Tradisi Unik Paskah di Lima Negara

0
129

Bukan hanya menghias telur Paskah, sejumlah negara memiliki tradisi unik untuk memperingati hari Paskah. Beberapa dari tradisi tersebut, mungkin sementara harus ditiadakan karena pandemi covid-19 yang masih melanda dunia. 

Yuk, simak apa saja tradisi unik tersebut. 

  1. Larantuka, Indonesia

Larantuka adalah sebuah kota kecil di Flores Timur yang selama lebih dari lima abad mengadakan tradisi Semana Santa selama pekan Paskah. Tradisi yang merupakan perpaduan budaya adat setempat dan Portugis ini dimulai pada Rabu Trewa, di mana umat Katolik berkumpul di kapel-kapel untuk mengenang kisah penangkapan Yesus di Taman Getsemani. Pada Kamis Putih, digelar upacara Tikam Ture yaitu prosesi menanam lilin di sepanjang rute yang akan dipakai untuk prosesi Jumat Agung. Lalu, puncaknya pada Jumat Agung, patung Tuan Ma (patung Bunda Maria) dan Tuan Meninu (Yesus Kristus) akan diarak menggunakan ratusan perahu motor. 

  1. Filipina

Mendapat pengaruh dari Spanyol, negara dengan mayoritas penduduk beragama Katolik ini, punya tradisi unik pada hari Jumat Agung. Warga menggelar drama kisah sengsara dan wafat Yesus di sejumlah tempat. Bahkan, di beberapa komunitas, salah satunya di provinsi Pampanga, prosesi tersebut melibatkan umat yang sampai dipaku di kayu salib sebagai ekspresi penebusan dosa. 

Selanjutnya, pada Minggu Paskah digelar prosesi “Salubong”. Dalam bahasa Tagalog, Salubong berarti bertemu atau menyambut kedatangan seseorang. Tradisi ini menggambarkan kegembiraan ketika Yesus berjumpa Bunda Maria setelah Yesus bangkit dari kematian. Akan ada pawai yang menyertai prosesi penyingkapan selubung kain hitam dari patung Bunda Maria. Lambang dukacita yang berganti sukacita. 

  1. Polandia

Sehari setelah Minggu Paskah, yaitu Senin Paskah adalah hari libur di Polandia. Nah, pada hari ini warga Polandia merayakan tradisi Smigus-Dyngus atau Wet Monday. Dulu, biasanya para pria yang melempari perempuan dengan air. Namun kini, pria dan perempuan bisa saja saling melempar air dari ember atau kantong plastik. Konon, perempuan yang paling kuyup karena siraman bakal segera menikah.

  1. Norwegia

Warga Norwegia punya cara unik menghabiskan libur Paskah mereka, yaitu menonton atau membaca kisah-kisah kriminal/misteri yang disebut juga paskekrim. Ribuan warga Norwegia akan larut dalam kisah-kisah novel detektif atau film misteri yang diputar di televisi nasional maupun di bioskop. Bahkan tak jarang, film atau serial bertema kriminal diluncurkan menjelang libur Paskah di Norwegia.  

  1. Antigua, Guatemala 

Warga Antigua merayakan parade Minggu Paskah dengan menggelar karpet alami yang memadukan berbagai hasil bumi. Penduduk memulai persiapan berminggu-minggu dan bahkan berbulan-bulan sebelumnya menciptakan persembahan rumit yang indah ini. Pertama-tama, pasir diletakkan untuk meratakan batu bulat, diikuti oleh serbuk gergaji yang telah dikumpulkan dan diwarnai menjadi warna cerah merah, kuning, biru, ungu, hijau dan hitam. Jarum pinus, bunga dan buah-buahan juga digunakan untuk dekorasi dan pengharum. Desain karpet mencerminkan tradisi suku Maya, simbolisme alkitabiah dan pemandangan alam.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]