12 Peluang Usaha yang Potensial Untuk Pemula

0
604
Peluang Usaha

Tanpa disadari di awal tahun yang baru ini mulai banyak orang yang mencari mana peluang usaha terbaik yang bisa dijalankan dan tentunya menghasilkan keuntungan yang berkali-kali lipat. 

Kondisi ekonomi yang belum juga membaik karena pandemi Covid-19 ini juga masih banyak dirasakan oleh banyak orang, karenanya memiliki kemampuan yang baik dalam membangun usaha adalah salah satu kunci agar kita tetap dapat bertahan di kondisi seperti sekarang.

Hal yang Diperlukan Untuk Memilih Peluang Usaha yang Menjanjikan

Mengikuti Passion

Untuk memulai sebuah usaha atau bisnis penting untuk memiliki sesuatu yang dapat membuat kamu semangat untuk melakukannya, salah satunya adalah dengan menjalankan sebuah usaha yang sesuai dengan passion. Hal tersebut diharapkan agar kamu akan menyukai pekerjaanmu dan dapat menghadapi berbagai macam tantangan dengan lebih tenang.

Go Online

Optimalkan perkembangan teknologi yang sedang berjalan untuk mengembangkan bisnis atau usahamu. Go Online di sini juga adalah hal yang bisa dilakukan agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas tanpa terbatas waktu dan lokasi dengan potensi keuntungan yang besar.

Kenali Adanya Kompetitor

Memiliki produk yang baik tentu tidak membuat jaminan akan mendapat kesuksesan pada usaha milikmu. Salah satu alasannya adalah dengan hadirnya kompetitor atau persaingan usaha.

Perlu adanya saling “berbagi” dengan kompetitor serta menerapkan strategi terkait perang harga yang bisa saja terjadi. Kondisi tersebut tentu akan membuat persaingan menjadi tidak sehat dan tidak optimal. Karena itu, cara terbaiknya adalah dengan melakukan riset pada peluang usaha yang dipilih. 

Ini 12 Peluang Usaha yang Menjanjikan untuk Dimulai

Usaha Pembuatan Website 

Usaha yang satu ini tentu memberikan kemudahan untuk kamu yang ingin mendapatkan uang hanya dari rumah. Untuk kamu yang memiliki keahlian di bidang IT terutama seorang Web Developer, maka peluang usaha yang satu ini bisa menjadi pilihan.

Tidak hanya dari jasa pembuatan website, penghasilan tambahan lainnya bisa kamu dapatkan melalui kerjasama yang dilakukan dengan pihak lain. Sebuah website tentunya, membutuhkan domain dan hosting agar dapat online. Karenanya, kamu juga dapat memanfaatkan ini untuk menjadi reseller hosting dan domain.

Tipe : Bisnis Reguler/Rumahan

Jenis Bisnis : Online

Modal : Kecil – Menengah

Usaha Waralaba/Franchise

Usaha yang satu ini merupakan usaha dengan model kemitraan dimana nantinya kamu akan bekerja sama dengan perusahaan yang memiliki produk dan sudah dikenal tentu akan lebih mudah untuk mendatangkan pembeli. Usaha franchise juga memiliki potensi bisnis yang terbilang baik, namun harus dibarengi dengan kemampuan dalam memilih franchise yang tepat.

Banyak yang memiliki anggapan bahwa usaha franchise membutuhkan modal yang tidak sedikit, nyatanya banyak pilihan pada franchise yang terjangkau seperti contohnya Laundry, jasa pelatihan dan lainnya.

Yang terpenting pada usaha ini adalah melihat peluang usaha terbaru serta memilih franchise yang cocok untuknya.

Tipe : Bisnis Reguler

Jenis Bisnis : Offline/Online

Modal : Menengah

Usaha Jasa Penerjemah

Memiliki kemampuan berbahasa asing tentu dapat membantu kamu untuk mendapatkan penghasilan lebih. Usaha yang satu ini juga bisa memberikan penghasilan jutaan rupiah dan keuntungan lainnya lagi kamu dapat melakukannya hanya dari rumah. Terutama lagi jika ini dilakukan secara full time bukan hanya part time

Tipe : Bisnis Rumahan

Jenis Bisnis : Offline/Online

Modal : Kecil

Baca juga: Ini 6 Pilihan Peluang Usaha di Bulan Ramadhan!

Usaha Toko Online

Memiliki usaha dengan memanfaatkan toko online merupakan salah satu pilihan terbaik untuk mereka yang terbatas dengan modal. Perlu diketahui bahwa peluang usaha ini adalah salah satu pilihan yang paling menjanjikan. 

Pada peluang usaha ini penting untuk melihat gap in the market. Hal tersebut dibutuhkan saat peluang terbaru yang belum digarap namun banyak dibutuhkan oleh banyak orang.

Tipe : Bisnis Reguler

Jenis Bisnis : Online

Modal : Kecil – Menengah

Usaha Food Truck

Di Indonesia sendiri usaha yang satu ini terbilang masih jarang ditekuni banyak orang dan tentunya belum populer. Biasanya food truck ini identik dengan negara-negara maju di luar negeri. Namun, seiring perkembangan zaman usaha food truck ini sudah mulai merambah ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Makanan yang dijajakannya sendiri juga beragam mulai dari sosis, rice box dan lainnya. Dibanding hanya memanfaatkan ruko sebagai tempat usahamu akan lebih optimal jika menggunakan truck sebagai tempat kamu menjajakan usahamu sehingga dapat menjangkau pelanggan dengan lebih luas.

