Strategi Perencanaan Keuangan untuk Masa Pensiun yang Indah

0
590
Strategi perencanaan keuangan untuk masa pensiun (1)

Ketika seseorang mulai masuk dunia kerja umumnya belum mulai menerapkan strategi perencanaan keuangan untuk masa pensiun karena dirasa masih jauh ke depan. Mereka biasanya lebih fokus kepada berbagai kebutuhan terkini seperti tempat tinggal, kendaraan bermotor maupun dana untuk liburan. 

Namun, merencanakan program pensiun dari dini sangat penting karena dapat membantu Anda menikmati hari tua dengan tenang. Selain itu, dengan perencanaan keuangan pribadi yang baik maka kebutuhan bahkan keinginan Anda dapat  terpenuhi karena Anda sudah menyiapkan semua dananya. 

Mari belajar tentang strategi perencanaan keuangan untuk masa pensiun beserta tipsnya melalui artikel berikut.

Mengapa Merencanakan Keuangan untuk Masa Pensiun Penting?

Euphoria masa muda yang produktif seringkali membuat seseorang lupa atau menunda menabung untuk dana pensiun. Alhasil, mereka mengalami berbagai masalah keuangan di masa tua seperti terlilit hutang, tidak dapat membiayai perawatan di rumah sakit, kehilangan tempat tinggal dan sebagainya. 

Untuk itu, Anda perlu mematangkan strategi perencanaan keuangan untuk masa pensiun agar kehidupan masa tua Anda terjamin. 

Simak alasan penting menyiapkan dana pensiun berikut ini:

1. Agar Kehidupan Pasca Pensiun Tercukupi

Kebutuhan hidup Anda tetap ada pasca pensiun sehingga Anda harus memikirkan tabungan hari tua terbaik. Dengan perencanaan keuangan yang baik maka Anda tetap memiliki dana yang lebih untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

2. Menikmati Kebebasan Finansial

Dana pensiun yang Anda kumpulkan sejak masa produktif dapat memberi kebebasan finansial di masa tua sehingga Anda perlu merencanakannya dengan baik. Semakin awal Anda memulainya maka semakin besar dana yang Anda kumpulkan untuk kebebasan finansial tersebut.

3. Memiliki Cadangan Dana Kesehatan

Menginjak masa tidak produktif umumnya kondisi kesehatan tubuh mulai menurun sehingga Anda memerlukan lebih banyak dana untuk masalah kesehatan. 

Dengan menerapkan strategi perencanaan keuangan untuk masa pensiun maka kebutuhan ini akan terpenuhi. Anda tidak perlu khawatir lagi dengan biaya pengobatan karena memiliki asuransi hari tua terbaik.

4. Menikmati Masa Tua dengan Tenang

Dengan dana pensiun yang Anda kumpulkan untuk memenuhi kebutuhan hari tua maka Anda akan merasa lebih tenang menjalani hari-hari tanpa aktivitas bekerja. Pasalnya, Anda tahu bahwa cadangan dana yang sudah Anda siapkan dapat memenuhi kebutuhan tersebut. 

Hal ini membuat Anda merasa damai dan Bahagia dan dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga. 

5. Dapat Mewujudkan Impian

Salah satu tujuan perencanaan keuangan adalah untuk mewujudkan impian. Demikian juga dengan dana pensiun; Anda dapat mewujudkan impian masa muda Anda ketika sudah memasuki masa purna tugas. Impian seperti traveling atau membeli properti adalah contoh impian yang dapat Anda wujudkan di masa tua.

Strategi Perencanaan Keuangan untuk Masa Pensiun

Setelah memahami arti penting merencanakan dana pensiun maka kini Anda harus memahami cara dan strategi terbaik untuk mencapai hal tersebut. Berikut beberapa tips dan strategi perencanaan keuangan untuk masa pensiun untuk Anda:

1. Mulai Sejak Dini

Semakin dini Anda mulai menyiapkan dana pensiun semakin baik karena potensi terpenuhinya kebutuhan hari tua Anda semakin besar. Pastikan bahwa selagi masih muda dan produktif Anda maksimalkan usaha untuk persiapan hari tua agar kelak tinggal menikmati hasil ketika raga sudah tidak produktif lagi.

2. Buat Rencana Keuangan Dengan Baik

Pastikan bahwa Anda memiliki rencana yang baik agar tujuan hari tua Anda dapat tercapai. Perhatikan kalkulator dana pensiun berikut ketika menyusun strategi perencanaan keuangan untuk masa pensiun:

  • Rencana usia pensiun atau ketika tidak ada pemasukan bulanan misalnya usia 55 tahun
  • Tentukan perkiraan umur maksimal Anda sebut saja 70 tahun
  • Rencanakan asumsi jumlah kebutuhan Anda pasca pensiun misalnya sebesar Rp5 juta/bulan, maka jumlah pengeluaran tahunan Anda Rp60 juta
  • Hitung waktu untuk menyiapkan dana pensiun tersebut. Asumsi usia saat ini 25 tahun maka Anda memiliki waktu 33 tahun untuk menyiapkan dana tersebut.

Kita asumsikan bahwa persentase inflasi sebesar 4%, maka cara hitungnya sebagai berikut:

Future Value Anda       : Pengeluaran tahunan x (1+persentase Inflasi)n

                                             : 60.000.000 x (1+4%) 55-25

                                             : 60.000.000 x (1,04)30

                                                                     : 194.603.850 per tahun 

Jadi dana pensiun yang perlu Anda siapkan sebesar: Annual Future Value/4% sebesar Rp4,9 miliar

3. Tentukan Instrumen Investasi Terbaik

Memilih instrumen investasi yang tepat penting karena dapat membantu Anda mencapai dana pensiun yang jumlahnya milyaran seperti hitungan di atas. Anda dapat memaksimalkan instrumen seperti jangka panjang seperti emas, saham, reksa dana dan lainnya. 

Hindari menggunakan instrumen jangka pendek seperti deposito berjangka dan tabungan karena lebih beresiko.

4. Jaga Kondisi Keuangan Tetap Sehat

Agar kondisi keuangan Anda tetap sehat maka perlu untuk mengadopsi prinsip pengeluaran harus lebih kecil dari pemasukan. Jika Anda melanggar prinsip ini maka keuangan Anda akan kacau. 

Karena strategi perencanaan keuangan untuk masa pensiun adalah komitmen jangka panjang. Itulah sebabnya Anda perlu melakukan hal berikut:

  • Perkuat Dana Darurat
  • Hindari hutang
  • Berinvestasi

5. Cari Sumber Penghasilan Lain

Melihat besaran dana yang harus Anda siapkan untuk hari tua nanti, maka alokasi dananya harus memadai. Itulah sebabnya Anda perlu memikirkan cara untuk mencari sumber penghasilan lain seperti membuka usaha.  

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh penghasilan tambahan. Salah satunya dengan memaksimalkan skill dan keahlian Anda sebagai sumber penghasilan tambahan.

Tips Mengoptimalkan Pengelolaan Keuangan Pada Masa Pensiun

Masa pensiun merupakan momen untuk beristirahat setelah Anda bekerja keras selama beberapa puluh tahun sebelumnya. Namun, Anda tetap harus bijaksana mengelola dana pensiun Anda agar tidak habis begitu saja. 

Berikut langkah-langkah perencanaan keuangan untuk mengelola dana pensiun dengan baik:

1. Utamakan Melunasi Hutang (Jika Ada)

Hutang seperti cicilan kredit yang masih belum selesai sebaiknya segera Anda selesaikan agar dapat menikmati masa pensiun dengan tenang. Rencanakan keuangan dengan baik sehingga ketika tiba masa pensiun Anda tidak lagi memiliki hutang berlebih.

2. Buka Usaha atau Memulai Bisnis

Di masa pensiun, membuka usaha atau memulai bisnis tidak hanya dapat memberi pemasukan rutin namun juga bisa menjadi kegiatan utama pasca pensiun. Rencanakan dari sekarang jenis usaha, perkiraan modal dan persiapan lainnya agar nantinya semua dapat terlaksana dengan baik.

3. Simpan untuk Dana Darurat

Sisihkan sebagian dana pensiun Anda untuk dana darurat agar dapat mengantisipasi jika terjadi sesuatu kepada Anda dan pasangan.

Baca juga: Mudahnya Mempersiapkan Dana Darurat dengan 3 Langkah Ini!

4. Buka Asuransi Hari Tua

Asuransi hari tua terbaik penting karena dapat membantu Anda membiayai dana kesehatan dan perlindungan kepada keluarga yang Anda tinggalkan.

5. Berinvestasi

Berinvestasi merupakan tips keuangan yang penting karena dapat membantu menjaga kondisi keuangan Anda tetap sehat pada masa pensiun. Pilih jenis investasi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda seperti properti, emas, reksadana atau saham.

Kesimpulan

Agar memiliki masa pensiun yang tenang dan menyenangkan maka Anda harus menyiapkan dana pensiun sejak muda. Kenali arti penting memiliki dana pensiun agar Anda termotivasi untuk berkomitmen mewujudkan hal tersebut.

Langkah selanjutnya adalah memaksimalkan masa produktif Anda untuk menabung agar semua kebutuhan Anda di masa pensiun dapat tercukupi. Pastikan Anda mengelola dana pensiun dengan baik ketika memasuki masa tersebut agar keuangan Anda tetap sehat.Sebelum berinvestasi, pastikan Anda telah memahami strategi perencanaan keuangan untuk masa pensiun supaya Anda tidak salah dalam memilih instrumen investasi.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].