Apa yang Harus Kita Lakukan Untuk Menghemat Energi Listrik? Ini 5 Caranya!

0
2729
Apa yang Harus Kita Lakukan untuk Menghemat Energi Listrik

Mungkinkah kita hidup tanpa listrik? Nyaris tidak mungkin karena hampir seluruh kehidupan manusia melibatkan energi listrik, terutama dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Ketika listrik tidak ada, bisa dibilang kehidupan kita sulit berjalan normal.

Namun, semakin tinggi kebutuhan kita akan energi listrik, semakin banyak upaya yang dilakukan untuk memastikan pasokan energi listrik aman. Salah satunya dengan melakukan eksploitasi terhadap sumber daya alam yang ada. Itulah mengapa belakangan muncul kesadaran penggunaan energi terbarukan sebagai sumber energi listrik alih-alih mengandalkan sumber daya alam yang cepat habis, seperti minyak bumi dan batu bara.

Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk menghemat energi listrik? Yuk, simak lebih dulu penjelasan berikut.

Pemakaian Listrik di Rumah

Rumah menjadi tempat kegiatan harian kita berpusat. Tentu kamu mempunyai banyak peralatan elektronik yang biasa digunakan di rumah, baik yang rutin dipakai setiap hari maupun dipakai sesekali. Contoh, lampu digunakan rata-rata 12-14 jam sehari. Begitu juga dengan lemari es yang terus menyala sepanjang waktu.

Beberapa alat elektronik di rumah ternyata menyedot daya lebih besar dibandingkan peralatan lain. Pompa air salah satunya. Mesin cuci dan AC pun perlu energi banyak untuk bisa berfungsi baik, tak terkecuali penanak nasi.

Sekarang coba bayangkan bagaimana situasi di rumah ketika seluruh alat elektronik dipakai bersamaan? Kebiasaan memakai energi listrik sesuka hati berisiko membuatmu merugi lho. 

Pertama, kebiasaan boros listrik akan mengurangi ketahanan alat-alat elektronik milikmu. Peralatan yang seharusnya awet untuk jangka waktu lama jadi cepat rusak karena cara pemakaian yang tidak tepat. 

Kedua, bersiaplah tagihan listrik melonjak drastis. Bukan soal mampu atau tidak mampu membayar. Namun, jika kamu bisa berhemat, kelebihan uang dari pos pembayaran listrik bisa kamu alihkan untuk menambah pos lain yang lebih bermanfaat, seperti berinvestasi. Tentu ini lebih menguntungkan bagimu di masa mendatang.

5 Cara Menghemat Energi Listrik

Lalu, apa yang harus kita lakukan untuk menghemat energi listrik di rumah? Kelima cara sederhana berikut bisa menjawab persoalan tersebut.

  • Pakai lampu hemat energi

Pastikan seluruh lampu di rumahmu sudah memakai lampu hemat energi, misalnya jenis Light Emitting Diode atau LED. Dengan lampu berenergi rendah seperti ini, konsumsi listrik di rumah pun bisa dikontrol. Kemudian, usahakan untuk mengatur pemakaian lampu di rumah. 

Saat pagi hingga sore hari cukup andalkan sinar matahari untuk menerangi ruangan. Begitu juga pada malam hari, matikan minimal dua lampu yang tidak dipakai, serta biasakan untuk mematikan lampu ruangan jika sudah selesai digunakan.

Baca juga: 10 Cara Hidup Hemat Mudah Untuk Diterapkan

  • Pasang AC hemat energi

AC jadi penyelamat kita dari cuaca panas di rumah. Namun, AC menyerap daya lebih banyak daripada alat elektronik lain. Siasati kondisi ini dengan memasang AC hemat energi. 

Lalu, biasakan AC menyala hanya ketika ada orang di dalam ruangan tersebut. Jika memungkinkan, pasang AC hanya saat jelang tidur malam, misalnya di atas pukul 20.00, dan matikan saat menjelang subuh. Jadi, AC tidak menyala sepanjang hari.

  • Cabut kabel peralatan elektronik saat tidak diperlukan

Tahukah kamu, kebiasaan membiarkan kabel peralatan elektronik tetap terpasang pada stop kontak ternyata tidak tepat? Saat dicolokkan tetapi alat elektronik bersangkutan tidak dipakai, aliran listrik ternyata tetap mengalir lho. 

Plus, bahaya membiarkan ujung kabel charger yang tidak tersambung ke laptop atau ponsel karena berisiko menimbulkan korsleting saat bersentuhan dengan benda tertentu. Apalagi, jika ada anak-anak di rumah, segera cabut kabel peralatan elektronik yang tidak dipakai untuk mengurangi risiko bahaya sekaligus menghemat tagihan listrik.

  • Ciptakan rumah dengan penerangan dan ventilasi udara yang baik

Sederhana saja, pastikan kamu membuka tirai dan jendela di rumah setiap pagi. Selain untuk memastikan udara segar masuk dalam rumah, cahaya matahari akan menerangi ruangan secara alami. Ruangan tetap terasa sejuk dan terang, kamu pun bisa beraktivitas dengan nyaman.

  • Hanya nyalakan peralatan elektronik yang dibutuhkan saja

Mesin cuci, penanak nasi, oven listrik, setrika, hingga dispenser air merupakan sebagian kecil peralatan elektronik berdaya besar yang tidak perlu menyala sepanjang waktu. Maka, kamu bisa mengatur waktu pemakaian alat-alat tersebut agar konsumsi listrik yang dipakai pun tepat guna.

Contoh, sebisa mungkin hanya mencuci di pagi hari dan menyetrika di siang hari. Lalu, matikan mode air panas dispenser jika belum ingin mengonsumsi minuman panas. Terakhir, cabut kabel penanak nasi begitu nasi sudah matang. Mudah bukan?

Menjawab pertanyaan apa yang harus kita lakukan untuk menghemat energi listrik ternyata mudah. Cukup praktikkan lima cara sederhana di atas, mulai dari kamu sendiri. Coba yuk!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]