10 Cara Hidup Hemat Mudah Untuk Diterapkan

0
319
Cara Hidup Hemat

Cara Hidup Hemat – Perkembangan teknologi yang cepat membuat para pelaku usaha mulai memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk usahanya. Mereka mulai memanfaatkan sosial media sebagai media untuk memasarkan produknya. Mereka juga menyadari bahwa di era sekarang banyak masyarakat yang sudah mulai beralih ke online shopping. Ya, karena dengan menggunakan online shopping semuanya menjadi lebih mudah.

Kemudahan ini yang kadang membuat banyak orang menjadi tidak terkontrol untuk melakukan pembelian ini dan itu. Karena itu dibutuhkan pengendalian diri untuk menahan pembelian ini itu. Sangat penting untuk dapat mengontrol keuangan dengan lebih baik agar tidak jadi pemborosan. Untuk dapat mengontrol keuangan dengan lebih baik, kamu harus belajar menerapkan hidup hemat. Lalu, bagaimana sih cara hidup hemat yang sebenarnya?

  • Tentukan Prioritas

Tentukan prioritas. Saat kamu ingin melakukan pengeluaran pastikan terlebih dahulu prioritas yang ingin dibeli. Jangan membeli barang atau sesuatu hal yang sifatnya tidak perlu. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan yang sifatnya hanya untuk kepuasan sementara.

Baca juga: Susun Prioritas Finansial Kamu Dengan 4 Cara Ini!

  • Pengeluaran dan Pendapatan

Pengeluaran harus kurang dari pendapatan. Ini hal yang harus selalu kamu ingat. Jika pengeluaran melebihi dari pendapatan, maka jelas kamu tidak dapat menghamburkan uang demi sekedar kesenangan semata. Usahakan juga untuk tidak berhutang, karena saat berhutang keuangan kamu akan sangat berpengaruh. Dari sisi lain juga berhutang dapat menimbulkan perasaan yang tidak tenang dan membuat keuangan bulanan kamu lebih tidak dapat teratur.

  • Menjaga Kesehatan

Cara hidup hemat lainnya adalah jaga kesehatan. Hubungannya apa? Dengan menjaga pola hidup sehat, tentu akan meminimalisir kamu terkena penyakit yang membutuhkan biaya. Saat kamu terserang penyakit dan penyakit kamu membutuhkan obat untuk penyembuhannya, sudah pasti kamu akan mengeluarkan biaya untuk berobat. Hal ini membuat kamu mengeluarkan biaya yang tidak terduga. Ketika ini sudah berkepanjangan dan membutuhkan biaya, maka kamu harus menyisihkan pendapatan bulanan kamu untuk mengobatinya.

Oleh karena itu, jaga kesehatan kamu untuk dapat menikmati hidup yang lebih sehat.

  • Bijak dalam Belanja

Sadar atau tidak, tentu kamu akan lebih nyaman berbelanja di tempat yang relatif lebih sejuk seperti di supermarket. Berbelanja di supermarket juga lebih mudah. Padahal semua itu sebanding dengan harga yang mereka berikan. Karena tentu di supermarket harga barang lebih mahal dibandingkan kamu membeli barang di pasar atau di pinggir jalan. Mereka mematok harga lebih tinggi karena secara tidak langsung mereka juga menjual jasa, selain itu juga terdapat pajak diluar dari harga yang tertera jadi sudah pasti harganya jauh lebih tinggi dibandingkan di pasar.

  • Membawa Bekal

Salah satu kebiasaan yang satu ini juga banyak memberikan manfaat, selain bisa membantu kamu hidup hemat membawa bekal juga dapat membuat kamu lebih hemat. Mungkin saat kamu butuh sarapan lalu membeli sarapan di sekitar kantor kamu harganya pasti cukup mahal. Jika membawa bekal selain lebih hemat tentunya lebih enak dan mengenyangkan loh.

  • Go Green

Hal yang satu ini perlu diterapkan, karena dengan menerapkan pola hidup seperti ini artinya kamu membantu menjaga dan melestarikan bumi ini. Lalu bagaimana cara menerapkannya? Mulai lah dari hal kecil seperti menghemat penggunaan listrik dengan mematikan lampu saat sedang tidak dibutuhkan, menghemat penggunaan air, beralih ke penggunaan transportasi umum dan yang terbaru mungkin kamu bisa membantu mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Selain dapat menghemat kamu juga mendukung agar bumi terus terjaga kelestariannya.

  • Jangan Meremehkan Uang Receh

Kadang uang receh (koin) sudah tidak berarti banyak bagi sebagian orang, padahal tanpa sadar uang receh bila dikumpulkan bisa menjadi sesuatu yang lebih berharga. So, hindari kebiasaan untuk langsung ‘mengamalkan’ uang receh yang kamu terima sebagai kembalian belanjaan kamu. Ada baiknya kamu kumpulkan dalam satu tempat, lalu saat sudah banyak dapat kamu tukarkan untuk menjadi uang kertas maka akan lebih berharga lagi bukan?

  • Disiplin Menabung

Pendapatan bukanlah suatu ukuran kekayaan orang, melainkan cara mengatur pendapatan tersebutlah yang dapat berimbas kepada keuangannya. Karena itu, pola hidup dengan menabung adalah sesuatu yang perlu kamu terapkan dalam hidup. Menabung ini bisa kamu mulai dengan menyisihkan 20%-30% dari pendapatan. Hasil dari menabung ini dapat kamu gunakan sewaktu-waktu apabila ada hal yang sifatnya darurat.

Baca juga: 5 Manfaat Menabung Untuk Masa Depan

  • Menerapkan Pola Hidup Sederhana

Tidak jauh berbeda seperti pada poin sebelumnya, kamu bisa menerapkan pola hidup sederhana ini. Cara menerapkannya kamu dapat memulai membedakan kebutuhan dan keinginan. Artinya kamu bisa mulai memprioritaskan suatu hal yang sifatnya lebih dibutuhkan dan mengesampingkan keinginan sendiri. Dengan menerapkan pola hidup sederhana, maka kamu dapat hidup lebih hemat.

  • Membeli Barang Investasi

Lagi cari cara hidup hemat? Alihkan saja dana kamu untuk membeli barang-barang yang dapat dijadikan investasi. Dengan investasi dana kamu dapat berkembang. Investasi ini juga dapat kamu mulai mulai dari investasi emas, properti, ataupun investasi yang sedang berkembang seperti investasi p2p lending. Hal ini juga dapat membantu kamu untuk memperkecil dana cair kamu yang bisa kamu belanjakan.

Terapkan Cara Hidup Hemat di atas Sejak Dini!

BLOG100 Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi Eben (+62811-9300443) atau untuk pinjaman dana usaha kamu bisa menghubungi Omar (+62812-9799-7917) dan Rizky (+62811-1312-309) atau bisa via email [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here