Tips Membangun Manajemen SDM dalam Bisnis UMKM

0
1825
Perusahaan Terbesar di Dunia

Usaha Kecil Menengah (UKM) atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) punya peran penting dalam perkembangan ekonomi suatu negara. Berdasarkan data yang disampaikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Agustus lalu, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia dengan menyumbang 57,14 persen atau setara Rp7.034,1 triliun dari PDB Indonesia, dengan total saat ini terdapat 65,5 Juta pelaku UMKM dan menyerap 119,6 juta orang atau 96,92 persen dari total tenaga kerja.

Mengingat peran UMKM yang sangat penting dan krusial sebagai salah satu penopang perekonomian, para pelaku UMKM harus bisa menunjukkan kualitas baik dari segi produk maupun sumber daya manusianya. Kontribusi SDM yang baik akan berdampak bagi kesuksesan dan keberlangsungan UMKM kedepannya. Untuk membangun SDM yang berkualitas dan mampu berkontribusi secara maksimal, dibutuhkan langkah manajemen SDM yang terencana.

Ada banyak cerita bisnis yang terpaksa gulung tikar hanya karena SDM yang dimiliki berkualitas rendah. Tentu, Sobat tidak ingin mengalami hal yang sama kan dalam membangun UMKM? Untuk itu supaya UMKM yang digeluti bisa memberikan hasil melebihi harapan, maka Sobat harus melakukan langkah manajemen SDM yang tepat, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Mencari Founding Team  

Hal yang paling sulit ketika membangun usaha adalah bagian memulainya. Ide, mental, modal, dan tim adalah beberapa elemen penting yang menjadi pondasi awal. Tim yang merintis usaha dari nol disebut founding team. Founding team merupakan sekumpulan orang yang mengawali sebuah bisnis dengan kemampuan berbeda sehingga bisa saling melengkapi.  Keberadaan founding team ini sangatlah penting. Semua usaha yang telah memiliki karyawan atau tim dalam jumlah banyak pastilah berawal dari founding team yang kecil. Jumlahnya tidak tentu sesuai kebutuhan, namun idealnya berkisar antara 4-5 orang.

Rekrutmen Karyawan yang Efektif dan Selektif

Aspek kedua setelah membentuk founding team adalah membangun tim kerja. Melakukan Rekrutmen 

yang efektif dan selektif akan menghasilkan sumber daya manusia terbaik. Namun, yang harus diperhatikan dalam melakukan rekrutmen untuk karyawan adalah menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan, baik jumlah dan posisinya. Seleksi dilakukan bukan hanya dengan menilai aspek kompetensi namun juga sikap calon karyawan. Pilihlah calon karyawan yang punya keterampilan dan karakter yang baik, kombinasi kedua aspek tersebut akan menghasilkan karyawan yang mampu berkontribusi besar untuk bisnis UMKM kamu. 

Memberi pelatihan SDM

Karyawan merupakan salah satu aset yang dimiliki oleh sebuah perusahaan maupun bisnis apapun, karena dengan adanya karyawan tentu saja nantinya akan berpengaruh dalam perkembangan dan kemajuan bisnis kamu, campur tangan dari para karyawan sendiri memang sangat menentukan kesuksesan dari perusahaan itu sendiri. Oleh karena itu tidak jarang jika para karyawan diberikan beberapa pelatihan untuk bisa meningkatkan kualitas dari karyawan itu sendiri maupun terhadap perusahaan tersebut juga akan lebih baik lagi.

Menyusun Standar Operasional Perusahaan

Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah standar ketentuan dasar perusahaan yang digunakan untuk mengatur kinerja karyawan dan operasional secara keseluruhan. Tujuan utama dari SOP adalah untuk menyederhanakan ketentuan proses kerja yang harus karyawan ketahui agar dalam penerapannya mudah dipahami. Dengan demikian, SOP dibuat dengan harapan dapat menciptakan ukuran standar kerja yang dapat memberikan karyawan sebuah cara untuk meningkatkan kualitas kerja. Serta memudahkan perusahaan untuk melakukan evaluasi program atau kinerja. SOP bertujuan bukan hanya untuk mengatur kegiatan operasional tetapi juga menjadi pedoman untuk menjaga konsistensi dan kedisiplinan karyawan terkait aspek produksi, SDM maupun pemasaran.

Membangun keterlibatan tenaga kerja

Karyawan lebih banyak menghabiskan waktu harian mereka di lingkungan kerja, jadi berikan mereka kenyamanan selain gaji yang memang sudah jadi kewajiban. Perusahaan yang memberikan kesempatan karyawannya untuk terlibat aktif, mendengar setiap masalah dan aspirasi mereka cenderung bertahan lebih lama dan loyal. Manajemen SDM dengan mengikutsertakan karyawan dalam setiap aktivitas perusahaan berdampak pada efisiensi dan produktivitas kerja.

Pemberian Remunerasi yang Sesuai

Remunerasi adalah istilah yang umum digunakan dalam dunia pekerjaan. Istilah ini mengacu pada imbalan yang diterima oleh seorang pekerja, baik berupa upah, bonus, dan insentif. Dengan kata lain, remunerasi pada dasarnya merupakan suatu hubungan tukar-menukar antara karyawan dan perusahaan. Karyawan menukar tenaganya dengan penghargaan finansial yang disediakan oleh organisasi. Tidak bisa dipungkiri upah atau gaji menjadi hal yang mendukung kepuasan karyawan, bahkan mampu mempengaruhi hasil kerja. Berikan gaji sesuai standar pada posisi yang sama atau sesuai UMR. Jika ingin memberi upah lebih besar pertimbangkan dulu beberapa aspek dan kontribusinya bagi bisnis kamu. 

Melakukan Evaluasi manajemen SDM

Langkah terakhir yang dilakukan sebagai bagian dari manajemen SDM bagi bisnis UMKM adalah evaluasi kinerja. Hal ini perlu dilakukan kepada karyawan, karena sangat penting dan cukup umum dilakukan oleh setiap perusahaan. Kenapa cukup umum? Karena meskipun setiap perusahaan melaksanakan evaluasi, belum tentu evaluasi tersebut berjalan efektif. Proses ini penting untuk mengetahui performa setiap karyawan selama periode tertentu, bentuknya bisa berupa diskusi maupun laporan langsung. 

Kesimpulan

Itu dia tadi langkah-langkah yang bisa kamu lakukan dalam membangun manajemen SDM untuk bisnis UMKM. Sebagai pimpinan dalam bisnis yang kamu buat, buatlah para pegawai mempunyai loyalitas dan tanggung jawab yang besar atas bisnis yang Sobat kelola, sehingga mereka bisa memberikan kinerja maksimal. Namun sebaliknya jika Sobat salah memperlakukan karyawan, jangan harap manajemen SDM bisa berjalan secara lancar dan sesuai harapan. Dengan menyusun manajemen SDM yang baik, dapat dipastikan akan memiliki karyawan yang punya loyalitas dan kualitas tinggi untuk bekerja sama membawa UMKM Sobat menjadi lebih maju.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Raymas Putro | Editor: Rimba Laut