Ini Kemudahan Bayar Pajak Motor Online

0
896
Bayar Pajak Motor Online

Setiap pemilik kendaraan bermotor di Indonesia mempunyai kewajiban membayar pajak secara rutin. Pemerintah juga telah menyediakan beragam kemudahan bagi para wajib pajak. Pada berbagai kesempatan, Anda bisa menemukan adanya kebijakan pemutihan yang diberikan oleh pemerintah daerah tertentu. Selain itu, ada pula kemudahan berupa pilihan melakukan bayar pajak motor online menggunakan aplikasi Samsat Online Nasional (Samolnas). 

Aplikasi Samolnas merupakan perangkat lunak yang disediakan secara khusus bagi para pengguna smartphone Android. Kegunaan utamanya memang membantu masyarakat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB). Namun, aplikasi Android tersebut juga disertai dengan beberapa fitur pendukung lainnya, seperti: 

  1. Pendaftaran

Fitur pertama adalah Pendaftaran yang digunakan ketika ingin membayar pajak. Di sini, Anda perlu melakukan pendaftaran untuk memperoleh kode bayar pajak. 

  1. Info Proses

Selanjutnya, terdapat menu Info Proses. Di dalamnya, terdapat informasi mengenai tahapan yang sudah Anda lalui saat ingin bayar pajak motor online

  1. Info Pajak

Menu Info Pajak memuat informasi tentang nominal PKB serta SWDKLLJ atau Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan yang perlu dibayarkan. 

  1. E-TBPKP

Bagian E-TBPKP atau Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran Elektronik merupakan menu untuk menampilkan bukti pelunasan pembayaran PKB secara elektronik. 

  1. E-Pengesahan STNK

Ada pula menu E-Pengesahan STNK. Fungsinya adalah sebagai tanda pengesahan STNK virtual. 

  1. Pindah Bukti

Aplikasi Samolnas juga dilengkapi fitur Pindah Bukti. Kegunaan fitur tersebut adalah untuk memindahkan bukti pembayaran atau pengesahan satu smartphone ke smartphone lain. 

  1. Pengaduan

Bagi Anda yang ingin menyampaikan keluhan terkait layanan pembayaran PKB online, tersedia fitur Pengaduan yang bisa dimanfaatkan. Selain itu, Anda bisa pula memberi kritik ataupun saran melalui fitur ini. 

  1. Panduan

Terakhir, tersedia fitur yang disebut sebagai Panduan. Di sini, Anda akan menjumpai instruksi terkait cara penggunaan aplikasi Samolnas. 

Aplikasi Samolnas memang bermanfaat untuk cara bayar pajak motor online tahunan. Hanya saja, Anda tetap perlu melakukan pengurusan ke Kantor Samsat terdekat ketika ingin membayar pajak 5 tahunan. 

Cara Bayar Pajak Motor Online

Proses yang perlu Anda lakukan untuk menggunakan aplikasi Samolnas sebagai solusi membayar pajak kendaraan sangat mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 

  • Langkah pertama, unduh aplikasi Samolnas yang tersedia di Google Play Store. Setelah proses pengunduhan dan instalasi selesai, Anda dapat melakukan pendaftaran. Caranya, dengan memasukkan data nomor polisi kendaraan, NIK, serta 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan. 
  • Ketika seluruh data telah diisi secara benar, sistem akan mengirimkan kode pembayaran. Hal yang perlu diperhatikan, kode pembayaran tersebut hanya berlaku selama 2 jam. Kalau dalam kurun waktu tersebut Anda masih belum membayar, maka perlu melakukan pendaftaran ulang. 
  • Proses pembayaran pajak kendaraan bermotor dapat Anda lakukan dengan berbagai metode, yakni e-banking serta ATM. Hanya saja, Anda tidak akan serta merta memperoleh bukti pelunasan pembayaran pajak. Sebagai gantinya, aplikasi online hanya menyediakan E-TBPKP.

Dalam pemberitahuannya, wajib pajak yang sudah membayarkan pajak kendaraan bermotor bisa memperoleh TBPKP secara fisik dari Kantor Samsat paling lambat adalah 3 hari. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkannya tanpa harus ke luar rumah, karena dikirimkan secara langsung dari Kantor Samsat. 

Baca juga: 5 Jenis Faktur Pajak bagi Anda Pengusaha Kena Pajak

Hanya saja, pada praktiknya pengiriman TBPKP kepada para wajib pajak yang telah membayar secara online sering mengalami keterlambatan. Oleh karena itu, Anda tetap disarankan untuk datang secara langsung ke Kantor Samsat terdekat dan membawa KTP serta STNK sebagai syarat pengambilannya. 

Selain menggunakan metode di atas, ada pula alternatif cara lain yang bisa dimanfaatkan. Cara tersebut adalah dengan menggunakan layanan pembayaran online di marketplace seperti Bukalapak ataupun Tokopedia. Langkah-langkah yang perlu dilakukan tidak jauh berbeda, dan bisa dilakukan tanpa perlu datang ke Kantor Samsat. 

Nah, itulah kemudahan melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor yang bisa Anda lakukan. Berkat adanya kemudahan tersebut, tidak ada alasan terlambat membayar pajak hanya karena terlalu sibuk, bukan? Di waktu bersamaan, metode bayar pajak motor online  juga bisa menghindarkan Anda dari tumpukan denda yang cukup besar. 

Semoga bermanfaat, ya. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]