5 Tips Jitu Buat Youtube Content Marketing

0
981

Menjadi youtuber atau content creator terasa menyenangkan dan menggiurkan. Tak heran kini konten-konten di youtube pun semakin beragam. Dengan semakin beragam, artinya persaingan menjadi youtuber pun semakin ketat.

Mendapatkan banyak penonton dan subscriber, tentu sebuah impian bagi para youtuber. Bagi youtuber pemula, hal itu tentu bukan perkara mudah. Namun bagi Sobat yang baru menjadi youtuber tak perlu khawatir, karena terdapat tips yang Akseleran rangkum agar channel Sobat dibanjiri penonton dan subscriber.

Berikut 5 tips jitu buat youtube content marketing!

1. Tentukan konten dan target penonton
Sebelum membuat video, tentu Sobat perlu membuat perencanaan. Perencanaan sebaiknya sudah dibuat ketika Sobat baru memulai sebuah channel youtube. Hal ini agar Sobat bisa fokus untuk meraih penonton yang Sobat impikan.

Jika Sobat masih bingung ingin membuat konten apa? Cobalah membuat beberapa video sebagai langkah awal atau istilahnya learning by doing. Jika setelah beberapa kali ada yang dirasa lebih menarik penonton atau merasa salah satu tayangan tersebut adalah “Sobat banget”. Hal itu bisa dijadikan acuan untuk membuat video selanjutnya, artinya Sobat sudah bisa menentukan konsep dan target penonton. Dengan demikian, Sobat memiliki rencana konten yang lebih kreatif dan inovatif yang berujung pada konsistensi mengunggah video ke channel youtube Sobat.

Jika Sobat ingin melakukan perencanaan yang lebih mendalam, Sobat bisa lakukan cara-cara berikut:

  • Mengamati konten-konten dari channel youtube yang sudah lebih dulu sukses.
  • Situs Statfire.com dapat Sobat gunakan untuk mendapatkan inspirasi dan ide video.
  • Membaca data dari youtube analytics.
  • Untuk pemula bisa lakukan survei kecil-kecil, caranya bertanya atau blast pesan singkat ke teman-teman terdekat terkait konten youtube Sobat.
  • Evaluasi

2. Gunakan judul yang menarik dan sesuai dengan konten
Salah satu cara optimasi video adalah memakai judul yang menarik. Tetapi perlu diingat, jangan hanya mengejar klik bait, artinya Sobat perlu memastikan judul tersebut berkaitan dengan konten yang Sobat unggah ke youtube. Hal ini agar penonton tidak merasa “dibohongi” oleh judul yang Sobat buat. Jika penonton merasa dibohongi, nantinya penonton tidak akan menonton hingga selesai bahkan tak akan berkunjung lagi ke channel Sobat.

Untuk mendapatkan judul yang menarik, Sobat bisa melihat referensi judul-judul pada media online. Media online adalah tempat belajar yang baik. Kenapa? Sebab mereka memiliki jurnalis dan editor profesional yang telah terbiasa membuat headline/judul menarik. Sobat bisa belajar dari mereka.

3. Optimalkan fungsi thumbnail
Selain judul, thumbnail merupakan faktor penting dalam menarik perhatian calon penonton. Sebisa mungkin gunakanlah thumbnail yang sudah Sobat modifikasi. Kalau bisa, jangan pakai thumbnail default di youtube. Sebab thumbnail default youtube seringkali kurang menarik. Untuk membuat thumbnail yang menarik, Sobat bisa pakai tool dari aplikasi edit foto.

4. Promosikan video melalui sosmed
Mempromosikan video yang telah Sobat unggah melalui sosial media atau jaringan yang Sobat miliki, menjadi salah satu promosi yang ampuh dan murah. Untuk itu, promosikanlah videomu. Caranya, gunakan akun media sosial seperti blogmu, forum komunitas yang Sobat ikuti, grup WhatsApp ataupun LINE, list email yang Sobat miliki, dan lainnya.

5. Manfaatkan fitur playlist dan fitur layar akhir
Cara lain untuk optimasi video adalah memakai fitur-fitur optimasi yang sudah disediakan oleh youtube. Contohnya fitur playlist dan fitur layar akhir. Dengan memakai playlist, Sobat bisa kumpulkan video-video yang relevan dalam satu daftar putar. Jadi, ketika penonton selesai menyaksikan satu video, mereka akan diajak untuk terus menyaksikan video-video lain yang relevan.

Sementara itu, layar akhir adalah fitur yang memungkinkan Sobat menambahkan elemen tertentu di layar akhir video. Contoh elemen yang bisa Sobat tampilkan, seperti tombol subscribe ataupun rekomendasi video tertentu. Untuk memakai fitur layar akhir, Sobat tinggal masuk ke tab layar akhir dan anotasi di pengaturan video pada creator studio.

Sobat, itulah 5 tips jitu buat youtube content marketing yang bisa Sobat terapkan pada channel youtubemu. Semoga bermanfaat!

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]