13 Ide Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini

0
1368
Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini

Ada banyak ide usaha makanan atau minuman yang bisa Anda jalankan untuk memulai bisnis sendiri. Apa saja? Ini dia 13 ide usaha makanan paling laris saat ini. Selain bisa menyesuaikan bujet, Anda juga tidak terikat lagi dengan jam kantor.

Anda tentu memerlukan modal untuk memulainya. Artikel ini akan membahas lengkap tentang jenis makanan terlaris 2023 dan modal yang perlu Anda siapkan. Siap sukses? Ini dia 13 ide usaha makanan terlaris yang bisa Anda mulai.

1. Usaha Katering

Bisnis katering tidak pernah ada matinya, bahkan kian marak dengan spesialisasi jenis makanannya. Misalnya katering sehat, katering diet, katering khusus anak, dan sebagainya. Anda bisa mempertimbangkan jenis usaha ini, terutama jika Anda suka memasak dan memiliki keahlian tentang gizi, teknik menghias, dan sebagainya. 

Untuk promosi awal, informasikan Anda membuka pesanan katering untuk keluarga, kantor, bahkan mungkin lingkup yang lebih besar. Untuk modal usahanya, tentu saja ini tergantung jenis pembayaran yang Anda tentukan. 

Misal, jika Anda menentukan pembayaran separuh harga di awal, baru kemudian separuhnya lagi setelah katering diterima. Maka, Anda paling tidak harus memiliki minimal 1 juta sebagai modal. 

2. Jualan Roti Bakar

Saat musim hujan atau malam hari, bahkan saat musim panas pun, roti bakar tetap jadi pilihan yang pas untuk menemani keseruan quality time. Kumpul bersama keluarga atau saat ngobrol di beranda dengan teman dan sahabat memang paling pas ditemani makanan satu ini. 

Anda bisa menjalankan usaha roti bakar secara online melalui marketplace, medsos, juga ojek online. Sesuaikan dengan kemampuan serta sumber daya manusianya.

3. Jualan Aneka Gorengan

Meskipun kedengarannya simpel, tetapi gorengan banyak peminatnya. Anda bisa memulai jualan gorengan dengan menawarkannya di grup-grup WA. Akan lebih baik tawarkan secara PO, sehingga Anda tahu betul berapa modal yang Anda perlukan.

Untuk pisang goreng,  pasaran pada umumnya  adalah Rp2.000 rupiah untuk 3 biji. Misalnya saja pisang satu sisir seharga Rp25 ribu, tepung terigu rata-rata Rp15 ribu sekilo. Maka, Anda membutuhkan Rp40 ribu untuk 1 jenis gorengan.

4. Jual Salad Buah

Makanan ini juga banyak peminatnya. Meskipun kadang dibanderol dengan harga yang lumayan, tetapi melalui wadah ukuran kecil, Anda bisa menjual dengan harga yang cukup ramah di kantong. Selain banyak peminat, jual salad buah juga mudah mempersiapkan bahan-bahannya.

Modal yang harus Anda sediakan tentu saja tergantung buah apa saja dan topping apa saja yang akan Anda pakai. Anda bisa menjualnya secara online. Display foto-foto terbaik supaya pembeli tertarik dan menjadi pelanggan tetap salad buah Anda. 

5. Jual Frozen Food

Untuk ibu-ibu , anak-anak kuliah, dan anak kos, frozen food atau makanan beku yang tinggal goreng atau tinggal kukus adalah idola. Jenis makanan ini memang cukup praktis, sehingga tidak banyak menggunakan waktu serta energi untuk dimasak. Ini sebabnya, frozen saat ini kian banyak digemari. 

Harganya frozen food cukup beragam, tergantung merek dan ukuran wrapping-nya. Namun rata-rata per wadah atau per plastik, harganya sekitar Rp25 ribu. Nah, berarti jika Anda ingin menyediakan setidaknya 10 macam, maka Anda butuh modal 250 ribu.

6. Jual Aneka Keripik dan Kerupuk

Jual aneka keripik dan kerupuk juga modalnya tidak terlalu besar. Misalnya saja kerupuk terasi. Dengan harga 10 ribu, Anda sudah mendapatkan satu kresek ukuran sedang. Anda bisa mengemasnya lagi dengan plastik 1 kiloan dan menghargainya Rp2.000 per plastik.

Anda bisa mengemasnya sampai 10 bungkus dan mendapatkan untung Rp10 ribu. Itu hanya dari 1 jenis kerupuk. Jika Anda menambah jenis kerupuk dan keripiknya, maka minimal Anda harus menyediakan 200 ribu. Itu sudah termasuk untuk membeli plastiknya. 

7. Jualan Aneka Sambal

Jual aneka sambal sudah barang tentu menjadi solusi yang meringankan orang-orang penyuka pedas, namun tak sempat masak. Modalnya pun kecil sehingga Anda bisa memulainya sekarang juga. Misalnya untuk sambal teri, berikut perhitungannya.

Modal usaha jual sambal teri

  • Teri ½ kilo = 40.000
  • Tomat 5 buah =   3.000
  • Cabe = 10.000
  • Bawang putih = 5.000
  • Bawang merah = 5.000
  • Daun jeruk = 2.000

————————————-

Total = 65.000

Setelah Anda masak, masukkan ke dalam botol kaca. Wadah plastik harga 25 ribuan yang biasa juga tersedia di toko bahan roti. Satu wadahnya kira-kira berukuran 60ml.

Katakanlah satu paket sambal Anda jual 25 ribu, Ketika Anda membuat 20 pieces, maka penghasilan Anda adalah 20 x Rp25.000, yaitu Rp500.000. Jangan lupa menyesuaikan harga dengan modal awal ya, supaya Anda tetap untung. 

8. Jual Puding

Seperti yang kita tahu, sekarang tersedia beraneka jenis puding dengan isian dan topping yang beragam pula. Makanan ini tidak hanya tersedia sebagai dessert di restoran, tetapi sudah bisa dinikmati kapan saja. 

Sebagai langkah awal, Anda tidak perlu memaksakan diri menjual puding dengan berbagai topping buah yang harganya melebihi bujet yang tersedia. Gunakan buah atau isian sederhana seperti biskuit dan cerme yang harganya terjangkau. Untuk memulai usaha jual puding, ini contoh perhitungan biaya modal yang Anda perlukan.

Perhitungan modal awal di atas hanya perkiraan. Anda selalu bisa menyesuaikannya dengan bujet yang tersedia.

9. Jual Makaroni Pedas

Hampir sama dengan jualan aneka sambal, jual makaroni pedas ini tidak membutuhkan banyak modal. Kelebihannya lagi, jajanan ini punya banyak penggemar. Nah Anda juga harus membuat perkiraan perhitungan modalnya.

Berikut ini perkiraan perhitungan modal awal untuk Anda berjualan makaroni pedas. Jika modal masih sisa, Anda bisa mengembangkannya dengan menambah varian rasa yang bisa semakin menggugah. 

Itu sudah jadi 8 saset atau plastik. Jika per sasat Anda jual Rp7.000, maka penghasilan Anda adalah 8 x Rp7.000 = Rp56.000.

Baca juga: 20 Pilihan Peluang Usaha yang Menjanjikan di 2023

10. Jual Dessert Box

Bisnis modal kecil tentu banyak yang menyukainya, dan jual dessert box adalah salah satu usaha yang kecil modalnya. Berapa modal yang harus Anda siapkan? Ini dia perkiraannya.

Dengan hanya Rp500 ribuan sampai sejutaan, Anda sudah bisa menyediakan bahan-bahannya: susu cair, agar-agar, maizena, mentega, cokelat dan cup bening ukuran 10 x 10 cm. Jika modalnya bertambah, misalnya Rp600 ribuan, Anda sudah menghasilkan 15 sampai 25 dessert box yang bisa Anda jual seharga Rp80 ribuan. Bisa dibayangkan keuntungan Anda?

11. Jual Cireng

Siapa yang tak kenal dengan cireng/ Camilan gurih yang biasa hadir dengan sambal kecap ini punya banyak penggemar. Modal usaha jual cireng juga tergolong murah. Anda punya kesempatan emas jika ingin mencobanya. 

Bagaimana dengan modalnya? Ini dia perkiraan perhitungannya. Hanya bermodal Rp500 ribuan, Anda bisa memproduksi cireng krispi sekitar 7500 bungkus, atau membutuhkan kira-kira 1 setengah ton tepung. Lalu, omzet yang bisa Anda dapatkan mencapai Rp60 jutaan. 

12. Jual Bento Cake

Untuk menyediakan bahan-bahan seperti telur, gula pasir, susu cair, atau teh gelas rasa apel, cake emulsifier, tepung terigu, baking powder, garam, minyak dan selai (sesuai selera), kira-kira Anda perlu menyediakan Rp500 ribuan.

13. Jual Rice Bowl

Rice bowl saat ini kian jadi pilihan praktis menu makan siang bagi pekerja kantoran maupun anak-anak sekolah. Makanan ini layak Anda pertimbangkan untuk jadi ide usaha. Nah, jika Anda memilih rice bowl denan topping ayam goreng sambal matah, hitungan modal awalnya, kira-kira sebagai berikut.

  • Ayam 1 kilo Rp 30.000,- (cacah rica)
  • Tepung serba guna Rp 15.000,-
  • Lain-lain (beras, tomat, cabe, bawang putih, bawang merah, timun) Rp100.000.

Dengan total modal Rp145 ribu, Anda bisa membuat sekitar 15 sampai 20 porsi sehari. Harga jualnya bisa di kisaran Rp17.000 sampai Rp20 ribuan, tergantung pada ukuran wadah dan topping-nya. 

Maka perkiraan penghasilan Anda adalah 20 x Rp17.000, yaitu Rp340.000. Untung yang cukup oke untuk memulai. Nah, sudah siap dengan ide usaha makanan paling laris saat ini? Semoga artikel ini menginspirasi ya. Selamat menjalankan usaha Anda. Semoga sukses!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].