Contoh Surat Klaim Asuransi dan Cara Mendapatkannya

0
6500
Contoh Surat Klaim Asuransi

Anda mungkin sudah mendaftar asuransi untuk berjaga-jaga, tetapi sudahkah Anda tahu cara melakukan klaim ketika diperlukan? Mengetahui contoh surat klaim asuransi membantu Anda untuk mengisi informasi yang diperlukan ketika akan mengajukan klaim. Anda bisa segera menyiapkan dokumen penting untuk segera mengajukan klaim tanpa prosedur rumit.

Apa Isi Surat Klaim Asuransi?

Format surat klaim asuransi mungkin tidak identik untuk setiap perusahaan, tetapi isinya serupa karena proses klaim membutuhkan persyaratan khusus. Surat klaim yang lengkap biasanya berisi:

Identitas Pihak yang Mengajukan

Sebagai pihak yang mengajukan klaim, Anda wajib mendeskripsikan identitas agar pihak penyedia polis bisa mengeceknya dengan mudah. Nama lengkap, alamat, nomor atau kode pemegang polis, dan identitas ahli waris serta pemegang polis (untuk klaim asuransi jiwa) harus diisi lengkap.

Jenis Klaim

Jenis klaim bermacam-macam tergantung polis yang diambil. Satu jenis asuransi bahkan memiliki beberapa pilihan klaim. Misalnya, dalam polis asuransi jiwa, terdapat pilihan klaim seperti meninggal karena kecelakaan, meninggal bukan karena kecelakaan, penyakit kritis, cacat tetap total atau sebagian, dan sebagainya.

Jika klaim Anda terkait penyakit yang diderita seseorang, Anda mungkin harus menjelaskan gejalanya secara rinci. Hal ini dimulai dari gejala kemunculan awal, saat ketika mulai diopname, jenis pengobatan atau terapi yang pernah diterima, dan sebagainya.

Kronologi

Ketika melakukan klaim asuransi kecelakaan, Anda akan diminta menyebutkan kronologi terjadinya kecelakaan tersebut. Informasi ini harus dicatat sedetail mungkin, misalnya menggunakan informasi laporan polisi sebagai acuan untuk mengisinya.

Informasi Waktu dan Penyebab Kematian (untuk Asuransi Jiwa)

Semua contoh surat klaim asuransi jiwa mengharuskan Anda untuk mengisi informasi terkait penyebab kematian. Hal ini bisa berupa penyakit yang diderita atau penyebab lain seperti kecelakaan lalu-lintas atau kecelakaan kerja. Anda juga harus mengisi informasi waktu dan lokasi kematian secara akurat. Patokannya adalah surat kematian resmi dari rumah sakit atau instansi serupa.

Baca juga: Apa Itu Asuransi? 5 Prinsip Asuransi yang Mempermudah Hidup

Informasi Rekening Penerima

Jika Anda menggunakan jasa asuransi bukan bank, Anda harus memberikan informasi rekening tempat dana asuransi akan ditransfer. Informasi tersebut termasuk nama lengkap sesuai status dalam surat klaim serta nomor rekening yang masih berlaku.

Deskripsi Berkas Pendukung Klaim

Pengajuan klaim membutuhkan berbagai berkas karena penyedia polis harus memastikan bahwa dana yang mereka keluarkan memang pantas. Tergantung contoh surat klaim asuransi yang digunakan, Anda mungkin harus mendata berbagai dokumen tersebut pada surat walau mereka sudah disertakan.

Contoh dokumen yang dibutuhkan antara lain surat dokter, surat kematian, jejak rekam medis, laporan polisi, dokumen kendaraan atau properti, bukti kepemilikan properti, dan sebagainya sesuai kebutuhan. Setiap dokumen ini harus yang paling baru dan bisa dibuktikan keasliannya.

Di Mana Menemukan Contoh Surat Klaim?

Apakah Anda harus membuat surat klaim sendiri?

Perusahaan asuransi atau institusi seperti bank yang menyediakan paket polis biasanya tidak menuntut Anda menulis sendiri sejak awal. Karena perusahaan atau institusi membutuhkan konsistensi dalam pencatatan dokumen, mereka biasanya sudah memiliki contoh surat klaim asuransi sendiri yang harus diikuti semua nasabah.

Contoh surat klaim biasanya tersedia dalam bentuk dokumen yang bisa dicetak, misalnya di situs resmi perusahaan atau institusi penyedia polis. Format yang sudah baku memudahkan nasabah untuk mengisi informasi yang diperlukan. Surat klaim resmi seperti ini biasanya memiliki nama dan logo perusahaan atau institusi. di bawah ini salah satu contoh surat klaim asuransi yang bisa kamu lihat.

contoh surat klaim asuransi jiwa
Sumber: Allianz Life

Mengisi surat klaim asuransi membutuhkan ketelitian. Anda bisa meminta bantuan keluarga dan berkonsultasi dengan agen asuransi terpercaya atau yang ditunjuk secara resmi dalam proses pengisiannya. Pastikan mengisi semua informasi secara akurat agar tidak ada masalah birokrasi terkait klaim.

Selain semua informasi yang telah dijelaskan, contoh surat klaim asuransi berisi tempat untuk mengisi hari dan tanggal pengajuan klaim serta tanda tangan. Ada juga bagian-bagian yang hanya bisa diisi petugas asuransi resmi atau pihak penyedia polis. Pastikan Anda melihat bagian mana yang bisa Anda isi sendiri.

Mengisi surat untuk mengajukan klaim membutuhkan ketelitian dan akurasi agar prosesnya lancar. Mengetahui contoh surat klaim asuransi, informasi yang ada di dalamnya, serta cara mendapatkannya bisa membantu Anda mengajukan klaim secara resmi, akurat, dan bebas kesalahan.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

New-BLOG50-banner

Yuk! Gunakan kode promo BLOG50 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].