Devisa Adalah: Definisi, Sumber, dan Fungsinya

0
2353
Devisa Adalah

Sektor keuangan merupakan jantung kehidupan sebuah negara. Jika kondisi keuangan negara sehat, sektor lain akan mengikuti, terutama pertumbuhan ekonomi. Salah satu parameter pertumbuhan ekonomi yang positif adalah keberadaan cadangan devisa. 

Apa pengertian devisa? Dari mana saja sumber devisa diperoleh dan apa fungsi devisa  bagi negara? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di sini. 

Definisi Devisa

Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan devisa sebagai alat pembayaran luar negeri yang bisa ditukarkan dengan uang negara lain (mata uang asing). Pada versi Otoritas Jasa Keuangan, devisa adalah kumpulan dana yang dihimpun pemerintah atau bank sentral lewat upaya jual beli mata uang tertentu guna mempengaruhi kurs valuta. 

Secara umum, devisa merujuk pada kumpulan valuta asing yang berperan sebagai medium pembiayaan transaksi perdagangan internasional. Sebagian ahli berpandangan devisa merupakan nilai kekayaan suatu negara dalam wujud mata uang asing. 

Nilai devisa suatu negara tidak dapat didefinisikan oleh semua mata uang dunia, tetapi hanya mata uang asing yang beredar di negara bersangkutan, serta mempunyai catatan kurs resmi di bank sentral negara tersebut. Di Indonesia, mata uang asing yang lazim digunakan menghitung devisa adalah dolar Amerika Serikat dan Euro. Jadi, tidak mungkin devisa dihitung dalam Bolivar, mata uang Venezuela. 

Apa Saja Sumber Devisa?

Sumber devisa adalah kegiatan internasional yang melibatkan transaksi keuangan antarnegara. Beberapa sumber devisa tersebut antara lain:

Kegiatan ekspor barang dan jasa

Merupakan salah satu sumber devisa terbesar negara. Kegiatan ekspor barang dan jasa ke luar negeri sudah tentu membuahkan keuntungan bagi negara. Semakin tinggi nilai ekspor barang dan jasa, semakin besar pendapatan negara dari sumber devisa ini. 

Pungutan Bea Masuk

Berbagai barang impor yang masuk dalam suatu negara akan dikenakan pungutan bea masuk. Ini menjelaskan mengapa harga barang impor jadi lebih mahal ketimbang barang lokal. 

Imbalan terkait penggunaan jasa di luar negeri

Tenaga kerja Indonesia kerap dijuluki “pahlawan devisa” karena memperoleh imbalan atas penggunaan jasa mereka di luar negeri. Beberapa negara juga menjual jasa tertentu kepada negara lain sebagai sumber devisa. Singapura misalnya, dikenal piawai menjual jasa perdagangan lewat pelabuhan kapal laut, perbankan, dan jasa pengiriman barang.

Kegiatan sektor pariwisata

Turis asing datang ke suatu negara dengan membawa mata uang negaranya. Ketika ia menukarkan mata uang asing tersebut dengan mata uang lokal, akan terjadi pemotongan sejumlah nilai tukar yang berfungsi sebagai sumber devisa negara.

Utang luar negeri

Ternyata pinjaman dari luar negeri alias utang luar negeri tercatat sebagai devisa. Meski negara akan mengembalikan utang, tetapi saat menerimanya diposisikan sebagai sumber devisa sehingga bisa digunakan untuk belanja negara.

Bantuan, hibah, dan hadiah luar negeri

Saat negara menerima bantuan, hibah, atau hadiah dari negara lain yang berbentuk uang, akan dihitung sebagai sumber devisa negara. Namun, jika berupa barang tidak disebut demikian. 

Fungsi Devisa 

Fungsi utama devisa adalah alat pembayaran perdagangan internasional, tetapi devisa juga menjadi parameter kekuatan ekonomi suatu negara. Secara ringkas, berikut fungsi devisa yang perlu diketahui.

Alat pembayaran perdagangan internasional yang sah

Keberadaan devisa dapat memuluskan proses transaksi perdagangan internasional atau ekspor impor. Devisa berperan sebagai mata uang kedua yang sah bagi suatu negara untuk melakukan kegiatan jual beli di luar negeri, apa pun jenis barang atau jasa yang diperdagangkan.

Baca juga: Perdagangan Internasional: Pengertian, Teori, Manfaat, dan Faktor Pendorongnya!

Alat pendanaan hubungan internasional

Pendanaan berbagai kegiatan operasional yang bertujuan untuk membangun relasi lintas negara biasanya akan dibiayai oleh devisa negara. Contoh, kegiatan diplomatik atau kunjungan ke negara lain, mengikuti konferensi antarnegara di luar negeri, dan kegiatan terkait hubungan internasional lainnya.

Alat pembayaran atas utang luar negeri

Kekayaan negara bukan cuma digunakan untuk kepentingan perekonomian domestik, seperti membangun infrastruktur di seluruh penjuru negeri. Namun, juga dipakai sebagai alat pembayaran utang luar negeri yang pernah dipinjam negara.

Sumber pendapatan negara

Seperti telah dijelaskan di atas, devisa adalah salah satu sumber pendapatan negara. Bertambahnya devisa berperan penting dalam meningkatkan perekonomian negara serta mendorong pembangunan nasional di segala sektor kehidupan. 

Dari serangkaian penjelasan di atas, devisa adalah alat pembayaran perdagangan internasional dalam bentuk mata uang asing. Devisa juga berfungsi sebagai sumber pendapatan dan kekayaan negara.

Sumber devisa pun beragam, mulai dari kegiatan ekspor impor, penjualan jasa ke luar negeri, kedatangan turis asing, pungutan bea masuk, hingga utang luar negeri. Pertambahan devisa akan berdampak positif pada perekonomian negara sehingga bisa memacu pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional di semua bidang.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].