Lebih Jauh Mengenal Valuta Asing Serta Fungsinya

1
145
Valuta Asing Adalah

Anda pasti sudah sering mendengar istilah valuta asing atau valas, terutama saat sedang berbicara tentang bisnis berskala internasional. Namun, tahukah Anda sebenarnya apa itu valas? Ya, valuta asing adalah jenis mata uang yang dipakai untuk alat transaksi atau pembayaran yang sah dalam aktivitas jual beli berskala internasional. 

Jika demikian, jenis mata uang yang seperti apa yang dimaksudkan? Lalu, bagaimana dengan sistem yang diterapkan? Apabila Anda adalah seorang pengusaha atau sedang berencana untuk menjalankan bisnis impor dan ekspor, mengetahui berbagai hal tentang valuta asing tentu jadi hal yang penting. 

Arti Valuta Asing

Valuta asing adalah jenis mata uang yang sudah diakui, diterima, dan dipakai pada setiap pemilik bisnis dalam berbagai aktivitas jual beli berskala internasional. Ini artinya, valuta asing tak dapat digunakan sebagai alat transaksi jual beli yang masih berada dalam skala domestik. 

Meski demikian, Anda juga perlu mengetahui kalau tidak semua jenis mata uang asing bisa digunakan untuk bertransaksi di lingkungan bisnis internasional. Sebab, mata uang yang digunakan untuk valuta asing wajib masuk dalam kategori Hard Currency atau jenis mata uang dengan nilai yang lebih kuat terhadap pilihan lainnya. 

Biasanya, mata uang Hard Currency berasal dari negara yang lebih maju dan memiliki kekuasaan ekonomi yang besar dibandingkan dengan negara lain. Lalu, bagaimana dengan Rupiah? Apakah mata uang Indonesia bisa dikategorikan sebagai Hard Currency? Sayangnya, tidak.

Sebab, mata uang negara Republik Indonesia masih dibilang lemah dan pemanfaatannya sebagai alat transaksi berskala internasional juga dapat dikatakan sangat jarang dilakukan. Oleh karena itulah, Rupiah masuk dalam kategori mata uang Soft Currency. 

Selain itu, valuta asing adalah komponen dari devisa atau sumber kekayaan negara yang ada di luar negeri. Devisa sendiri dapat berbentuk jasa, barang, juga mata uang. Artinya, semakin sering mata uang dari suatu negara dipakai untuk bertransaksi, tentu negara yang bersangkutan akan menjadi sangat diuntungkan.

Baca juga: 3 Alasan Mengapa Investasi Dollar Sangat Menjanjikan!

Fungsi Valuta Asing

Secara garis besar, valuta asing punya peran yang cukup signifikan dalam kaitannya dengan transaksi jual beli dunia. Meski begitu, valuta asing masih punya banyak fungsi lain. Berikut beberapa di antaranya: 

Menjadi Alat Transaksi Berskala Global

Valuta asing umumnya dipakai sebagai alat transaksi jual beli global atau internasional. Namun, valuta asing juga dapat digunakan untuk pembayaran utang suatu negara terhadap negara lain. Pastinya, mata uang tersebut sudah resmi dan sah digunakan. 

Menjadi Alat Penukaran Taraf Internasional

Selain menjadi alat penukaran untuk setiap kegiatan transaksi barang, valuta asing juga banyak digunakan sebagai alat penukaran setiap kegiatan jual dan beli jasa berskala internasional.

Dapat Mengelola Kurs Mata Uang

 Kurs mata uang wajib dikelola dengan tepat, sebab hal ini bersifat fluktuatif. Artinya, kurs mata uang bisa saja naik, tetapi tidak menutup kemungkinan mengalami penurunan. Agar dapat terhindar dari kondisi ini, pemerintah biasanya akan memakai valuta asing sehingga kurs mata uang di negara tersebut tetap stabil. 

Memudahkan Kegiatan Perdagangan Dunia

Valuta asing adalah jenis mata uang yang telah sah dan diyakini oleh masing-masing pihak yang terlibat, termasuk masing-masing negara. Ini pastikan akan membuat kegiatan jual beli lebih mudah dan lancar. 

Kapan Valas Ini Dibutuhkan?

Jika diamati dari definisinya, valuta asing dibutuhkan apabila Anda hendak melaksanakan aktivitas jual dan beli dengan rekan bisnis di negara lain atau sekelas internasional, seperti impor maupun ekspor. Mata uang yang dipakai sebagai alat transaksi tentu harus resmi dan sudah disetujui oleh semua pihak yang terlibat. 

Jenis Valuta Asing

Berdasarkan jenisnya, valuta asing terbagi menjadi dua, yaitu valuta asing fisik dan non-fisik. Valuta asing fisik merupakan uang asing yang berupa kertas maupun logam. Sementara itu, valuta asing non-fisik adalah uang asing yang berupa surat berharga, termasuk cek dan wesel. Sementara itu, berdasarkan bentuknya, valuta asing dapat dikategorikan menjadi empat jenis, yaitu saldo kredit, mata uang asing, hak pendapatan pembayaran, dan surat wesel yang berasal dari luar negeri.

Demikian tadi informasi mengenai valuta asing yang perlu diketahui. Valuta asing adalah jenis mata uang yang punya banyak fungsi, salah satunya yaitu sebagai alat tukar dan pembayaran dalam aktivitas jual beli dan transaksi internasional. Semoga bermanfaat. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]