Apa Itu Afirmasi? Ketahui Contoh dan Manfaatnya

0
1127
Apa Itu Afirmasi

Pernah mendengar istilah afirmasi positif? Istilah ini semakin dikenal dalam pembahasan tentang motivasi dan kesehatan mental. Anda mungkin sudah pernah menerima (atau bahkan melakukan) afirmasi dan merasakan dampaknya, tetapi belum sepenuhnya memahaminya. Mari kenali istilah ini lebih jauh dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Apa Itu Afirmasi

Apa itu afirmasi? Secara harfiah, kata afirmasi merujuk pada penegasan atau peneguhan yang positif atau bersifat mendukung. Akan tetapi, dalam kesehatan mental dan motivasi, kata ini memiliki maksud lebih dalam.

Afirmasi positif merupakan metode untuk mempengaruhi alam bawah sadar secara positif. Tujuannya adalah menekankan potensi serta hal-hal baik dalam diri sehingga seseorang terpicu untuk berusaha, mulai dari menghadapi hambatan, melewati masa sulit, memupuk kepercayaan diri, hingga berjuang mencapai tujuan.

Konsep ini memiliki dasar dalam teori psikologi sosial yang bernama afirmasi diri (self-affirmation). Teori yang mulai populer pada tahun 1980-an ini mengajak individu untuk menegaskan harga diri dan nilai mereka sebagai pribadi unik, lepas dari penghakiman atau standar orang lain.

Mengapa Afirmasi Positif Penting?

Afirmasi positif bisa membawa dampak baik dalam berbagai aspek kehidupan, terutama yang berkaitan dengan kesehatan mental. Inilah beberapa contohnya:

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri bisa menurun akibat pengalaman buruk seperti sering diremehkan, dilecehkan, atau dianggap tidak berharga. Afirmasi membantu menanamkan kepercayaan diri untuk mencoba sesuatu yang baru, yakin pada kemampuan diri sendiri, serta menanamkan harga diri.

Memberi Motivasi dari Dalam

Ketika Anda ingin memulai sesuatu yang membutuhkan usaha, Anda mungkin membutuhkan motivasi atau dorongan. Selain dari orang tercinta atau komunitas, motivasi harus datang dari dalam. Proses afirmasi akan memberi Anda dorongan untuk memulai sesuatu, mulai dari rutinitas olahraga, belajar hal baru, hingga memasuki bidang kerja yang menantang.

blog100

Mengelola Pikiran Negatif

Pikiran negatif adalah sesuatu yang wajar, tetapi jangan biarkan hal tersebut mempengaruhi cara Anda mengambil keputusan. Afirmasi positif membantu Anda mengelola pikiran negatif agar tidak memiliki dampak terhadap setiap pengambilan keputusan.

Mendukung dalam Proses Pemulihan Jiwa

Proses pemulihan jiwa setelah mengalami trauma atau guncangan mental sangat panjang dan rumit. Anda membutuhkan dukungan profesional, terapi, serta beragam aktivitas untuk perlahan pulih. Afirmasi merupakan bagian dari proses tersebut, misalnya untuk membentuk cara berpikir baru atau memandang diri sendiri secara lebih positif.

Baca juga: Polis Asuransi Adalah : Pengertian hingga Fungsinya

Membantu agar Lebih Bahagia

Sebagai bagian dari teori afirmasi diri, afirmasi positif membantu Anda agar lebih bahagia. Kebahagiaan tersebut datang dari kemampuan untuk memandang diri sendiri secara lebih positif serta lebih dewasa dalam menghadapi masalah.

Contoh Afirmasi Positif Sederhana

Afirmasi positif bisa berbeda untuk setiap orang, tetapi ada beberapa contoh yang bisa Anda tiru untuk diterapkan pada diri sendiri. Contohnya adalah:

  • “Saya sanggup dan mampu menghadapi setiap tantangan yang datang”
  • “Saya mencintai diri sendiri dan tidak harus mengikuti standar orang lain agar bisa bahagia”
  • “Saya sanggup mengubah kebiasaan makan, olahraga, dan tidur demi masa depan yang lebih baik”
  • “Saya tidak akan menyalahkan diri karena peristiwa masa lalu di luar kendali saya”
  • “Saya memiliki dukungan keluarga/teman/komunitas yang baik dan tidak perlu takut dalam menghadapi tantangan”
  • “Saya punya kemampuan dan ketekunan untuk mempelajari hal baru”
  • “Saya memiliki kendali terhadap jalan kehidupan saya sendiri”
  • “Saya menyadari bahwa gelombang pikiran negatif ini bukan sesuatu yang benar-benar terjadi, dan sebentar lagi akan berlalu”
  • “Saya telah melangkah sejauh ini, dan saya bangga terhadap diri sendiri”

Setiap orang memiliki afirmasi positif sendiri yang unik dan sesuai pengalaman. Anda bisa mengulanginya setiap hari sebagai pengingat serta memotivasi diri sendiri. Jika perlu, catat kata-kata yang berarti bagi Anda, dan letakkan di buku notes, ponsel, dinding kamar, atau layar laptop sebagai pengingat. Anda juga bisa mendiskusikan afirmasi positif dengan orang-orang yang membantu Anda, misalnya terapis dan konsultan.

Jadi, apa itu afirmasi? Afirmasi positif merupakan salah satu upaya untuk menegaskan sisi baik dalam diri sendiri, meningkatkan motivasi, dan mengubah pola pikir agar kehidupan menjadi lebih baik. Terapkan afirmasi positif secara teratur beserta upaya Anda untuk meningkatkan kualitas hidup, dan buktikan sendiri hasilnya setelah beberapa waktu.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].