Hard Worker atau Smart Worker: Kamu yang Mana?

1
102
Hard Worker atau Smart Worker?

Kita sering mendengar bahwa bekerja keras dapat membantu seseorang mencapai impian dan aspirasinya. Namun sebenarnya, mana yang lebih baik antara bekerja keras atau bekerja cerdas? Lalu apa perbedaan antara keduanya?

Secara garis besar, bekerja keras adalah bekerja dengan menghabiskan waktu berjam-jam untuk melakukan tugas tertentu, sementara bekerja cerdas adalah bekerja dengan menemukan cara terbaik untuk melakukannya dengan cara yang paling efisien dan efektif. Umumnya, bekerja keras lebih mementingkan kuantitas di atas kualitas. Bekerja keras memiliki tujuan untuk hanya menyelesaikan tugas, dan juga biasanya memakan waktu dan energi. Sementara itu bekerja cerdas tak hanya mengedepankan kuantitas, namun kualitas juga sama pentingnya. Bekerja cerdas berarti berusaha menemukan cara terbaik untuk melakukannya secara efisien dan cara yang efektif yang mana mengandalkan pemecahan masalah dan kreativitas.

Lalu mana yang lebih baik? Bekerja keras atau bekerja cerdas? Pada hakikatnya, dengan bekerja keras, seseorang akan mendapatkan pengalaman yang membantunya menemukan hal-hal baru yang akan membantu agar bisa bekerja dengan cerdas. Dengan kata lain, kerja cerdas adalah hasil dari kerja keras yang telah dilakukan sebelumnya.

Untuk dapat menerapkan konsep kerja cerdas, kamu bisa melakukan beberapa trial and error terlebih dahulu. Pada tahap awal, kamu mungkin membutuhkan kuantitas daripada kualitas. Hal ini harus dilakukan dengan konsisten untuk dapat melatih kemampuan diri. Kamu bisa membuat daftar pekerjaan yang kamu lakukan, beserta hasil dari setiap inisiatif, kemudian mulailah merencanakan strategi dengan data yang kamu miliki tersebut.

Menggabungkan cara bekerja lebih keras dan bekerja lebih cerdas dapat menjadi cara terbaik untuk mengatasi semua tantangan. Bekerja keras mungkin tampak melelahkan, tetapi untuk bekerja dengan cerdas, kita harus mendapatkan pengalaman dalam mengetahui cara melakukannya.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut