Tips Menjalani KPR Agar Terasa Lebih Ringan

0
112
Tips Menjalani KPR Agar Terasa Lebih Ringan

Tidak dapat dipungkiri bahwa harga rumah memang tidak murah. Dari sana lah KPR hadir sebagai solusi jitu. Kredit pemilikan rumah atau KPR adalah salah satu cara mencicil rumah dengan jangka waktu tertentu dan bunga tertentu. Kita hanya perlu mempersiapkan uang down payment atau uang DP sebagai salah satu syarat untuk mengajukan KPR. Cicilan KPR pun bisa disiasati agar pembayarannya terasa lebih ringan ketika dijalani. Simak beberapa tips berikut ini

1. Fokus kumpulkan DP

Di awal kita hanya perlu fokus mengumpulkan dana untuk DP. Semakin besar DP yang kita bayarkan, otomatis akan semakin rendah cicilan berjalan setiap bulannya. Salah satu strategi menabung yang efektif adalah menyisihkan sekitar 15 sampai 30% gaji yang didapatkan dan alokasikan khusus untuk DP rumah.

2. Rumuskan cicilan per bulan

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, semakin besar DP yang dibayarkan, maka semakin rendah cicilan berjalan di setiap bulannya. Dari sini kamu sudah bisa merumuskan berapa cicilan per bulan sebagai gambaran agar tidak memberatkan pengeluaranmu ke depannya. Misalnya kamu membeli rumah seharga Rp 400 juta, dengan DP sebesar Rp 100 juta, dan tenor 20 tahun, maka cicilan per bulan yang akan dijalani adalah sebesar Rp 3,2 juta.

3. Usahakan punya passive income

Karena KPR termasuk utang, maka idealnya cicilan per bulannya tidak lebih dari 30% dari penghasilan atau gaji tiap bulan. Memiliki passive income akan sangat membantu meringankan cicilan KPR.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut