Tips dan Panduan Bagaimana Memilih Konsultan Investasi yang Tepat?

0
808
Bagaimana memilih konsultan investasi yang tepat

Tidak semua orang dapat merencanakan finansial mereka dengan baik sehingga memilih jasa konsultan keuangan pribadi untuk hasil maksimal. Hal yang banyak menjadi pertanyaan adalah bagaimana memilih konsultan investasi yang tepat?

Benar bahwa seorang konsultan keuangan dapat membantu mencapai tujuan akhir finansial Anda, namun Anda harus berhati-hati dalam memilihnya. Pasalnya tidak sedikit orang yang memiliki niat jahat dengan memanfaatkan ketidaktahuan Anda agar mereka dapat meraup untung pribadi.

Jadi, kenali terlebih dahulu apa itu konsultan investasi, apa peran dan jenis-jenisnya serta bagaimana memilih konsultan investasi yang tepat agar tujuan Anda tercapai. Simak informasinya di bawah ini.  

Pengertian Konsultan Investasi

Konsultan investasi adalah seorang profesional yang menawarkan nasihat atau produk terkait cara dan jenis investasi keuangan agar pelanggan dapat memperoleh keuntungan terbaik. Seorang konsultan akan membantu pelanggannya membuat perencanaan investasi agar dapat mencapai tujuan. 

Seringkali masyarakat berpendapat bahwa seorang konsultan keuangan sama dengan konsultan investasi.

Peran Konsultan Investasi

Peran seorang konsultan investasi penting karena akan menentukan berhasil tidaknya dalam mencapai tujuan akhir finansial klien. Seorang konsultan dapat bekerja secara mandiri namun ada juga yang bernaung di bawah sebuah usaha konsultan investasi.

Tugas para konsultan ini antara lain mengedukasi, memberi informasi serta memberi petunjuk kepada klien perihal keputusan finansial seperti asuransi, investasi dan pajak. Selain itu mereka memiliki tugas sebagai berikut:

  • Membuat rencana keuangan untuk klien agar tujuan finansial mereka dapat tercapai
  • Menawarkan nasihat, pengetahuan, informasi keuangan seperti dana pensiun, investasi, pajak dan lainnya kepada klien
  • Siap bertemu klien ketika klien membutuhkan konsultasi
  • Memantau pasar keuangan dan keadaan ekonomi agar dapat membuat rencana terbaik untuk klien sesuai iklim ekonomi yang ada
  • Mencari keputusan terbaik untuk klien sehingga tujuan finansial klien dapat tercapai dengan maksimal

Jenis-Jenis Konsultan Investasi

Berikut beberapa jenis konsultan investasi Indonesia yang perlu Anda ketahui:

1. Konsultan Online

Profesional keuangan yang menawarkan investasi dan nasihat keuangan secara komprehensif kepada klien agar mencapai hasil terbaik. Cara mereka dalam mengelola portofolio klien adalah dengan cara online sehingga umumnya tidak bertemu secara langsung.

2. Konsultan Robo

Jenis ini melakukan semua kegiatan seperti perencanaan, pengumpulan data klien dan konsultasi secara online dan otomatis. Sebagian juga menawarkan alat dengan fitur perencanaan keuangan yang komprehensif.

3. Konsultan Langsung

Jika kedua jenis sebelumnya bekerja secara online maka dengan konsultan jenis ini Anda dapat  berkonsultasi secara langsung. Penawaran mereka antara lain nasihat, alat, strategi dan perencanaan keuangan untuk klien. 

Konsultan ini juga mengedukasi dan mendampingi kliennya dalam membuat keputusan keuangan penting.

Kualifikasi Konsultan Investasi

Salah satu pertimbangan mengenai bagaimana memilih konsultan investasi yang tepat adalah memperhatikan kualifikasi konsultan tersebut. Kenali kualifikasi seorang konsultan berikut ini:

1. Harus Memiliki Sertifikasi Resmi

Cara menjadi konsultan investasi adalah wajib memiliki sertifikasi menjadi seorang konsultan karena merupakan bukti kemampuan dan profesionalisme mereka. Berikut beberapa jenis sertifikasi untuk seorang konsultan keuangan yang perlu Anda ketahui:

  • Certified Internal Auditor (CIA)

Sertifikasi ini keluaran dari Institute of Internal Auditor di Florida, Amerika melalui ujian online, sementara untuk wilayah Indonesia sertifikasinya dari YPAI (Yayasan Pendidikan Audit Internal)

  • Certified Financial Planner (CFP)

Ujian untuk sertifikasi ini dilakukan secara online melalui situs UStest dalam dua sesi.  

  • CPA (Certified Public Accountant)

Sertifikasi ini keluaran dari Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) untuk seorang akuntan publik. Jika seseorang memiliki sertifikasi ini maka ia berhak membuka jasa akuntan public pribadi.  

  • Certified Management Accountants (CMA)

Sertifikasi ini keluaran dari Chartered Institute for Accountant Management (CIMA) di Amerika dan Inggris sehingga banyak perusahaan multinasional yang menerima konsultan dengan sertifikasi ini.

2. Memiliki Kemampuan Tertentu 

Salah satu cara bagaimana memilih konsultan investasi yang tepat adalah dengan memilih konsultan dengan skill terbaik agar dapat membantu mencapai tujuan finansial klien. Berikut beberapa skill yang dibutuhkan oleh seorang konsultan:

  • Kemampuan berkomunikasi dengan baik
  • Pendengar yang baik
  • Kemampuan berhitung dan analisa
  • Handal dalam membangun relasi dengan klien
  • Mampu membuat hal-hal kompleks menjadi lebih sederhana
  • Sangat perhatian terhadap hal-hal detail

3. Paham Proses Bisnis

Kualifikasi ketiga yang wajib untuk seorang konsultan keuangan adalah memahami semua proses bisnis agar dapat memberi solusi terbaik untuk klien.

Baca juga: Ini Cara Manajer Investasi Mengelola Portofolio Reksadana

Tips Memilih Konsultan Investasi Yang Tepat

Ketika memilih investasi yang aman, maka Anda juga harus memperhatikan tips dan panduan bagaimana memilih konsultan investasi yang tepat. Pasalnya, dengan memilih konsultan yang tepat maka ia akan membantu Anda memilih investasi yang paling tepat untuk hasil terbaik Anda.

Simak tips memilih konsultan investasi berikut ini:

1. Perhatikan Portfolio dan Reputasi

Pastikan bahwa Anda mengecek portfolio dan reputasi konsultan pilihan Anda agar Anda memperoleh jasa yang berkualitas untuk mencapai hasil terbaik. Rekam jejak serta cara mereka menangani klien sebelumnya wajib Anda perhatikan karena merupakan gambaran layanan yang nantinya akan Anda terima.

2. Ketahui Biaya yang Ditawarkan

Sebelum menentukan konsultan investasi maka sebaiknya Anda menanyakan terlebih dahulu biaya atas jasa mereka. Pasalnya, semakin rumit tujuan finansial Anda maka biaya yang dibebankan juga akan semakin tinggi.

 Oleh sebab itu, dengan mengetahui kisaran dana yang harus Anda keluarkan maka Anda dapat menyiapkan dana tersebut terlebih dahulu.

3. Pastikan Ada Sertifikasi

Salah satu poin penting bagaimana cara memilih konsultan investasi yang tepat adalah memastikan konsultan tersebut memiliki sertifikasi resmi. Hal ini penting karena merupakan bukti profesionalisme mereka. Jenis-jenis sertifikasi dapat Anda lihat di penjelasan sebelumnya.  

4. Lakukan Wawancara dengan Beberapa Konsultan

Agar dapat memilih investasi yang tepat maka Anda harus memilih konsultan yang paling tepat. Hal ini dapat Anda lakukan dengan bertemu langsung sehingga Anda dapat mengenal dan mendengar secara langsung. 

Tanyakan beberapa hal penting seperti kebutuhan Anda, biaya, sertifikasi hingga siapa saja klien mereka. Alhasil, Anda dapat menentukan mana yang paling sesuai berdasar hasil wawancara tersebut.

5. Menawarkan Saran yang Objektif

Tips terakhir bagaimana cara memilih konsultan investasi yang tepat adalah memastikan konsultan tersebut memberi saran objektif terhadap masalah Anda.

Hindari konsultan yang menjanjikan dana fantastis seperti investasi dengan minim resiko karena berpotensi merugikan Anda. Pastikan bahwa rencana keuangan yang ditawarkan sesuai dengan koridor yang ada sehingga aman untuk finansial Anda.

Kesimpulan

Merencanakan keuangan dan investasi sangat penting karena dapat membuat masa depan seseorang lebih terjamin. Namun, memilih investasi yang tepat tidak melulu hanya memikirkan investasi tersebut karena adakalanya seseorang membutuhkan seorang konsultan untuk memilih yang terbaik. 

Anda juga perlu mengenal konsultan investasi, peran dan jenisnya agar dapat menentukan profesional yang paling tepat. Selain itu memperhatikan tips memilih konsultan investasi juga penting karena akan membantu Anda mencapai tujuan finansial dengan baik. Bagaimana memilih konsultan investasi yang tepat? Pastikan Anda telah mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut sebelum mulai melakukan investasi.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].