10 Pilihan Usaha baru Setelah Idul Fitri Modal Minim

0
342
Usaha baru setelah Idul Fitri dengan modal minim

Menjalankan bisnis dapat menjadi sumber pendapatan baru bagi keluarga. Pada saat Ramadan banyak orang yang membuka bisnis musiman seperti takjil dan hampers. Lantas, apa saja peluang usaha baru setelah Idul Fitri dengan modal minim?

Sebenarnya, ada banyak peluang usaha rumahan yang patut Anda coba. Dengan banyaknya pilihan ide bisnis, tentu akan menjadi cukup sulit untuk menentukan bisnis mana yang akan Anda jalankan.

Untuk itu, ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih satu jenis usaha. Misalnya, Anda perlu mempertimbangkan keahlian, peluang usaha, modal, dan potensi keuntungan.

Ide Usaha Baru Setelah Idul Fitri dengan Modal Minim

Bagi pemula yang baru saja terjun ke dunia usaha, tentu memilih bisnis modal minim untuk meminimalisir potensi kerugian. Lantas, bagaimana cara memulai usaha baru setelah Idul Fitri dengan modal yang kecil? Berikut adalah beberapa tips dan peluang usaha pasca Idul Fitri yang dapat Anda coba.

Memulai Usaha dengan Memanfaatkan Kemampuan

Berikut adalah beberapa bisnis dengan modal kecil dengan memanfaatkan keahlian Anda.

1. Menjadi Pekerja Lepas

Saat ini kebutuhan akan pekerja lepas meningkat pesat. Ada banyak permintaan untuk pekerja freelance dengan bakat tertentu.

Jadi, Anda perlu menggali potensi diri untuk menentukan keahlian apa yang bisa Anda tawarkan. Misalnya, Anda bisa memulai bisnis sampingan sebagai desainer grafis, penulis lepas, atau digital marketer. Buat website portofolio berkualitas untuk membangun kepercayaan klien.

2. Membuka Kursus atau Bimbingan Belajar

Jika Anda memiliki passion mengajar, membuka kursus atau bimbel bisa menjadi peluang usaha baru modal kecil. Anda tidak hanya bisa membuka kursus secara offline tetapi juga online.

Ada banyak keuntungan membuka kursus online. Salah satunya adalah Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa tempat. Selain bisa menambah pemasukan, bisnis kursus online adalah cara untuk berbagi ilmu yang bermanfaat.

3. Membuka Jasa Fotografi

Jika Anda memiliki keahlian di bidang fotografi dan memiliki kamera yang mendukung, tidak ada salahnya untuk menawarkan jasa sebagai fotografer. Jasa foto merupakan peluang usaha setelah Idul Fitri yang cukup menjanjikan.

Akan ada banyak keluarga yang ingin mengabadikan momen indah saat lebaran. Tentu mereka jarang berkumpul karena banyak yang merantau. Oleh karena itu, momen lebaran adalah kesempatan untuk Anda untuk menawarkan jasa foto keluarga.

4. Membuka Jasa Make Up

Apakah Anda memiliki keahlian rias wajah? Membuka jasa make-up bisa menjadi peluang usaha baru setelah Idul Fitri. Pangsa pasar jasa make-up cukup luas.

Jika Anda belum percaya diri untuk menjadi seorang perias pengantin, Anda bisa memperbanyak dulu portofolio dengan menawarkan jasa make-up wisuda, pre-wedding, maupun acara lamaran.

5.  Jasa Pijat Refleksi

Membuka jasa pijat bisa menjadi pilihan usaha menjanjikan untuk pemula. Jasa ini banyak dicari apalagi setelah lebaran. Banyak orang yang capek setelah perjalanan jauh untuk mudik.

Selain itu, modal usaha ini juga sangat kecil. Anda hanya perlu membeli minyak urut. Namun, Anda harus mengambil kursus pijat refleksi terlebih dahulu untuk mendalami teknik pijat yang benar.

Baca juga: 10 Usaha Modal 1 Juta di Kampung yang Menguntungkan

Mencari Peluang Usaha yang Cocok dengan Tren Pasca Idul Fitri

Ramadan menjadi salah satu momen yang tepat untuk memulai bisnis. Namun, prospek bisnis setelah lebaran juga cukup menarik. Jika uang THR Anda masih ada sisa, Anda bisa memanfaatkannya untuk memulai bisnis

Ada berbagai peluang usaha baru setelah Idul Fitri dengan modal minim. Berikut adalah beberapa contoh bisnis yang bisa Anda coba setelah lebaran.

1. Catering Sehat

Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok. Oleh karena itu, bisnis makanan pasti tidak ada matinya. Saat bulan puasa, banyak orang yang membuka usaha takjil maupun kue lebaran. Lantas, bisnis makanan apa yang cocok dijalankan setelah lebaran?

Catering makanan sehat bisa menjadi pilihan tepat. Saat lebaran, orang-orang pasti banyak mengkonsumsi makanan manis, bersantan, dan kurang sehat. Oleh karena itu, bisnis makanan sehat bisa menjadi usaha baru setelah idul Fitri dengan modal minim namun dengan menawarkan keuntungan yang menjanjikan. Misalnya, anda bisa menjual menu sehat seperti salad, jus buah organik, jamu, dan lain-lain.

2. Bisnis Mainan

Salah satu prinsip dalam mengawali bisnis adalah memilih usaha yang jarang tapi dibutuhkan. Setelah lebaran adalah momen yang tepat untuk menjual mainan.

Saat lebaran, pasti anak-anak mendapat banyak uang dari keluarga. Lalu, mereka ingin menggunakan uang tersebut untuk membeli mainan. Jika ingin memulai bisnis mainan tanpa modal, Anda bisa mencoba menjadi reseller atau dropshipper mainan.

3. Usaha Laundry

Saat lebaran, orang-orang lebih fokus untuk bersilaturahmi dengan saudara dan teman. Beberapa dari mereka juga mudik ke kampung halaman. Oleh karena itu, mereka pasti tidak memiliki waktu untuk mencuci baju.

Itulah alasan kenapa bisnis laundry sangat direkomendasikan menjadi usaha paska Idul Fitri. Jika hasil cucian laundry Anda bersih, rapi, dan wangi, tidak menutup kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan tetap Anda.

4. Bisnis Oleh-Oleh

Idul Fitri adalah momen untuk mudik. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memulai bisnis oleh-oleh khas daerah Anda. Usaha baru setelah Idul Fitri dengan modal minim ini bisa berupa makanan atau kerajinan.

Orang-orang yang mudik biasanya akan membeli oleh-oleh makanan khas daerah sebelum kembali ke perantauan. Tentu, hal ini bisa menjadi usaha menjanjikan untuk pemula.

5.  Jasa Cuci Kendaraan

Setelah lebaran, orang-orang akan kembali ke kota. Sebelum perjalanan jauh, mereka akan menyiapkan kendaraan mereka. Oleh karena itu, bisnis cuci kendaraan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Usaha ini tidak membutuhkan keahlian khusus dan hanya memerlukan modal kecil. Sehingga, usaha ini cocok untuk semua kalangan.

Tips Menggunakan Media Sosial untuk Promosi Usaha

Bisnis Anda tidak akan berjalan tanpa adanya promosi. Salah satu cara promosi yang efektif adalah melalui media sosial. Sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk cetak brosur maupun iklan.

Berikut adalah tips promosi usaha baru setelah Idul Fitri dengan modal minim melalui media sosial.

1. Tentukan Target Konsumen

Sebelum memulai promosi, Anda harus menentukan target pasar dan calon konsumen Anda. Hal ini sangat penting karena mempengaruhi teknik promosi.

Selain itu, jika Anda telah menentukan target untuk pemasaran produk, Anda akan lebih mudah menentukan jenis konten dan gaya bahasa untuk mempromosikan produk dan jasa Anda.

2. Tentukan Platform

Setiap media sosial memiliki segmen pengguna yang berbeda. Untuk itu, pilihlah medsos yang tepat sesuai target konsumen dan jenis jasa atau produk yang Anda tawarkan.

3. Buat Konten Unik dan Kreatif

Cara menawarkan produk melalui konten baik gambar maupun video harus kreatif dan unik. Dengan begitu, produk Anda akan mudah diingat.

4. Konsisten dalam Posting

Kemudian, Anda harus rajin melakukan promosi. Misalnya, anda bisa membuat content planning untuk upload 2 atau 3 video per hari. Sehingga, konten Anda bisa menjangkau lebih banyak audience.

5. Respon Cepat

Jika Anda mempromosikan barang secara online, Anda harus cepat menanggapi komentar atau chat dari calon konsumen. Ketika mereka mendapat jawaban yang memuaskan, mereka akan tertarik dan memutuskan untuk membeli produk yang Anda jual.

Selain itu, untuk meningkatkan brand awareness, Anda bisa menggunakan strategi giveaway. Semakin gencar promosi yang Anda lakukan, maka semakin viral produk Anda. Dengan strategi pemasaran yang tepat, peluang usaha baru modal kecil akan terbuka dengan lebar.

Kesimpulan

Sebenarnya ada banyak peluang usaha modal kecil yang ada di sekitar kita. Namun, diperlukan kejelian dalam memilih bisnis yang benar-benar menjanjikan. Artinya, bisnis tersebut bisa bertahan lama dan dapat menghasilkan keuntungan.

Tidak ada yang salah dengan bisnis musiman. Namun, akan lebih baik jika bisnis yang Anda rintis dapat berjalan dan berkembang secara berkelanjutan.Itulah beberapa tips dan rekomendasi usaha baru setelah Idul Fitri dengan modal minim. Kira-kira bisnis mana yang akan Anda coba? Sebelum memilih, sebaiknya lakukan dulu riset dan tentukan target pasar untuk menentukan usaha mana yang memiliki peluang paling besar. Dengan begitu, usaha yang Anda pilih bisa berjalan dengan lancar.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].