Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua, Stimulus Positif untuk Rupiah?

0
268

Vaksinasi covid-19 tahap kedua mulai bergulir di Indonesia dengan menyasar warga lansia dan para pekerja publik. Akankah gelombang kedua pemberian vaksinasi yang direncanakan rampung pada Mei 2021 ini memberi stimulus positif bagi nilai tukar rupiah?

Menurut Presiden Komisioner HFX International Berjangka Sutopo Widodo, pemberian vaksinasi covid-19 tahap dua memiliki pengaruh positif. Hal ini dikarenakan, vaksinasi menimbulkan harapan terhadap percepatan pemulihan aktivitas ekonomi nasional. 

Pendapat senada dikemukakan Analis Global Kapital Investama Alwi Assegaf. Dengan program vaksinasi yang agresif, diharapkan krisis kesehatan yang ditimbulkan oleh pandemi covid-19 segera berakhir.

“Orang-orang akan beraktivitas secara normal tanpa dihantui kekhawatiran virus. Dengan berjalannya kembali roda perekonomian, maka akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi dalam negeri, yang tentunya akan berdampak positif bagi rupiah,” ujar Alwi kepada Akseleran, Kamis (25/2).

Terkait kinerja rupiah yang pekan ini cenderung melemah, menurut Alwi dikarenakan adanya kenaikan imbal hasil obligasi Amerika Serikat yang saat ini mencapai level tertinggi dalam setahun terakhir. 

“Di sisi lain, kebijakan BI yang memangkas suku bunga sebesar 25 bps menjadi 3,50% juga memukul rupiah. Dengan suku bunga yang dipangkas, maka selisih imbal hasil SBN dengan imbal hasil obligasi pemerintah negara-negara lainnya akan menyempit,” jelas Alwi.

Berdasarkan Data Satgas Penanganan Covid-19, total sasaran vaksinasi covid-19 di Indonesia sebanyak 181.554.465 orang. Untuk tahap pertama yang diberikan kepada tenaga kesehatan, hingga 24 Februari sudah 1.363.138 orang divaksin dari total target 1.468.764. Sementara itu, total sasaran vaksinasi tahap kedua sebanyak 38.513.446 orang.  

Pekerja publik yang menjadi sasaran vaksinasi tahap kedua adalah sebagai berikut:

– Guru/dosen

– Tokoh agama dan penyuluh agama

– Wakil rakyat (DPR RI, DPD, DPR Provinsi/kabupaten/kota)

– Pejabat negara

– Pegawai daerah

– Jurnalis

– TNI, Polri dan pekerja keamanan

– Pekerja transportasi publik

– Pelayanan publik

– Pedagang pasar

– Atlit

– Pelaku sektor pariwisata

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]