Wajib Tahu! Inilah Manfaat Asuransi Jiwa

0
754
Manfaat Asuransi Jiwa

Perusahaan asuransi memiliki berbagai macam produk perlindungan asuransi, salah satunya adalah asuransi jiwa. Asuransi jiwa adalah program perlindungan dalam bentuk pengalihan risiko finansial ketika pemilik asuransi tersebut kehilangan penghasilan, didera penyakit tertentu, cacat, hingga meninggal dunia. Risiko tersebut dibayarkan oleh perusahaan tempat mendaftarkan asuransi jiwa tersebut kepada tertanggung atau pihak lain yang diatur dalam polis.

Manfaat asuransi jiwa memang tidak dapat dirasakan langsung keuntungannya. Tapi, setiap pemegang polis asuransi dipastikan sudah mendapat perlindungan yang terjamin. Lalu apa saja manfaat yang bisa didapatkan oleh peserta asuransi jiwa? Berikut penjelasannya.

1.    Proteksi dari risiko meninggal dunia

Manfaat asuransi jiwa paling utama adalah dapat melindungi tertanggung dari berbagai bentuk risiko musibah yang mungkin terjadi di masa depan. Misalnya kepala keluarga meninggal dunia yang menyebabkan kehilangan mata pencaharian. Dengan memiliki asuransi ini, perusahaan asuransi akan membayar sejumlah uang pertanggungan jika musibah terjadi sesuai dengan polis yang berlaku

2.    Memastikan kelangsungan hidup keluarga atau ahli waris

Asuransi jiwa berperan penting untuk memastikan kelangsungan hidup anggota keluarga lainnya bila terjadi sesuatu kepada kepala keluarga. Manfaat ini tentunya membantu memberikan kepastian dalam mempersiapkan masa depan keluarga, seperti pendidikan anak dan keadaan finansial ke depannya yang lebih terlindungi. Dengan memiliki asuransi jiwa, kamu membebaskan ahli waris dari beban-beban tanggungan yang dapat menyulitkan di masa depan.

3.    Mendapatkan pertanggungan untuk penyakit kronis

Manfaat asuransi jiwa selanjutnya yaitu bisa menutupi biaya perawatan selama menjalani pengobatan kronis. Hal ini berlaku jika Anda didiagnosis menderita penyakit yang termasuk terminal illness dan diperkirakan akan hidup kurang dari 12 bulan. Selama orang yang bersangkutan masih hidup, maka kondisi tersebut dapat memanfaatkan benefit dari asuransi jiwa untuk keperluan biaya berobat. Terdapat produk asuransi jiwa yang mampu memberi manfaat asuransi berupa perlindungan dari risiko cacat sebagian maupun cacat total permanen, selain proteksi dari risiko meninggal dunia. Penanggung atau pihak asuransi jiwa akan membayarkan manfaat asuransi sesuai polis dan selanjutnya asuransi akan berakhir apabila tertanggung mengalami cacat tetap total akibat kecelakaan.

4.    Tabungan Hari Tua

Selain untuk proteksi dari risiko kematian, asuransi jiwa bermanfaat sebagai tabungan pensiun atau hari tua. Misalnya produk asuransi jiwa unit link dan dwiguna dapat membantu pemegang polis dalam mengakumulasi persiapan dana pensiun. Biasanya, premi yang dibayarkan tidak sebatas untuk keperluan asuransi, melainkan bisa sekaligus investasi.

Dengan memiliki asuransi jiwa, kamu mendapatkan perlindungan kondisi finansial yang menjadi lebih stabil meski terjadi risiko-risiko tidak terduga di masa depan. Selain itu, secara tidak langsung, kamu akan dipaksa berkomitmen untuk menyisihkan bagian dari penghasilan agar dapat membayar asuransi jiwa secara disiplin.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut