Tips Nonton Konser Anti Boncos

0
390
Tips Nonton Konser Anti Boncos

Setelah vakum akibat pandemi, kini konser offline sudah mulai marak kembali. Berbagai konser musik sudah berangsur kembali menghiasi akhir pekan. Momen ini pasti sudah menjadi hal yang ditunggu-tunggu banyak orang setelah beberapa tahun terakhir ini harus menahan diri untuk tidak menyaksikan musisi idola secara langsung. Tidak hanya musisi dalam negeri, banyak juga musisi internasional yang melangsungkan konser di Indonesia hingga akhir tahun ini. Tidak bisa kita pungkiri bahwa membeli tiket konser musik cukup mengocek kantong. Jika kamu hobi menonton konser dan berencana untuk mendatanginya, kamu harus cermat dalam mengatur budget, jangan sampai pengeluaran untuk nonton konser membengkak melebihi pendapatanmu. Berikut ini beberapa tips anti boncos untuk kamu yang ingin nonton konser.

Buat Anggaran

Sebelum menentukan anggaran, pastikan kamu sudah mengetahui jadwal konsernya. Agar dapat memperkirakan berapa dana yang perlu kamu sisihkan. Namun, bagaimana bila tanggal dan harga tiket belum ditentukan? Hal ini tidak menjadi masalah, karena semakin dini kamu mempersiapkan dana, semakin banyak juga dana terkumpul.

Selanjutnya, kita bisa memprediksi dan mempersiapkan biaya lainnya, seperti biaya transportasi ke tempat konser, konsumsi ataupun untuk membeli merchandise idola. Tentukan anggaran berdasarkan hitungan pemasukan dan pengeluaran. Jangan sampai anggaran menonton konser meledak melebihi pemasukanmu.

Beli Tiket Early Bird

Jika ingin menonton konser, kita harus selalu update terhadap informasinya. Hal ini membuat kita lebih siap untuk membeli tiket early bird. Mengapa demikian? Biasanya di beberapa konser akan membagi penjualan tiket ke dalam beberapa tahapan, ada early bird, pre-sale, dan on the spot. Biasanya, tiket early bird dijual dengan harga lebih murah ketimbang tiket yang dibeli saat pre-sale ataupun on the spot. Ini bisa memangkas anggaranmu dan bisa dialokasikan untuk biaya transportasi atau konsumsi pada saat konser.

Hindari Calo

Jika kamu kehabisan tiket lalu ingin membeli tiket langsung di tempat, pasti akan didatangi oleh banyak jasa pembelian tiket atau yang disebut calo. Kehadiran calo ini bisa membawa hal yang positif atau justru negatif, karena tidak sedikit calo-calo tiket yang menjual tiket dengan harga murah, tetapi berujung penipuan. Ada juga yang menjual dengan harga yang sangat tinggi dibanding penjualan resminya. Melihat harga jual tiket di calo yang jauh lebih tinggi dari yang dijual di penjual resmi, sebaiknya kamu berpikir berulang kali sebelum memutuskan untuk membelinya. Karena jika kamu membelinya berarti anggaran akan membengkak.

Cari Pemasukan Tambahan

Anggaran nonton konser tidaklah sedikit, maka ada baiknya kamu membatasi pengeluaranmu demi mengumpulkan dana untuk nonton konser atau jika diperlukan carilah pemasukan tambahan. Selain menyisihkan dana dari pekerjaan utama, kamu bisa mencoba berbagai kegiatan yang lain seperti bekerja freelance atau berjualan dengan metode dropship atau reseller. Jika kamu memiliki kemampuan memasak atau membuat barang kerajinan yang unik, ini juga bisa menjadi sumber dana tambahan kamu.

Batasi Belanja di Booth Merchandise

Saat konser berlangsung, di sana juga terdapat pula booth yang menjual berbagai macam merchandise dari artis di konser tersebut. Jika membeli terlalu banyak barang tentu bisa melebihi batas anggaran yang telah ditentukan. Ada baiknya pikirkan dahulu apakah barang tersebut memang perlu kamu miliki atau tidak.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut