudah dilakukan lewat aplikasi Blibli Seller App yang bisa di-download di Google Playstore.

Baca juga: OVO – Cara Top Up, Cara Cek Saldo, dan Promo

Keuntungan Berjualan di Blibli

Setelah mengetahui cara jualan di Blibli, Anda perlu tahu beberapa keuntungan berdagang lewat aplikasi ini. Apa saja?

  • Gratis. Untuk bisa memiliki ‘toko’ di Blibli, tidak dipungut biaya. Anda cukup memenuhi semua persyaratan yang diminta berupa kelengkapan dokumen untuk mulai berjualan
  • Ada fasilitas foto produk. Agar kualitas gambar produk yang dipajang sesuai dengan standar, Blibli ternyata menyediakan fasilitas foto produk bagi para merchant dan semuanya gratis. Ini tentu akan sangat memudahkan Anda sebagai seller karena tidak perlu melakukan sesi pemotretan untuk setiap barang yang akan dipajang
  • Ada fasilitas pengemasan gratis. Untuk melindungi barang yang dipesan agar tetap aman hingga ke tangan pembeli, Blibli juga memberikan fasilitas berupa pengemasan gratis yang sesuai standar. Layanan ini merupakan satu-satunya yang disediakan oleh marketplace di tanah air
  • Tersedia beragam metode pengiriman barang. Selain proses pengepakan, pengiriman juga mendapatkan perhatian ekstra dari pihak Blibli. Bekerja sama dengan lebih dari 30 ekspedisi, proses pengiriman ke berbagai daerah di tanah air jadi semakin mudah
  • Layanan merchant yang mumpuni. Bagi merchant atau pedagang yang memiliki masalah dalam proses transaksi, Blibli menyiapkan layanan merchant care untuk mengatasi kendala yang ada. Layanan ini tersedia selama 24 jam setiap harinya.

Demikianlah informasi lengkap seputar cara jualan di Blibli. Pastikan Anda hanya menjual produk yang asli dan berkualitas agar tidak mengecewakan pelanggan. Lengkapi juga toko Anda dengan layanan konsumen yang mumpuni supaya dagangan Anda semakin laris manis. Siap memulai bisnis bersama Blibli?

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

1 COMMENT

Comments are closed.