Tips Sukses Membangun Bisnis Food Truck 

0
487

Bisnis makanan semakin berkembang dan inovatif. Salah satunya adalah food truck. Bisnis food truck adalah suatu jenis usaha di dalam industri kuliner makanan dan minuman yang semua kegiatan operasionalnya dilakukan di dalam sebuah kendaraan besar.

Bisnis makanan ini sepenuhnya menjajakan makanan dan minuman menggunakan sebuah kendaraan. Umumnya adalah kendaraan roda empat yang digunakan sebagai food truck tersebut telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk menyiapkan makanan maupun minuman untuk disajikan kepada pelanggan.  

Pada dasarnya, bisnis food truck tidak membutuhkan modal sebesar pendirian sebuah restoran. Sehingga Sobat bisa memilih usaha yang satu ini jika ingin tetap memiliki usaha dalam ranah kuliner. Namun, Sobat pastinya perlu memastikan semuanya berjalan lancar bukan? Langsung saja simak tips sukses dalam membangun bisnis food truck berikut ini:

  • Pahami Bisnis ini dan Tentukan Konsep Food Truck 

Sebelum benar-benar memulai bisnis food truck, maka kita harus mengetahui lebih jelas tentang bisnis ini. Bisnis food truck berbeda dengan bisnis pada umumnya, di sini ruang, peralatan, dan sumber daya lainnya lebih terbatas. Yang terpenting adalah menentukan konsep food truck yang juga selaras dengan produk yang ditawarkan, dan tentunya harus menarik. Selanjutnya tentukan konsep food truck seperti apa, misalnya dari warna truck, dan design dari etalase food truck yang menarik pelanggan. 

Menentukan menu makanan dan minuman juga menjadi bagian awal dalam menentukan konsep dari food truck, Sobat dapat mengembangkan konsep tersebut dengan menentukan menu makanan dan minuman yang ingin dijual. Jangan lupa untuk mengusahakan produk yang dijual memiliki kemasan yang unik.

  • Pilih Lokasi yang Tepat

Dalam berjualan menggunakan food truck, lokasi merupakan sebuah faktor utama yang tidak dapat diabaikan.  Pilihlah lokasi yang memang bisa “menjual”. Kemudian tempat yang dipilih tepat dan sesuai untuk bisa mencapai target dengan benar. Selain itu hindari area yang memang akan menyulitkan konsumen, misalnya lokasi rawan banjir, sulit dijangkau kendaraan, lokasi tidak ada lahan parkir yang cukup, dan terakhir lokasi yang sepi dari pengunjung. Dengan memilih lokasi yang tepat, kemungkinan memperoleh lebih banyak konsumen akan lebih mudah didapat. 

  • Promosi 

Setelah menentukan konsep dan lokasi yang tepat, yang selanjutnya Sobat lakukan adalah melakukan promosi, keberhasilan bisnis food truck ditentukan juga dari bagaimana Sobat melakukan promosi, karena sebaik atau seenak apapun produk yang ditawarkan, akan sia-sia jika konsumen tidak mengenal produk kamu. Oleh karena itu jangan lupakan faktor pemasaran atau promosi. Di zaman sekarang tidaklah sulit untuk melakukan promosi, paling mudah adalah menggunakan promosi digital seperti menggunakan sosial media, jika kamu memiliki modal yang kuat bisa juga menggunakan jasa profesional untuk mengelola sosial media secara profesionalitas agar konten yang dihasilkan baik dan konsisten. 

  • Merekrut SDM Terbaik  

Salah satu hal serius lainnya dalam pengembangan bisnis ini terletak di masalah SDM. Kamu harus  memastikan kualitas dan kemampuan dari SDM yang kamu rekrut memang sudah sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan. Perhatikan juga waktu-waktu tertentu di mana foodtruck kekurangan karyawan, contohnya pasca hari raya Idul Fitri yang pada akhirnya membuat food truck terpaksa tidak beroperasi.

  • Bergabung Bersama Asosiasi

Sebagai orang baru dalam bisnis ini, ada baiknya Sobat menimba ilmu dan bergabung dengan Asosiasi Food Truck Indonesia (AFTI) yang akan banyak membantu para pengusaha food truck untuk menjalankan bisnisnya. Di sini kita bisa mendapatkan arahan untuk bisa menghadapi masalah pada awal-awal masa beroperasi. Saat ini AFTI telah membawahi 35 usaha food truck dari total 70 usaha yang beroperasi di Jakarta.

  • Komitmen 

Setiap bisnis yang sukses tentu harus ditebus dengan kerja keras dan komitmen yang kuat dalam menjalankannya, begitu juga dengan bisnis food truck. Kita perlu benar-benar memiliki sebuah komitmen yang kuat di dalam menjalankannya,  sehingga bisnis ini dapat berkembang dan menghasilkan.

  • Kesimpulan

Sukses atau tidaknya bisnis berada di tangan kamu sendiri.  Terus kembangkan inovasi unik untuk mempromosikan brand dan produk Anda. Semakin besar brand dan semakin unik ide Anda, semakin banyak pula pelanggan yang datang untuk membeli produk Anda. Selain itu, Anda juga bisa mende

kati pedagang grosir untuk menjual produk Anda di toko mereka.

Memulai sebuah bisnis memang tidaklah mudah. Sobat harus memiliki komitmen, ketekunan, dan kesabaran yang besar. Jatuh dan bangun pastinya akan dialami. Tapi Anda juga harus percaya, apa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh, pasti akan berbuah baik. Jadi, apakah Food Truck adalah jenis bisnis yang Anda inginkan?

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Raymas Putro I Editor: Rimba Laut