Tipe : Bisnis Reguler/Rumahan

Jenis Bisnis : Offline

Modal : Menengah

Usaha Laundry Kiloan

Tidak diragukan lagi jika laundry selalu dicari oleh banyak orang dimanapun itu. Karenanya, laundry masih akan menjadi salah satu usaha yang direkomendasikan untuk dijalani.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha laundry memang relatif ada yang besar dan ada juga yang kecil. Namun, sebagai pemula alangkah baiknya jika memulainya dari kecil. Untuk mengoptimalkannya kamu dapat memanfaatkan teknologi sebagai cara terbaik nya sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.

Tipe : Bisnis Reguler/Rumahan

Jenis Bisnis : Offline

Modal : Kecil – Menengah

Usaha Pet Shop

Bagi kamu yang menyukai binatang khususnya kucing dan anjing, usaha yang satu ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Keuntungan dari bisnis yang satu ini juga bisa mencapai ratusan juta rupiah per bulan loh!.

Usaha Pet Shop ini juga terbilang mudah untuk dimulai dengan diawali pada jasa grooming, penitipan hingga menjual makan anjing dan kucing.

Tipe : Bisnis Reguler/Rumahan

Jenis Bisnis : Offline

Modal : Kecil – Menengah

Usaha Penyewaan Tenda Camping

Belakangan memang tren mendaki mulai berkembang kembali. Selain dapat menikmati waktu bersama teman, sekaligus bisa mendapatkan foto-foto yang bagus. Karena itu, usaha penyewaan tenda camping sangat potensial untuk dimulai. 

Cara terbaik untuk memulai bisnis ini dengan memastikan situasi dan kondisi saat ini jika sekiranya sudah berjalan dengan normal, maka kamu bisa mulai secara perlahan.

Tipe : Bisnis Reguler/Rumahan

Jenis Bisnis : Offline/Online

Modal : Kecil – Menengah

Usaha Jasa Desain Grafis

Pertumbuhan teknologi digital yang terus bergerak cepat tentunya berbanding lurus dengan kebutuhan seperti gambar, video dan lainnya yang lebih menarik. Jasa ini juga dibutuhkan untuk banyak hal seperti promosi media sosial, membuat desain logo hingga membuat kemasan produk yang menarik melalui desain grafis. 

Karena itu, banyak orang yang memanfaatkan hal tersebut sehingga mulai melirik peluang ini menjadi usaha yang bisa ditekuni. Namun, tidak semua orang yang memiliki keahlian ini sehingga potensi usaha ini semakin baik untuk kamu yang memiliki keahlian ini dan mencoba membangun usaha jasa desain sendiri.

Tipe : Bisnis Reguler/Rumahan

Jenis Bisnis : Offline/Online

Modal : Kecil – Menengah

Usaha Influencer

Banyak orang tentu menggunakan media sosial hanya untuk sekedar melihat konten-konten menarik yang disukai. Padahal jika dimanfaatkan kamu dapat menghasilkan uang dengan cara membuat konten sendiri yang lucu dan menarik melalui sosial media.

Namun, menjadi seorang influencer tentunya tidak semudah asal membuat konten tanpa konsep dan strategi yang benar. Penting untuk memiliki keunikan sendiri yang belum dimiliki orang lain sehingga konten atau kamu memiliki daya tarik yang berbeda dengan yang lainnya.

Tipe : Bisnis Reguler/Rumahan

Jenis Bisnis : Offline/Online

Modal : Kecil – Menengah

Usaha Thrifting Baju

Belakangan ini usaha thrifting mengalami kenaikan selama pandemi dan banyak juga yang mulai melirik thrifting ini sebagai peluang usaha yang paling menjanjikan keuntungan. Terlebih lagi usaha yang satu ini memang relatif membutuhkan modal yang tidak banyak, namun dapat memberikan keuntungan yang besar. 

Thrift shop juga mulai banyak bermunculan di media sosial dengan harga-harga yang beragam tergantung dengan kondisi dari bajunya. Tentunya, walaupun baju yang dijual bukan dalam kondisi terbaiknya, namun dari segi tampilan dan bahan biasanya masih sangat baik.

Tipe : Bisnis Reguler/Rumahan

Jenis Bisnis : Offline/Online

Modal : Kecil – Menengah

Usaha Sewa Perlengkapan Bayi

Setiap orang tua tentunya akan terus memberikan hal terbaik bagi perkembangan tumbuh buah hatinya. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan memberikan segala perlengkapan yang dibutuhkan oleh sang buah hati.

Namun, untuk mereka yang terkendala dengan dana biasanya mencari cara lainnya untuk melengkapi kebutuhan itu dengan cara menyewa barang. Hal tersebut juga didasari dengan masa tumbuh kembang anak yang cepat sehingga lebih efisien jika hanya menyewa dibandingkan dengan membeli.

Tentu memiliki modal awal yang besar dapat membantu untuk menambah jumlah koleksi perlengkapan yang dimiliki. Tetapi, jika ingin optimal tentu bisa hanya memulai dengan barang-barang yang paling sering dicari seperti stroller, bouncer atau box bayi. Jika usahamu meningkat maka sedikit-sedikit dilengkapi perlengkapan sewaannya.

Tipe : Bisnis Rumahan

Jenis Bisnis : Offline/Online

Modal : Menengah

Jadi, mana peluang usaha terbaik versi kamu?

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]