Tips Merapikan Rumah ala Marie Kondo

0
681
Tips Merapikan Rumah ala Marie Kondo

Apakah kamu sering kalap belanja pakaian saat mendapatkan promo belanja di e-commerce? Atau kamu sering membeli sepatu baru yang selaras dengan warna baju yang ada di lemari? Kemungkinan kamu memiliki banyak barang hingga kamu bingung menyimpannya, tak jarang juga kamu lupa kalau memiliki barang tersebut.

Tenang saja, ada cara yang dapat digunakan untuk menyiasati barang-barangmu. Kamu bisa coba merapikan barang di rumah menggunakan cara Marie Kondo atau yang disebut dengan metode Konmari. Marie Kondo merupakan seorang perempuan Jepang berpengaruh di dunia yang dikenal karena metodenya merapikan rumah, ia juga dijuluki sebagai the tidiest woman in the world. Berikut tips merapikan rumah ala Marie Kondo yang bisa kamu terapkan.

1. Sortir barang yang sudah tak terpakai

Kita cenderung memiliki kebiasaan menyimpan benda yang sebenarnya tidak diperlukan lagi. Tanpa disadari sebetulnya kebiasaan ini membuat rumah berantakan karena terlalu banyak barang yang harus disimpan.

Marie Kondo menekankan bahwa, setiap orang harus memahami apa yang layak disimpan dan dibuang. Mereka berupaya menyimpan hal-hal yang mungkin tidak diperlukan lagi.

2. Simpan barang berdasarkan kategori

Marie Kondo menyarankan merapikan barang berdasarkan kategorinya, bukan berdasarkan ruangannya. Ada beberapa kategori benda di rumah, seperti: pakaian, buku, alat tulis, dokumen, peralatan elektronik, dan masih banyak lagi. Jadi kamu bisa menyimpan satu kategori benda di rumah pada satu tempat saja.

3. Pilih tempat penyimpanan yang tepat

Jika kamu memiliki “rumah” untuk setiap barang, kamu bisa lebih mudah memastikan semua barang berada di tempat yang tepat. Pilihlah rak dengan akses termudah untuk menyimpan sepatu yang sering dipakai. Dengan cara ini, kamu akan lebih mudah menemukan barang ketika sedang mencarinya. Begitu pula sebaliknya, ketika kamu ingin mengembalikannya, kamu dengan mudah memahami lokasi pengembaliannya.

4. Susun pakaian secara vertikal

Untuk penyimpanan pakaian, usahakan melipat dan menyusun secara veritkal alih-alih menumpuknya ke atas. Penyusunan ini akan memudahkanmu mencari pakaian dan mengambilnya, karena kamu tidak perlu mengeluarkan semua pakaian seperti yang biasanya terjadi ketika pakaian tersusun secara horizontal.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut