7 Aplikasi Pinjaman Online Resmi yang Bisa Jadi Pilihan

0
645
Aplikasi Pinjaman Online Resmi

Berbagai aplikasi pinjaman online yang ada seolah menjadi solusi praktis dan cepat bagi mereka yang membutuhkan pinjaman uang untuk memenuhi kebutuhan hidup yang mendesak dan tak terduga. Aplikasi pinjaman online resmi dapat menyediakan dana yang Anda perlukan untuk memenuhi beragam kebutuhan. 

Namun maraknya pinjaman online ilegal seringkali membuat khawatir. Sebab alih-alih membantu nasabahnya, pinjol ilegal ini justru merugikan peminjam dengan bunga yang tinggi, tidak transparan, rencan terjadi kebocoran data, dan diketahui dapat menagih hutang dengan cara mengintimidasi bahkan meneror teman si peminjamnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka tak ada salahnya untuk mengetahui aplikasi pinjaman online resmi yang telah memiliki izin dari OJK untuk menjadi pilihan Anda.

Apa Itu Aplikasi Pinjaman Online?

Aplikasi pinjaman online atau pinjol adalah aplikasi fintech yang menyediakan layanan pinjaman sebagai solusi jangka pendek mereka yang membutuhkan uang secara cepat dan praktis hanya melalui genggaman Anda. Umumnya, pinjaman online difasilitasi oleh perusahaan P2P Lending atau yang dikenal sebagai lembaga keungan berbasis online. 

Akhir-akhir ini, pinjaman online banyak diminati oleh masyarakat karena pengajuannya cepat dan mudah, bahkan bisa langsung cair ke rekening Anda tanpa perlu menunggu lama. Namun Anda harus tetap waspada dalam memilih pinjaman online yang ada di Play Store maupun App Store, apakah pinjaman online tersebut resmi dan telah terdaftar di OJK atau belum. Terutama bila menawarkan pinjaman tanpa jaminan. Agar tidak salah pilih dan terjerat pinjol ilegal, Anda perlu menelaah lebih lanjut mengenai fintech yang akan digunakan. Pastikan pinjol tersebut telah terdaftar di OJK. Berikut ini 9 aplikasi pinjaman online resmi yang bisa Anda jadikan referensi.

Kredit Pintar

Kredit pintar merupakan aplikasi pinjaman online sejak tahun 2017. Saat ini Kredit Pintar telah memiliki status sebagai pinjaman online resmi yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk melakukan pengajuan pinjaman online, Anda dapat mengunduh aplikasi Kredit Pintar di Google Play Store maupun App Store. Sebagai syarat pengajuan pinjaman, Anda cukup menyertakan foto KTP dan proses pengajuan pun hanya berlangsung kurang dari 3 menit. Bahkan, kurang dari 1×24 jam dana pinjaman Anda akan cair setelah pengajuan Anda disetujui. 

IndoDana

Aplikasi pinjaman online resmi berikutnya adalah IndoDana. Fintech ini tak hanya melayani pinjaman online, namun juga menyediakan fitur bayar nanti (paylater) dalam satu aplikasi. Pada fitur paylater, IndoDana telah bekerjasama dengan berbagai merchant populer seperti Tokopedia, iStyle.id, Elevenia, dan banyak merchant offline lainnya.

Julo

Julo merupakan aplikasi pinjaman online legal yang telah memiliki izin resmi di OJK sejak Mei 2020. Melalui Julo, Anda juga dapat mengajukan kredit digital tanpa jaminan degan limit hingga Rp15 juta dan tenor hingga 9 bulan. 

Baca juga: Sulit Cari Pinjaman Modal Usaha? Ini Caranya!

Rupiah Cepat

Rupiah Cepat merupakan aplikasi pinjaman legal tanpa agunan, untuk pengajuannya hanya dengan syarat foto KTP dan mengisi data pribadi. Untuk proses pengajuan pinjaman hanya membutuhkan waktu 15 menit dan dana akan cair setelah pengajuan Anda disetujui. Rupiah Cepat menawarkan pinjaman dana hingga Rp10 juta dan jangka waktu hingga 1 tahun.

Danamas

Merupakan aplikasi layanan keuangan yang resmi dan berizin OJK. Dengan sistem P2P, Anda dapat memaksimalkan usaha atau bisnis Anda dengan proses yang mudah dan tidak berbelit-belit.

KTA Kilat

Aplikasi pinjaman online resmi berikutnya adalah KTA Kilat. Aplikasi ini telah terdaftar di OJK sejak tahun 2017. Aplikasi ini menyediakan pinjaman yang mudah dan dapat diakses melalui smartphone Anda dan dengan tenor mulai dari 15 hari hingga 120 hari dengan maksimal suku bunga tahunan yakni 24%.

PinjamanGo

Merupakan aplikasi pinjol yang menyediakan pinjaman dana yang telah telah memiliki izin resmi dari OJK serta merupakan perusahaan dari Sinarmas. Aplikasi ini menyediakan pinjaman online tanpa jaminan hingga Rp6 juta dengan tenor hingga 120 hari.

Kesimpulan

Terdapat berbagai macam aplikasi fintech lending yang ada di Google Play Store maupun di App Store, namun tak semuanya merupakan pinjol resmi yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Maka dengan adanya 9 rekomendasi fintech aplikasi pinjaman online resmi di artikel ini, Anda dapat memanfaatkannya ketika membutuhkan pinjaman dana dalam waktu cepat saat dalam kebutuhan mendesak.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]