5 Cara Mengatasi Sibling Rivalry Antar Anak

0
397
5 Cara Mengatasi Sibling Rivalry Antar Anak

Konflik antara saudara sebenarnya normal terjadi di kehidupan sehari-hari, terlebih ketika anak masih kecil. Namun saat sang Kakak dan Adik bersaing terus-menerus dan terjadi sampai mereka dewasa hingga berujung pada persaingan tidak sehat, hal ini harus diwaspadai para orang tua. Sibling rivalry yang dibiarkan bisa berkembang menjadi sikap keras dan rentan terhadap depresi yang bisa jadi dibawa sampai dewasa. Persaingan antara anak bisa terjadi karena kesalahan kita sebagai orang tua yang tidak kita sadari lho. Apa saja sikap orang tua yang tanpa sengaja menciptakan sibling rivalry?

Hobi Membandingkan

Terkadang kita tanpa sadar membandingkan antara adik dengan kakak. Jika dilakukan terus-menerus, hal ini bisa memicu perkelahian & persaingan sengit di antara mereka karena pada hakikatnya manusia tidak suka dibanding-bandingkan.

Membiarkan Bercanda yang Kelewatan

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa merasa kesal jika mendapat candaan yang berlebihan. Sebisa mungkin jangan biarkan salah satu dari mereka menggoda saudaranya secara berlebihan.

Perhatian yang Tidak Sama

Salah satu penyebab persaingan antar saudara adalah ketika seorang anak merasa dia tidak mendapatkan perhatian yang adil dari orangtuanya. Sebagai orang tua, kita harus bijaksana untuk tidak menunjukkan perhatian yang berbeda karena dapat memicu kecemburuan pada anak lainnya.

Memberikan Fasilitas Berlebih

Jangan memberikan masing-masing anak privasi dan fasilitas yang berlebihan. Sebaiknya orang tua mengajarkan anak untuk berbagi fasilitas atau barang supaya mereka belajar untuk memecahkan masalah bersama.

Memaksa Anak Minta Maaf Pada Saudaranya

Ketika anak berkonflik, jangan paksa mereka untuk saling minta maaf langsung, apalagi ketika salah satu merasa tidak bersalah. Beri anak waktu untuk meredakan kemarahannya, lalu ajak mencari solusi bersama. Kalau kita memaksa mereka minta maaf pada saudaranya padahal mereka tidak bersalah, hal ini justru mendorong anak untuk berbohong dan membuat anak sakit hati.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut