UMKM Perlu Aktif Mencari Jenis Teknologi Finansial Terbaru

0
323
Perusahaan Fintech

Kontribusi UMKM terhadap PDB nasional pada tahun 2024 ditargetkan mencapai 65%. Namun, target ini masih jauh dari realisasi tahun 2020 sebesar 37,3% (data Kementerian Koperasi dan UMKM). Padahal, di tahun 2019 kontribusi UMKM sudah mencapai 60,3% dari total PDB Nasional. Penurunan ini salah satunya karena terdampak perlambatan ekonomi selama pandemi covid-19. 

Salah satu upaya untuk membantu UMKM tetap tumbuh dan berkembang adalah dengan menyediakan akses terhadap pendanaan. Di tengah kemajuan teknologi digital, akses pendanaan bagi UMKM pun semakin luas. UMKM kini tak hanya bergantung pada perbankan, melainkan juga bisa menggunakan platform P2P Lending. 

“P2P Lending mirip seperti bank yang memfasilitasi simpan-pinjam. Fintech P2P Lending hadir untuk menjembatani, menjadi mak comblang antara pemberi pinjaman dan penerima pinjaman. Bedanya, kami di P2P Lending tidak memberikan pinjaman, hanya menyediakan platform, ruang temu antara pemberi dan penerima pinjaman,” ujar Chief Risk Officer Akseleran Ganda Rusli pada program UMKMPRO Talk

Mengapa Fintech P2P Lending seperti Akseleran menarik untuk UMKM karena proses yang cepat dan tidak membutuhkan agunan berupa fixed asset. Untuk memverifikasi calon peminjam, Akseleran memiliki metodologi pengecekan dan credit scoring. 

“Pendanaan yang diajukan bisa mulai dari Rp10 juta untuk UMKM. Kami juga bekerja sama dengan platform marketplace online seperti Bukalapak dan Tokopedia,” ujar Ganda.  

Salah satu persyaratan UMKM agar dapat memperoleh pendanaan usaha melalui Akseleran adalah usahanya sudah berjalan selama sekurang-kurangnya satu tahun. 

Ganda menyarankan kepada para pengusaha UMKM untuk aktif mencari jenis-jenis teknologi atau insiatif teknologi baru di bidang financial technology agar tidak ketinggalan perkembangan dan bisa “naik kelas”. Sebagai informasi, salah satu borrower Akseleran, yaitu PT Transkon Jaya Tbk tahun lalu go public atau IPO setelah dua tahun memperoleh pendanaan usaha melalui Akseleran. 

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]