8 Cara Daftar Shopee Food dengan Cepat dan Mudah

1
472
Cara Daftar Shopee Food

Setelah kehadiran Go Food dan Grab Food, pemilik usaha kuliner memiliki peluang sukses lebih besar dibanding sebelumnya. Bagaimana tidak? Layanan food delivery yang disediakan platform tersebut membuat peluang peningkatan angka penjualan semakin tinggi.

Apalagi beberapa tahun belakangan, masyarakat lebih menyukai memesan makanan untuk disantap di rumah akibat pandemi. Fenomena semacam ini tentu saja membuat banyak pemilik usaha tertarik. Hal ini pula yang mendasari salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Shopee, membuka layanan pesan antar kuliner. Layanan tersebut dikenal dengan nama Shopee Food.

Bagi pemilik usaha kuliner, keberadaan Shopee Food tentu saja menjadi peluang baru. Shopee Food sendiri cukup populer beberapa waktu belakangan. Banyaknya promo dan diskon yang diberikan membuat orang tertarik untuk memesan makanan melalui layanan ini. 

Jadi tidak perlu heran apabila semakin hari, semakin banyak saja merchant yang bergabung dengan layanan Shopee Food. Apabila tertarik untuk bergabung dengan layanan ini, ada beberapa cara atau tahapan yang perlu kita lakukan. Berikut 8 cara daftar Shopee Food.

8 Cara Daftar Shopee Food

Sebelum membahas langkah untuk mendaftarkan bisnis kuliner ke Shopee Food, ada beberapa persyaratan yang perlu disiapkan, yaitu:

  • Kartu identitas berupa KTP atau KITAS
  • NPWP
  • SPPKP (untuk badan usaha individual)
  • SIUP atau TDUP (untuk badan usaha berbadan hukum)
  • Akta pendirian (untuk badan usaha berbadan hukum)
  • Surat keterangan domisili
  • Foto buku tabungan pribadi atau perusahaan aktif

Setelah semua persyaratan dipenuhi, langkah selanjutnya adalah mendaftar melalui aplikasi Shopee yang sudah terpasang di smartphone. Adapun cara daftar Shopee Food adalah:

1. Mengisi Formulir

Formulir pendaftaran Shopee Food bisa didapatkan melalui aplikasi Shopee. Setelah itu, lakukan pengisian formulir secara sebenar-benarnya sesuai fakta usaha yang dimiliki.

2. Isi Alamat Email dan Nomor Ponsel

Setelah masuk ke link pendaftaran, masukkan alamat email dan nomor ponsel aktif. Biasanya, aplikasi akan menanyakan apakah Anda sudah memiliki layanan Shopee Pay atau belum. Jika sudah, klik “Ya” atau “Tidak” apabila belum memiliki layanan Shopee Pay. Bagi yang belum, langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi Shopee Pay.

3. Isi Detail Informasi Lokasi dan Alamat Usaha

Selanjutnya, kita akan diminta untuk mengisi informasi lokasi dan alamat usaha. Biasanya, Shopee telah menyediakan pilihan pin map untuk memudahkan kita. Apabila pada pilihan ini alamat tidak muncul, Anda bisa pilih menu “Lainnya” untuk mengisi alamat secara manual dan sesuai dengan fakta.

4. Isi Informasi dan Jenis Bisnis

Pada cara daftar Shopee Food yang keempat, Anda akan diminta untuk mengisi informasi tentang bisnis yang didaftarkan. Apakah bisnis termasuk bisnis pribadi atau badan usaha yang berbadan hukum. Inilah mengapa ketika mengisi informasi pada tahapan ini, kita diharapkan untuk berhati-hati.

5. Isi Bagian Kategori Bisnis

Setelah mengisi informasi bisnis, langkah selanjutnya adalah mengisi kategori bisnis. Agar pembeli tidak salah, pastikan untuk mengisi informasi ini dengan benar. Selain itu, kita juga akan diminta untuk mengisi daftar outlet. Jika bisnis memiliki lebih dari satu outlet, masukkan informasi tentang outlet lain.

Baca juga: Berbisnis atau Berinvestasi? Ini Cara Memilihnya

6. Isi Bentuk Bisnis

Langkah berikutnya, kita akan diminta untuk mengisi tentang bentuk bisnis yang dijalankan. Apakah bisnis tersebut berupa warung atau restoran dan katering rumahan biasa. Jika restoran, apa restoran tergolong bisnis skala besar atau kecil seperti warung biasa.

7. Unggah Foto Outlet

Demi kenyamanan pelanggan, pebisnis juga akan diminta untuk mengunggah foto outlet yang dimiliki. Foto yang diunggah sebaiknya cukup jelas agar Shopee memiliki gambaran baik tentang tempat usaha Anda, terutama bagian dapur yang digunakan sebagai tempat produksi.

8. Konfirmasi Pendaftaran

Terakhir, lakukan konfirmasi pendaftaran dengan cara mengklik “Ya” dan memilih opsi “Kirim.” Sebelumnya, kita akan ditanya dulu tentang dari mana mendapatkan informasi pendaftaran Shopee Food.

Kesimpulan

Memiliki bisnis yang terdaftar di layanan seperti Shopee Food merupakan upaya efektif untuk meningkatkan potensi bisnis di bidang kuliner, Jadi tidak perlu ragu untuk bergabung di layanan ini dan menjadi salah satu bagian dari kemajuan teknologi di bidang food and beverage.Semoga informasi tentang cara daftar Shopee Food di atas bermanfaat.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]