10 Tips Mempersiapkan Bridal Shower yang Berkesan

0
771
bridal shower

Siapa nih yang dalam waktu dekat punya rencana menikah? Pasti sekarang sedang sibuk mempersiapkan bridal shower, ya. Kegiatan ini memang bukan acara resmi pernikahan, tetapi banyak calon pengantin, terutama mempelai perempuan, yang menggelarnya.

Buat yang belum familier dengan pesta semacam ini, tak perlu bingung. Sebenarnya acara tersebut sama dengan pesta lajang, yang biasanya diselenggarakan oleh calon pengantin perempuan dengan mengundang beberapa sahabat. Mereka berkumpul untuk menikmati kebersamaan, sebelum calon pengantin melepas masa lajangnya.

Nah, jika kamu ingin menggelar pesta semacam ini juga, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan bridal shower yang berkesan.

1. Tema Ditentukan Secara Matang

Meski umumnya diselenggarakan secara sederhana, pesta lajang semacam ini harus memiliki tema matang. Tema inilah yang nantinya akan berpengaruh pada perencanaan biaya dan konsep acara secara keseluruhan.

Agar semakin berkesan, calon pengantin bisa memilih tema-tema sesuai karakter diri, atau sesuatu yang disukai circle pertemanannya. Misalnya mereka sama-sama pecinta K-Pop, maka bisa membuat pesta lajang bertema Korea, dan sebagainya.

2. Pilih Tempat yang Tepat

Tempat adalah hal yang tidak kalah penting untuk disiapkan demi menggelar bridal shower yang berkesan. Pemilihan tempat bisa menyesuaikan tema acara, ataupun menggunakan tempat yang memiliki banyak kenangan bersama sahabat.

Tidak perlu sampai menyewa gedung, karena hal itu terlalu berlebihan. Kamu bisa memanfaatkan kamar tidur, space rumah, halaman, atau salah satu tempat nongkrong untuk menggelar pesta lajang secara intim. Jangan lupa buat dekorasi yang cantik.

3. Pastikan Kehadiran Teman Dekat

Kegiatan ini tidak akan ada artinya tanpa kehadiran teman-teman terdekat, sehingga kamu harus memastikan bahwa teman-temanmu bisa hadir. Oleh sebab itu, susun jadwal secara matang.

Pilih waktu pelaksanaan pesta lajang di saat yang tepat. Misalnya pada hari libur, dan sampaikan undangan jauh-jauh hari. Jika memang terpaksa digelar dadakan, tetap usahakan untuk memilih waktu yang paling memungkinkan untuk para sahabat bisa hadir, seperti pada malam hari atau secara virtual.

4. Siapkan Menu Spesial

Bridal shower itu tidak jauh beda dengan acara kumpul-kumpul bersama teman, jadi kamu harus menyiapkan menu spesial. Misalnya dengan menyuguhkan camilan favorit kamu dan teman-temanmu, juga menu lainnya yang lezat bila dinikmati bersama.

5. Buat Susunan Acara yang Menarik

Walau mirip acara kumpul-kumpul, tetap jangan biarkan acara pesta lajangmu berjalan tanpa arah. Untuk itu, kamu harus membuat susunan acara yang menarik. Misalnya dengan menyelenggarakan permainan-permainan seru di sela-sela acara. Sehingga, acara akan terkesan lebih bernyawa dan tidak membosankan.

6. Berikan Hadiah untuk Sahabat

Selain acara kumpul-kumpul untuk melepas masa lajang, umumnya dalam momen ini para sahabat akan memberikan hadiah bagi calon pengantin. Nah, agar acara semakin seru dan berkesan, kamu sebagai calon pengantin juga bisa memberikan hadiah bagi teman-teman dekatmu.

Misalnya dengan memberikan baju seragam bridesmaid untuk dipakai di hari pernikahanmu nanti, ataupun jenis hadiah lainnya. Jadi bukan hanya kamu saja yang menerima hadiah dalam acara tersebut.

Baca juga: 20 Rekomendasi Kado untuk Hari Ibu

7. Gelar Momen Khusus untuk Calon Pengantin

Kamu juga bisa menyiapkan satu momen khusus untuk calon pengantin, alias dirimu sendiri dalam rangkaian acara bridal shower tersebut. Bentuknya bebas, misalnya kamu meminta perhatian kepada semua teman, lalu menyampaikan sesuatu. Bisa berupa permohonan doa, meminta maaf, membuat janji persahabatan, dan sebagainya.

8. Pakai Atribut Unik 

Atribut ini sebenarnya hanya untuk lucu-lucuan saja, seperti dengan memakai selempang dengan tulisan ‘Calon Pengantin’ atau kata-kata unik lainnya. Kamu juga bisa menggunakan mahkota dan baju khusus yang menunjukkan bahwa kamu adalah calon pengantin yang bahagia. Hal semacam ini akan memberikan kesan yang kuat.

9. Tentukan Bridal Shower Dress Code

Selain calon pengantin yang memakai atribut khusus, para teman yang diundang sebaiknya juga diminta memakai dresscode tertentu. Demi menambah kesan, dresscode yang dipakai harus unik, tetapi jangan sampai memberatkan mereka. Misalnya, memakai seragam sekolah, baju tidur, atau pakaian-pakaian dengan warna yang sama.

10. Bikin Anggaran Kegiatan Secara Detail

Untuk menyelenggarakan acara yang berkesan, kamu harus membuat anggaran kegiatan secara detail. Hal ini penting, terutama buat kamu sendiri, agar biaya yang dikeluarkan tidak membengkak.

Semewah apapun acara, jika hal tersebut menelan budget di luar kemampuan, akhirnya tidak akan memberikan kesan yang baik. Kamu justru akan pusing sendiri, dan hal itu dapat mengganggu proses persiapan pernikahan yang sebentar lagi digelar. Jadi, siapkan perencanaan biaya yang matang untuk kegiatan pesta lajang ini ya.

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba untuk mempersiapkan bridal shower yang berkesan, meskipun digelar secara sederhana. Semoga dapat memberikan insight baru bagi para calon pengantin.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].